Beasiswa

Dear Scholarship Chasers,

The Government of India scholarships are provided by the Indian Council for Cultural Relations (ICCR) through its General Culture Scholarship Scheme (GCSS) for the year 2010 – 2011.

The scholarships are offers to meritorious Indonesian students to undertake higher studies in India under undergraduate (S1), post-graduate (S2) and Ph.D (S3). Students can opt for any Course in the fields of arts, performing arts, architecture, literature, commerce and science; degree courses in engineering and agriculture; and doctoral and post-doctoral courses in various disciplines, Government of India will provide living allowance, contingent grant, accommodation charges, tuition fee and other benefits, including medical study tour to the students selected for the scholarship. However, the cost of air passage to India and back for all students and expenses on laboratory chemicals and related incidentals for science stream students would have to be borne by them or by their sponsors. Scholarships are not provided for medicine (MBBS), dentistry (BDS), nursing and other courses related to medicine.

Applications form for the 2010 academic year are now being accepted in the Embassy of India in Jakarta and should be submit in 6 (six) sets. Last date for acceptance of applications is 22 January 2010.

Mandatory requirements for GCSS Scholarships application *:

·         A record of high-level academic achievement (with GPA of at least 2.75) in the last qualifying examination of the School or the University

·         Syllabus of the last qualifying examination

·         Certified/sworn copies of all documents such as marks sheets etc with English translations

·         To pass on English Proficiency Test to be conducted by the Embassy

·         For Students applying for doctoral/post-doctoral courses or architecture: Synopsis of the proposed area of research

·         Certificate of Physical Fitness as prescribed in Appendix-2 of the Application Form

·         Medical certificate attesting that the candidate is free from AIDS

·         Curriculum Vitae in English (HP and e-mail required)

·         Certificate in English-language course/TOEFL Score minimum 500

·         Recommendation letter from former School/University

·         Recommendation letter from present work office

*Information above is only a summary. For detailed information, please refer to the Application Form.

For detailed information on ICCR scholarships, please visit: www.foijakarta.com or www.jnicc.org or www.congendiamedan.or.id.

Regarding more info on Universities in India, please visit the website www.edcil.co.in in which you will find the latest info on Universities, Colleges, & Courses offered, etc.

You may contact us if you need any further clarification.

Regards,

A.S. Takhi

Second Secretary (Education)

Embassy of India, Jakarta

Address: Jalan H.R. Rasuna Said Kav. S-1, Kuningan

Jakarta Selatan 12950, Indonesia

Tel: (62-21) 5204150/52/57/5264931, 5213775

Fax: (62-21) 5204150, 5265622

E-mail: ssedu@net-zap.com, edujkt@net-zap.com

PS: Berhubung formulir aplikasinya blm bisa diunduh dari website Kedutaan India, peminat bisa mengunduhnya dari website ICCR langsung          Klik saja link ini http://www.iccrindia.org/scholarships.htm search the words:Scholarship Form for Foreign Nationals

438 Responses

  1. hallo saya nama saya kemala.saya ingin sekolah di india terutama di kota pune. yang saya tanyakan universitas apa yang persyaratannya tidak rumit dan di universitas tersebut ada jurusan psychology atau yang berkaitan dengan konseling dan psychology.oh ya saya rencananya mau ngelanjutin sekolah program master.
    terima kasih

    Mala: persyaratannya ya seperti yang sudah kami sebutkan dalam tulisan kami tersebut. kalo sekiranya anda memilih universitas-universitas yang ada di utara ini, maka anda bisa mengirimkan berkas-berkas anda dan uang pndftrananya ke PPI India di new delhi.

    • asslm,..
      aku mahasiswa S1 farmasi, aku pengen banget ngelanjutin apoteker sama S2 di india, karena aku pengen belajar tentang obat herbalnya
      boleh tau kampus yg bagus dan murah buat jurusan aku, atau ada nggak beasiswa’y n apa aja persyaratan’y.

  2. nama saya popy.pgn ngelanjutin kuliah ke Luar Negeri tp yang murah (biaya terjangkau) dengan kualitas internasional

    Sebulan lalu dpt info menarik dari buku “Kuliah Ke Luar Negeri” salah satunya tujuan pendidikan di India

    Kira2 universitas/Institut apa yang cocok utk saya.

    Untuk tambahan informasi saya lulus dari S1 Teknik Sipil tp sudah bekerja di Project Management Telekomunikasi selama 2.5 tahun (yg notabene byk bersinggungan dgn teknologi telekomunikasi)

    Apakah bisa saya melanjutkan S2 tp lbh ke electrical/telecommunication? ataukah ambil yang lbh ke management project-nya??? Yang jelas ilimu telekomunikasi lbh menarik minat minat saya…

    Mohon pencerahannya..syukur2 ada info beasiswa

    PoPy: pendftran beasiswa untuk tahun 2007-2008 dah ditutup, tapi tahun depan pada bulan januari anda boleh melamar beasiswa ini di kedutaan besar india di jakarta.

  3. pengen nerusin kuliah S2 IT nih, tapi kayanya ga ada beasiswa kalo pengen nerusin di bidang itu. Pengennya kuliah di IIT, mungkinkah? :D Please, Informasi apa saja tentang kuliah IT di India, univ yg bagus tapi murah, biaya dll sangat saya tunggu.
    Terima kasih

    Agus: kuliah dengan beasiswa di IIT belum memungkinkan bagi mahasiswa asing. krn itu anda boleh memilih juusan IT yang disediakan oleh univrsitas seperti di JNU atau di JMI, new delhi

    .

  4. hallo, nama saya Raymond, saya tertarik untuk mengambil spesialisasi bedah (kedokteran/medis) di india, kalau boleh dimanakah saya bisa bertanya mengenai informasi pendidikan dokter spesialis di india?

    Btk.

    Raymond: jurusan kedoketeran emang ada di india, tapi masuknya harus lewat kompetisi, nggak ada istilah kuota orang asing. nah, ada di AMU, anda boleh ngambil jurusan kedoketaran, biaya semuanya 500 juta rupiah selama 10 semester. di AMU emang ada kuota orang asing, dan masuknya tanpa tes. sedangkan untuk kedokteran gigi, biayanya 250 juta rupiah.

  5. Ass. halo, Saya sugi,Lulusan 2005.Saya ingin melanjutkan S1 ke india. Bidang minat saya adalah Fisika. Universitas apa yang cocok untuk saya?

    Sugi: Jamia Millia Islamia (JMI) di new delhi aja

  6. Ass. Nama saya Asep Koswara biasa di panggil Akos, saya lulusan jurusan Biologi S1 thn 2006, bidang minatnya Ekologi. Saya ingin meneruskan S2 di bidang Ekologi Hewan khususnya yang berhubungan dengan ornithologi. Kira-kira universitas apa yang ada bidang minat tersebut ? Jujur saja setelah saya baca sekilas tentang pendidikan di India, saya sangat tertarik. Sebelumnya terimakasih atas jawabannya.

    Wassalam,

    Akos

    Akos: jurusan anda termasuk baru di telinga saya. di AMU ada jurusan ekologi ini, tapi saya belum tahu persis mutu dan kualitasnya (ZJ).

  7. Hallo…
    Saya sekarang kelas 2 SMA. Bentar lagi mau tamat niehh, trus maunya sih nyari beasiswa buat kuliah di India. Saya pengennya ngelanjutin di Filsafat or Philosophy. Universitas apa yang bagus??
    Dimana / kota mana letaknya??
    Tengsss…..

    Namaste,

    Di sini ada yang mengambil Ph.D Filsafat di kota Pune, namanya Pak Putu, mungkin beliau asalnya sama dengan anda, sama-sama dari Bali.. :) Kemudian di JNU dan DU di kota New Delhi juga bagus, akses informasi dan buku filsafat mudah & banyak sekali. Intinya, rata-rata hampir semua universitas untuk program Filsafat sama baiknya, termasuk di Agra, Aligarh, dsb. Ditunggu kedatangannya yah untuk tahun depan, doa kami menyertaimu Dik..

    • Hallo, mas bisa ga ya, minta no kontak or alamat FB pak putu, mau nanya2 tentang studi filsafatnya di sana. makasih mas

  8. Assalamualaikum

    Nama saya Rahmat Edhi. PNS di Jakarta dengan masa kerja 2,5 thn. Latar belakang pendidikan S-1 Kimia. Saya berminat ambil S-2 jurusan teknik lingkungan atau teknik kimia (spesialisasi teknologi limbah). Kira-kira di Univerisitas mana yang menyelenggarakan program tersebut. Selain itu, kalau PNS, prosedurnya gimana?

    Wa’alaikumsalam Pak Rahmat. Universitas yang sesuai dengan anda dapat ditemukan di kota-kota besar India, rata-rata mereka mempunyai kualitas yang memadai, oleh karenanya seleksinya juga memadai. Jika anda memperoleh beasiswa akan lebih mudah, dan nama-nama Univ. itu bisa dilihat pada buku panduan pendidikan di India yang disediakan oleh Embassy India.

    Mengenai prosedur, pertama sebaiknya Bapak berkonsultasi sekaligus meminta izin dengan atasan anda, khususnya Biro Kepegawaian yang punya syarat masing-masing untuk “Dinas Belajar”. Dari sana akan jelas petunjuknya. Intinya anda akan menempuh jalur yang umum dng para pelajar lainnya, minimal Deplu, Setneg, dan Embassy. Kami para PNS di sini menanti kehadiran anda Pak Rahmat.. (pmf)

    Di IIT Roorkee aja, disini spesialisasi “limbah” mas. Tidak ada perbedaan antara yang PNS dan Non-PNS untuk kuliah di India. (JZ)

  9. Assalammualaikum.wr.wb

    Nama saya Prama, saya ingin melanjutkan S2 di India dg beasiswa, background pendidikan saya electrical power, kira-kira universitas mana yg pas dan mutunya bagus buat saya ? Apakah diperlukan pengalaman kerja terlebih dahulu selama 1- 2 thn ?
    Terima kasih atas infonya.
    Wassalam.

    di JMI aja: http://www.jmi.nic.in/Fengg/Electrical.htm. Pengalaman kerja nggak penting bagi JMI ini. Yg penting adalah anda bisa lulus ujian tes masuknya. Anda juga boleh masuk tanpa tes, tp biayanya per tahun 3.500 dolar per tahun. Bagi saya, lumayan mahal juga. Silakan telusuri aja web JMI itu bagian mahasiswa asingnya. (ZJ)

  10. hi,

    nama saya herry. saya tertarik untuk kuliah IT di india. kira2 total biaya yang harus disiapkan berapa ya? untuk IT, university mana yang terbaik? bahasa pengantarnya apa? inggris atau india?

    terima kasih

    Rgds,
    herry

    Hi juga Hery.. Untuk studi mengenai IT, kami memberikan rujukan pada Universitas yang mempunyai nama depan IIT (Indian Institute of Technology). Bisa di temukan mulai dari IIT Bangalore, IIT Roorkee, IIT Pune, dsb. Namun, mereka sangat-sangat selektif untuk Mahasiswa Asing. Oleh karenanya alternatif lain bisa ambil jurusan IT pada Univ. besar lainnya. Mengenai biaya berbeda-beda satu sama lain dan dapat anda temukan di Websitenya masing-masing. Untuk bahasa pengantar tentu bahasa Inggris, dan hampir semua program mulai S1-S3 menggunakan bahasa pengantar Inggris. Bahasa India akan dipakai untuk naik transportasi atau berbelanja, biar lebih murah.. Hehehe.. (pmf)

  11. klo alamat buat ngirim berkas kita yang mau daftar ke india kemana ya?
    yg jelas,,,,biar g salah alamat
    thx

    Prahita bisa kirim ke Sekretariat PPI India yang beralamatkan pada:

    123, Humanyunpur
    Safdardjung Enclave,
    New Delhi 110029
    INDIA.

    Jika anda ingin alamat lain bisa juga dikirimkan ke alamat Embassy Indonesia di New Delhi yang beralamatkan pada:

    c/o: Asnadi Hasan (PPI India, New Delhi)
    Indonesian Embassy in New Delhi
    50-A, Kautilya Marg
    Chankya Puri
    Delhi – INDIA

    Namun sebelumnya coba kontak secara intensif dengan salah satu mahasiswa kami di sini, sehingga ada kejelasan.

  12. hai…nama ku wiwin, saya sedang skripsi ekonomi manajemen. saya bisa minta info ttg kampus di india yang bagus untuk manajemen, dan syarat syarat yang diperlukan, biaya hidup, lokasinya, dan informasi lainnya..
    mohon dibalas .tengkyu

    Kampus yang bagus (1st Grade) yang menggunakan nama IIM (Indian Institute of Management), lokasinya ada di beberapa kota besar di India. Syarat-syaratnya sama dan dapat anda telusuri di Web ini. Biaya hidup kurang lebih Rp. 1.500.000,- . Informasi lainnya bisa di cek di laman Site PPI India, semua sudah tersedia. Selamat browsing dan ditunggu kehadirannya. Syukria..

  13. Hi,
    AKu lagi kuliah di NIIT – ITS surabaya,aku ingin melanjutkan s1 nya di india,memang sih ada universitas/institute alians NIIT di USA,UK,Australia,new zealand,canada, yg bisa menerima lulusan NIIT untuk lanjut ke s1,s2,tapi mengingat biaya yg mahal,saya rencana mao coba nyari informasi apakah di india ada univ/institute yg dapat menerima lulusan NIIT untuk lanjut ke s1,s2,saya mohon bantuan temen-teman PPI mungkin bisa kasih info,dan berapa kira2 biaya untuk skul di india,sebelumnya trima kasih:)

    Sejauh ini kami belum melihat ada mekanisme seperti itu, mungkin perlu ada kerjasama antara insitusi yang bersangkutan atau antara pemerintah. Kami akan cari tahu lebih lanjut. Untuk estimasi biaya sudah kami posting secara lengkap, anda bisa membacanya pada artikel atau kolom yang telah tersedia.

  14. Saya mohon bantuan kepada PPI India, bagaimana cara mendaftar ke IIT Rookee. Saya mau melanjutkan kuliah S2 majoring Computer Science, kemana saya harus mendaftar ? Apakah saya bisa langsung ke kedutaan India di Indonesia ?. Biayanya berapa yah, karena di Web site IIT Rookie tidak ada penjelasan mengenai biaya. Mungkin ada anggota PPI yang bisa membantu menanyakan biaya. Saya rencananya tahun 2008 akan melanjutkan kuliah S2, dan skr saya masih menabung. Saya mohon dengan sangat bantuannya. Apakah saya memungkinkan untuk kuliah di IIT Rookee ? Terima kasih banyak buat PPI India, dan semoga sukses.

    Nanda, anda bisa mengubungi rekan PPI di Roorkie melalui Mas Joni Rahalsyah Putra. Mereka akan sangat senang membantu dan memberikan anda informasi.

  15. Saya minta bantuan kepada PPI India, bagaimana cara mendaftar ke UT India (IGNOU). Saya tertarik mau ambil MA (Sociology). Saya sudah kirim email ke sana, tapi tidak dibalas.

    Apakah ada universitas di India (selain UT) yang menyelenggarakan MA (Sociology) dengan metode distance learning?

    Terima kasih banyak, semoga PPI India sukses selalu.

    Distance Learning di India rata-rata tetap mengharuskan mahasiswanya hadir untuk ujian akhir, sehingga tidak seluruhnya dapat dilakukan melalu sistem jarak jauh. Untuk lebih lanjut, jika tidak ada perubahan, mungkin anda bisa menghubungi IGNOU cabang Indonesia.

    Supra International Education Programmes College (IEP).
    Wisma Aldiron (MBAU).
    Jl. Gatot SUbroto Kav. 72, Pancoran
    Jakarta Selatan 12870, Indonesia
    Tel +62-21-79196955
    Fax +62-21-79196266
    Email: sameer@iep-indonesia.com
    Contact Person: Mr. Sameer Seth

  16. saya popy, saya lagi nyari informasi beasiswa nih buat study akuntansi ke india…saya bisa dapat informasi beasiswanya yang akurat dimana ya?? Mohon bantuannya….Thq ;)

    Informasi yang akurat bisa diperoleh pada artikel dan laman khusus yang sudah kami sediakan. Untuk informasi tambahan yang ter-update bisa ditanyakan secara langsung kepada Embassy India untuk Indonesia.

  17. thx 4 da msg reply. btw selain IIM, kampus mana yang bagus buat management ato bisnis?saya dengar india cukup rawan kriminal, daerah dan kampus apa yang paling kondusif untuk belajar? kira -kira berapa lama waktu yang diperlukan untuk kulaih S2 disana?
    kedubes india kan adanya di jakarta, sementara saya di bali, bagaimana cara saya apply tanpa harus ke jakarta? kira-kira berapa banyak orang indonesia yang kuliah di bisnis/management di india? apa tanggapan orang india terhadap orang indo, apa ada semacam diskriminasi?tengkyu

    Untuk di wilayah Delhi, anda bisa mencoba di Delhi School of Economics atau Faculty of Management Studies. Tingkat kriminal di India tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, selama kami studi di sini alhamudlillah tidak pernah terjadi apa-apa, dan semoga tidak akan pernah terjadi pada siapapun. Setiap kampus kondusif untuk belajar, tergantung aktivitas anda sendiri, bahkan banyak kampus yang menyediakan asrama khusus untuk wanita dengan ketentuan jam pulang dan sebagainya. Jika anda di Bali anda bisa apply dengan mengirimkan melalui pos, tapi ada baiknya dikontak melalui telpon terlebih dahulu. Untuk orang Indonesia yang kuliah bisnis/management kami kurang tahu tepatnya, karena banyak perusahaan atau perhotelan yang mengirimkan pegawainya untuk kuliah di sini secara rutin. Tanggapan orang India tentang Indo? Ini kok jadi wawancara yah.. Hehehe.. Tidak ada diskriminasi di sini, apalagi anda akan menemukan hampir lebih dari 100 negara dari berbagai benua yang kuliah di sini. Ditunggu kedatangannya..

  18. oh ya…di india pake TOEFL atau IELTS?Kita2 minimal skor brp?thx b4

    Aduh si Wiwin, kenapa nanyanya pakai acara ketinggalan.. Hoho.. Untuk TOEFL mulai dari 500 hingga tak terhingga, semakin bagus semakin besar kemungkinan penerimaannya. Sedangkan untuk IELTS setara dengan 500 TOEFL ke atas. Salah satunya bisa digunakan di sini. Your Welcome..

  19. Salam….
    Maaf teman-teman saya salah masuk line
    Mohon informasi program S3 Manajemen, saya adalah salah satu Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Satyagama Jakarta. Kalau berkenan dapat memberkan gambaran tentang perguruan tingii dan biaya kuliahnya.
    Thanks

    Salam

    Salam Pak Sunardi. Anda masuk line yang mana yah?? Gambaran perguruan tinggi sudah kami uraikan secara panjang (pada artikel) dan lebar (pada kolom tanya jawab). Sedangkan info per kampus dapat dicari melalui Prof. Google, Ph.D. Terima kasih Pak Sunardi atas atensinya.

  20. Saya Agus sudah lulusan STAN jurusan akuntansi sekarang sudah kerja di swasta selama 9 tahun,.. saya pengen cari info kuliah di india untuk s2 akuntansi, kira2 syaratnya apa dan dimana saya bisa daftar…?
    tolong dikasih infonyanya ya….
    makasih PPI

    Pak Agus yang budiman, mengenai syarat dan cara mendaftarnya bisa anda lihat kembali pada artikel dan jawaban kami terhadap pertanyan sejenis di bagian atas atau bawah kolom ini. Terima kasih yah..

  21. Dengan hormat,
    Saya sebagai orang tua ,ingin merencanakan akan mengkuliahkan anak kami untuk melanjutkan S-2 di India, jurusan Electro/Teknik informatika, saya sangat membutuhkan informasi tersebut,sehingga tidak ada kekhawatiran lagi.Dapatkah mas-mas memberikan informasi antara lain:
    1.Surat- surat /perlengkapan apa yang diperlukan sehingga dapat ijin berangkat dan menetap di india.

    Surat dan dokumen sama pada umumnya, yaitu untuk menetap harus dapat visa studi dari kedutaan India di Indonesia, kemudian untuk kebutuhan pendaftaran sertifikat, ijazah, akte kelahiran, dan seluruh dokumen pendidikan serta identitas kewarganegaraan. Pastikan dokumen penting yang sudah difotokopi juga dilegalisir pada institusi terkait.

    2.Persyaratan apa yang diperlukan untuk mendaftar di salah satu Universitas.

    Beberapa Univ ada yang menetapkan kuota untuk mahasiswa asing, sehingga persyaratan yang dibutuhkan adalah administrasi, beserta sertifikat toefl untuk menunjang kelancaran administrasi. Sedangkan, beberapa univ. mengharuskan ujian saringan masuk walaupun untuk mahasiswa asing, sehingga calon yang bersangkutan harus ikut ujian masuk

    3.Bila diperlukan test apakah test nya dilakukan di india atau dapat dilakukan di indonesia,bila dilakukan di india kalau tidak lulus bagaimana?

    Tes harus dilakukan di India, karena diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan. Kemungkinan tidak lulus tetap ada, oleh karenanya harus dipersiapkan dengan matang atau dengan cara mendaftar di univ. alternatif lainnya

    4.Siapakah yang harus kami hubungi sebelum berangkat ,sehingga dapat memandu selama persiapan di india.

    Bapak dapat menghubungi salah satu pengurus India yang bernama Zamhasari Jamil, mahasiswa S2 pada Aligarh Muslim University melalu email: izamsh@yahoo.com.

    5.Apakah ada penginapan /penampungan sementara atau selama masa testing( persiapan kuliah)

    Penginapan sementara tersedia di banyak tempat. Jikapun ingin bermalam di salah satu tempat tinggal Mahasiswa Indonesia juga dapat dipertimbangkan, sehingga komunikasi dapat berjalan baik

    6.Apakah ada Asrama atau tempat cost untuk orang indonesia

    Asrama khusus untuk orang Indonesia tidak ada, tetapi khusus untuk Mahasiswa Asing atau Mahasiswa khusus wanita/pria hampir di setiap Universitas tersedia. Sedangkan mahasiswa Indonesia yang tidak tinggal di asrama biasanya bertempat tinggal dalam satu rumah yang sama atau tempat yang berdekatan

    Demikian pertanyaan saya mohon dengan sangat untuk medapatkan jawaban atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih
    Hormat kami

    Gatot Syafii

    Kembali kasih Pk Gatot, semoga sukses selalu.

  22. Kalau mau ambil S2 akuntansi atau S2 Sejarah di Delhi University, syaratnya apa ajah ya ?

    Syaratnya umum saja, yaitu mempersiapkan segala kepentingan dokumen pendidikan dan identitas resmi Indonesia. Diharapkan background yang diambil untuk S1-nya sejalan, sehingga dewan pemeriksa akan lebih mempertimbangkan penerimaan anda.

  23. Tambahan, aku udah download application dan surat pendaftarannya tapi kok belum jelas banget infonya. ada teman di delhi yg bisa sharing masalah kuliah sejarah di india gak ? ym id : masarcon atau email ke masarcon@lge.com yah kalau bisa ….

    Kebetulan belum ada yang mengambil sejarah di India, tetapi sepanjang informasi yang kami terima dari Mahasiswa Sejarah negara lain, mereka akan mempelajari sejarah india dan dunia, tinggal anda akan fokus ke arah mana. Anda bisa menghubungi beberapa mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang kuliah di Delhi, misalnya Bang Idin Fasisaka (idinfaska@yahoo.co.id) atau Mbak Dian (un_dian@yahoo.com).

  24. Nama saya Satia, tahun ini saya akan lulus dari SMA dan ingin melanjutkan kuliah di delhi university jurusan bisnis/manajemen. Apa saja syaratnya? Dan apakah ada ppi India yang bisa membantu pengurusannya? Bagaimana prosedurnya? Apakah ada contact yang bisa saya hubungi untuk komunikasi dan informasi lebih lanjut.
    Terima kasih banyak

    Persyaratan administrasi sama seperti mau masuk ke universitas mana saja, hanya semua dokumen terkait dialihbahasakan kedalam bahasa inggris dan dicap dan ditandatangani oleh Embassy India di Indonesia atau KBRI di New Delhi. Anda bisa mengubungi Sdr. Zamhasari Jamil di izamsh@yahoo.com.

  25. sy ingin kuliah di india. tetapi jurusan yg ingin sy ambil adl bahasa inggris. krn sy ingin memperdalam bahasa inggris sambil mencari pengalaman belajar di LN. rencananya setelah itu sy baru akan mengambil beasiswa utk kuliah di bidang pendidikan atau management. mohon info selengkapnya.
    oh ya,sy adl guru SMA dan PNS.
    trims.
    NIA

    Untuk jurusan bahasa inggris ada hampir di seluruh Univ. di India. Ibu bisa ke Hyderabad (CIEFL) hubungi Susanto: susanto_1977@yahoo.com, University of Delhi hubungi Dian: un_dian@yahoo.com, Jamia Milia University hubungi Yunita: yunita_ramadhana27@yahoo.co.uk, atau di Aligarh Muslim University hubungi Izam: izamsh@yahoo.com. Mengenai biaya kuliah +/- 5 Juta/tahun, dan biaya hidup +/- 1,5 Juta/bulan. Semoga membantu. (PMF)

  26. Nama saya ingrid. Saya saat ini kuliah di FK Brawijaya, Malang. Saya rindu sekali ingin mengambil spesialisasi di India. tetapi dari info yang diberikan kepada saudara Raymond saya jadi sedikit down nih.hehehe.. kompetisinya seperti apa ya? biar persiapan saya lebih matang. dan apa tidak ada oendidikan untuk spesialis yang biayanya lebih murah? trimakasih.

    Jangan ‘down’ duluan dong Ingrid.. Ini dia kurangnya kita dengan orang India yang punya kepercayaan diri sangat tinggi, hehe.. Kompetisinya umum saja, tetapi harus banyak berlatih dari soal-soal ujian masuk yang biasa dikeluarkan pada tahun-tahun sebelumnya. Soal itu dapat ditemukan pada kumpulan bank soal yang dijual di sini. Untuk spesialis yang lebih murah sepertinya ada, tetapi harus kami konfirmasikan lebih lanjut terlebih dahulu agar tidak salah info. Terima kasih kembali,

  27. saya satia,, skarang saya sudah lulus SMA dan diwajibkan tuk melanjutkan kuliah di india oleh ortu.. Saya ingin melakukan kontak dengan ppi yang bisa mengurus proses admission disana (khususnya univ. yang menyediakan kuota khusus untuk mahasiswa asing) sehingga tidak perlu tes. Kalau bisa tolong ada contact personnya(no.telepon) karena email yang saya kirimkan ke beberapa pengurus PPI tidak mendapatkan respon. terima kasih banyak

    ini alamat email saya
    sapradana@yahoo.com

    Dear Satia.. Sepertinya hal yang sangat menarik jika and diwajibkan kuliah di India oleh Orang Tua. Mungkin bisa di share kapada kita semua, apa alasan orang tua Satia mewajibkan hal tersebut. Sayangnya untuk pendaftaran baru dibuka lagi tahun depan 2008. Untuk email coba di kirim ke alamat ini pm_faiz_kw@yahoo.com atau rose_us07@yahoo.com. Mengenai belum dibalas email anda, kemungkinan besar mereka sedang sibuk menghadapi ujian akhir, jadi mohon pengertiannya yah Mas Satia.

  28. saya seorang mahasiswa smtr genap,ingin menayakan, ada gak bantuan bagi para mahasiswa yang kurang finansial?

    Ada Mas Nasrudin, tetapi untuk saat ini PPI India belum bisa memberikannya, melainkan dari lembaga lain yang ada di Indonesia ataupun donatur-donatur individual lainnya.

  29. Salam..
    Kalo mau ambil S 2 bidang political science atw international relations syarat2nya apa aja ya???

    Dan universitas mana di India yg terkenal paling bagus studi politiknya?

    Trims..

    Wasalam.

    Syarat-syaratnya umum, seperti misalnya administrasi ijazah yang dilegalisir, biaya pendaftaran, dsb. Sedangkan syarat khususnya adalah background pendidikan S1 yang mendukung, seperti misalnya ilmu politik, HI, hukum, dsb. Universitas yang terkenal dengan studi politiknya ada di JNU, AMU, DU, dan bbrp univ. lainnya. Namun jika anda mengingkan Univ. yang berkelas anda juga harus bersungguh-sungguh dalam belajarnya, karena tidak banyak mahasiswa asing yang pulang tanpa hasil. FYI, Kajian Politik di Asia Selatan merupakan salah satu kajian yang sedang hangat dipelajari.

  30. Halo..
    Saya baru lulus SMA di Jakarta, rencananya mau ambil Political Science di Delhi. Saya sudah apply ke DU. Semua berkas yang diperlukan (kecuali ijazah + STK) sudah dikirim pada bulan April.

    Karena belum juga adanya kabar dari foreign student advisornya, langsung saya hub lewat tlp dan dia bilang saya harus mengirim ijazah + STK paling lambat bulan Juni, sedangkan berkas2 tsb baru dikeluarkan sekolah minggu k2 bulan Juli (pihak sekolah menolak untuk mengeluarkan lebih awal). Intinya tidak memungkinkan bagi saya untuk masuk DU tahun ini.

    Bisa dibantu menemukan jalan keluarnya? Kalau bisa saya tidak ingin menunggu tahun depan. Kira-kira universitas mana yang masih menerima pendaftaran bagi mahasiswa asing dan Pol Sciencenya bagus ? Bisakah PPI membantu megurus admissionnya?

    Thx,
    Carin

    Syarat utama untuk pendaftaran memang Ijazah dan nilai ujian akhir. Tanpa kedua hal tersebut, maka sulit bagu foreign advisor untuk menerima admission anda. Mungkin anda bisa mencoba mendaftar di Aligarh Muslim University, di mana rekan kita tahun lalu baru lulus Ph.D dari Univ. tersebut pada umur 28 tahun (the youngest Indonesian Ph.D in India). Thanks.

  31. ass…………… ge fatul, skr gw lg ngambil master of law di University Kebangsaan Malaysia, oh ya sy ad rencana lanjut S3 ni, insyaalah S2 sy kelar 2008 bln agustus, gmn cara sy mau kul di sana ? sy tggu info’a………………..oh ya gmn dptin beasiswa di india

    Tentunya anda harus mendaftar seperti prosedural yang umum dilakukan, termasuk persyartan ijazah S2 atau surat keterang kelulusan sementara. Anda bisa menghubungi rekan-rekan yang sedang mengambil master of law di sini, seperti ery_satria@yahoo.com, tyla_subiyantoro@yahoo.com, atau pm_faiz_kw@yahoo.com. Cara mendapatkan beasiswa bisa dibaca pada kolom khusus yang telah kami sediakan. Thanks.

  32. bwat carin, salam kenal.. namaku stevan, aku juga lulusan sma tahun ini, dan berencana nglanjutin kuliah di delhi university.. Bisa ga kita share info2,, ada alamat email atau nomer telepon yang bisa saya hubungi atau tidak..?

    emailku sapradana@yahoo.com
    no telpon 081977252210

    sbelumnya terima kasih banyak.. senang punya temen seperjuangan…
    ^_^

    Faiz sudah menghubungi dan juga menemui anda di Jakarta bukan? Semoga info yang diberikan bermanfaat.

  33. Assalamualaikum,,

    aQ QiQi,,

    sekarang aq lagi kuliah di 2 major : Sastra Inggris dan Psikologi,masing2 smester V dan III. kalo aq mau ngelanjutin s2 di India, kira2 Universitas mana ya yg bagus utk 2 major itu?? Kira2 biayanya berapa?? Gimana dengan beasiswa?? atau ada gak Universitas yg nawarin beasiswa utk nyelesaikan penelitian s1??

    Thanks before,,

    wassalam

    Untuk Sastra Inggris bisa dicoba di JNU, untuk Psikologi bisa di Jamia Milia Islamia. Biayanya tidak jauh beda dengan info yang telah kami berikan sebelumnya. Sepertinya untuk beasiswa penelitan S1 dari Universitas di India untuk orang Indonesia belum ada. Anda bisa temukan justru di dalam negeri sendiri. Thanks.

  34. ass, wr,wb
    namaku andhika,,masih kelas 3 sma,di sma tn.
    mungkin kakak bisa membantu saya tentang prosedur pendaftaran kuliah di India…
    dan berapa biaya sekolah jurusan tekhnik di India khususnya IIT?
    apakah bisa saya lewat jalur beasiswa??
    klo boleh saya tahu IIT lama pendidikan S1 disana berapa tahun dan berapa biaya total yang perlu saya siapkan untuk hidup + sekolah di sana ,??
    disana standard toefl berapa????

    terima kasih banyak udah membantu …

    Mengenai membantu pendaftaran selalu terbuka bagi calom mahasiswa Indonesia. Mengenai biaya dapat anda cek di website masing-masing, sebab IIT ada di beberapa kota besar di India, tergantung anda mau berkuliah di kota mana. Jalur beasiswa di buka, tetapi harus ada kerjasama antara lembaga/instansi Indonesia dengan India terlebih dahulu. S1 di India lamanya 3 tahun jika studinya normal dan standar hidup perbulan sekitar Rp. 1,5 juta – tak terhingga. Standar TOEFL dari 500 hingga 550, disesuaikan dengan program studinya. Ditunggu kehadirannya di sini Andhika TN.. : )

  35. Hallo
    namaku hagung haruno Sarjana Teknik Kimia
    Sekarang kerja di Pertafenikki Jakarta Engineering company di bidang Oil&Gas
    Mau nanya nih….
    Kalu mau lanjutin study di India untuk jurusan Teknik Kimia kira-kira biaya setahun yang harus saya keluarkan untuk biaya kuliah dan living cost berapa ya ?
    thank you

    Untuk biaya living cost, perbulannya berkisar antara Rp. 1.5Juta. Sedangkan untuk jurusan Teknik Kimia tergantung di universitasnya masing-masing. Rekan Hagung Haruno bisa mencek melalui website Univ., beberapa rekan mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Kimia biasanya telah berhubungan dengan salah satu Dosen di Univ. yg dituju, minimal memperoleh rekomendasi. Sebab jurusan ini cukup banyak peminatnya. Terima kasih.

  36. as.
    mau tanya nih mas kalo mau ambil s1(beaya sendiri) di india syaratnya apa ya?atau hubungin siapa and mana?
    thengkz.

    wkslm..
    Buat mas/um/pak hermawan..syarat2nya foto terbaru,fotokopi ijazah,nilai,surat kelakuan baik yang sudah ditranslate ke bahasa inggris.Biayanya tergantung gaya hidup masing2 mahasiswanya.kebetulan saya lulusan S1 dari delhi university.untuk biaya kuliah cukup murah sekitar 8000 rupis ato sekitar 2 juta setaun.dengan waktu kuliah 3 tahun dan untuk kebutuhan hidup untuki saya 2 juta cukup untuk biaya kontrak kamar,makan,transportasi,internet,listrik,belanja,pulsa hp,jalan2 etc selama sebulan.Informasi lebih lanjut bisa hub via email ke izamsh@yahoo.com atau ke nidya_tt26@yahoo.com.hayoo mo milih yang mana??

  37. assalamualaikum.wr.wb
    tanya ya kak kalo mau ndaftar kuliah dengan beaya sendiri apa ada syarat umur tertentu,tahun lulusan apakah dibatasi dan tesnya apa aja?kalo mau ndaftar kita hubungin mana?Dubeskah,konsulat india atau kemana?apakah kalo ndaftar kita sudah bisa dapat visa pelajar?tolong ya kak semua syarat aku dikasih tahu kalo diterima mungkin kalo ketemu kakak bisa tak traktir.
    he..he..
    makasih banyak(thengkz a lot)
    wass.

    Wawan: Untuk foreigner dengan basis self finance alias biaya sendiri, biasanya tidak ada batasan mengenai tahun kelulusan. Syaratnya kurang lebih hampir sama dengan apa yang telah tertulis di atas, yaitu ijazah + skrip nilai yang sudah dialih bahasakan, mengisi formulir, surat keterangan dari kedutaan negara masing-masing, surat keterangan sehat, akte kelahiran, foto. Dan semua itu harus tertulis dalam bahasa Inggris dan dikirimkan pada bulan Februari – April. Mengenai tes, ada, dengan subjek ujiannya dari pengetahuan umum. Tapi untuk orang asing, juga terdapat kuota khusus yang memungkinkan mereka untuk diterima tanpa mesti mengikuti tes. Tapi perlu digaris bawahi, semua foreigner yang mengambil kuota ini membayar biaya kuliah yang jauh lebih besar dari biaya kuliah para pelajar yang lulus tes.
    Mengenai visa, tergantung dengan hasil yang dikeluarkan oleh universitas yang bersangkutan. Rata2 pengumuman akan keluar pada awal bulan Juni untuk S1, dan bulan Juli untuk S2,S3. Visa akan dikeluarkan jika kamu sudah menerima surat keterangan pemberitahuan kelulusan, dan calling visa letter.
    Untuk pendaftaran, bisa dimulai dari bulan Januari tahun depan, dan untuk info lebih lanjut bisa hubungi Mr. Izam, di izamsh@yahoo.com ataupun Nyonya Nidya, di nidya_tt26@yahoo.com.
    Good luck!!

    -cADSrockZ-

  38. ass.saya haris, aq mau nanya nih.klo mau ambil S2 keperawatan di Delhi Universitity bisa gak ya?jurusannya apa aja ya untuk keperawatan?

  39. as.mbak/mas mau tanya kalo mau s1 ke india dengan beasiswa apa syaratnya?apa dibatasi umur dan tahun kelulusan?apa tesnya harus ke india?
    makasih banyak..

    Hehehe… Ini mr. Hermawan yang di atas ya?? Ko posting lagi siy…. Smangat 45 skali… ^___^
    Pertanyaan yang sama n jawabannya mah dah ada dipostingan2 sblonnya. Slakan di cek skali lagi.
    Soal umur siy nda dibatasi. Mo umur 50an keatas juga kalo masi smangat blajar mah sok-sok aja atuh.
    Btw, emangnya mr. Hermawan sudah tua kah? Waduh, nda usah malu, di sini banyak ko yang dah tua tua keladi tapi masi bersemangat mencari ilmu sampe India…. kekekek ^__^ (buat kaka, mas, mba, abang, oom, dll, no oppens yak… piiss….v(^o^)v).

    Untuk tes buat beasiswa, hmm… berhubung saya buta beasiswa (alias ga sukses jebol tesnya), boleh diliat lagi tuh informasi diatas (ga tau apa2 siy, daripada sok tau heheh).

    Smua tes buat beasiswa biasanya diadain di Indonesia. Kalo saya ga salah nebak si (nebak yaa..) skitar bulan nov-feb pendaftarannya dimulai. Informasi lebih lanjut cari aja ke kedutaan India di Jakarta, ato ga di Konsulat India di daerah masing2.
    Nah, buruan daptar, ditunggu di sini lhooo…

    Masi kurang jelas?? (tampaknya sih..) Silakan hubungi pakar informasi Monsieur Ery di ery_sp@yahoo.com atawa Nyonyah gosip Nidya di nidya_tt26@yahoo.com.
    Sipp??
    Piisss…… v(^_’)

    _cadzrockZ_

  40. Salam..
    Saya Rani asliorang Jogja, sekarang saya sedang menempuh semester 5 di UGM. i am mastering in geographic information science and regional development planning program (masuk dalam Fakultas Geografi). tp saya lebih interest ke regional development planning program. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah ada semacam Fakultas geografi yang disana ada S2 dlm bidang perencanaan pembangunan wilayah di india yang lokasinya di mumbai atau new delhi atau bangalore?? Kalau iya, Apakah mudah untuk mendapatkan literatur yang relevan dengan studi kita?
    2. Berapa lama untuk menempuh S2 disana?
    3. Beasiswanya apakah sama untuk program2 yang lain (Rs.17.000 untuk 3 bulan)? dan berapa lama beasiswa itu akan kita dapatkan?
    4. Kira-kira butuh waktu berapa lama untuk mengurus studi S2 dengan beasiswa, mulai dari persiapan berkas administrasi, pengurusan pasport, tes masuk di univ yg bersangkutan sampai masa menunggu hasil seleksi mahasiswa asing baru?
    5. Kalau semisalnya kita tinggal tempat teman kita disana (i have good friend in Karnataka), apakah beasiswa itu bisa kita dapatkan?
    6. Apakah beasiswa juga diberikan untuk biaya kuliah (biaya kuliah = free of charge) atau kita membayar sekian persen biaya kuliahnya? Kalau, bebas biaya kuliah, untuk berapa lama?
    7. Kalau tidak di kedutaan india di jakarta, dimana saya bisa menemukan informasi yang benar-benar valid tentang program studi yang ingin diambil dan segala keperluan di india?atau website? atau contact person?

    mmm… saya kira segitu dulu pertanyaan saya, karena saya juga bingung mau nanya apa lagi..hehehhehehhe.. mein tum nahi janti… hehehehhe..
    well, mohon jawaban yang selengkap-lengkapnya (rada maksa ya? maaf deh…mujhe maaf karna… hehehhehe)…

    Sab key lye shukria.

    Rani

    Salam, Rani…gimana kabarnya Selokan Mataram? kangen juga saya nyewa software2 bajakan di sana…hehehe…ok deh sekarang mari kita lihat gimana saya bisa bantu…
    1. sebagai mahasiswa yg saat ini kuliah di Delhi University (DU) tentunya informasi yang bisa saya berikan baru terbatas universitas ntu…di DU, Department of Geography ada di bawah delhi school of economics, lokasinya di ujung utara kota Delhi. hmm saya bingung juga menjelaskannya…tapi mba Rani bisa langsung ke websitenya semoga di sana jelas… soal literatur sih saya pikir kalo ikutan sylabusnya pasti bisa ditemukan di toko2 buku atau di perpustakaan2 berdebu, dan tenang aja kalo udah kuliah di sini mba ngga akan pernah kekurangan bahan buat dibaca…hihihi (kita juga sudah mules2 karena kebanyakan “literatur”)
    2. Duration of Course: 2 years…
    3. Spengetahuan saya ya jumlahnya segitu untuk S2 di DU. Beasiswanya akan diberikan selama Duration of Course itu…kalo kuliahnya kelamaan ngga akan dikasih lagi (diusir lagi dari asrama…)
    4. Mulailah bersiap2 mendaftar beasiswa bulan Januari, kalo lancar dan anda diterima bulan Juli sudah ada panggilan…
    5. Gak ngaruh…beasiswa justru diberikan hanya kepada orang indonesia yang berdomisili di indonesia.
    6. Biaya kuliah free of charge…akan tetapi dalam bentuk refund, bayar dulu baru di-refund. jadi jangan dateng tangan kosong ya?
    7. Contact person? ya tentunya hanya PPI-India yang bener2 peduli dengan niat mba buat kuliah di india…e-mail sini aja: humas.ppiindia@yahoo.co.in

    ok deh rani, spertinya udah cukup jelas…semoga berhasil!!

    Le Monsieur

  41. saya mau tanya klo jurussan perfilmman d india ada gak?
    klo ada nama univnnya apa(web univnnya)?
    atau jurusan arts lainnya?
    terima kasih?

    Di kota Mumbai ada banyak, namun kita belum punya mahasiswa yang mengambil kuliah di sana. Coba anda googling univ. terutama di kota Mumbai sambil kami cari info detailnya. Kembali kasih.

  42. Saya :
    Nama : Azwardi
    TTL : Bangko, Jambi, 02 April 1984
    TT : Jl. Kramat Sentiong V – Jakarta Pusat 10450
    alhamdulillah, telah menyelesaikan S1 dalam konsentrasi Perbandingan Hukum di Fakultas Syari’ah & Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, alhamdulillah lulus dengan predikat coumlaude. Sekarang saya sangat berminat untuk melanjutkan kejenjang S2 hukum di Amerika/Jerman/India. Tetapi saya mengelami kendala dalam masalah biaya. untuk itu, saya sangat mengaharapkan bantuan dari teman-teman yang memiliki informasi beasiswa/teman-teman penyelenggara beasiswa. NB : Di India ada s2 Perbandingan Hukum tidak? Tolong Hubungi saya di 081384306660/021-99823273. Saya ucapkan terimaksih sebelumnya.

    Di India ada 2 jenis program S2 Hukum, yaitu Master of Comparative Law (M.C.L.) dan Legal Law Master (LL.M). Saat ini ada 2 orang yang menempuh program M.C.L dan 2 orang lainnya menempuh LL.M. Anda bisa menghubungi Departemen Humas PPI-India sebagaimana telah tercantum dalam kolom “Contact Us”. Kami tunggu kehadiranya.

  43. nama saya ruth, saya kebetulan punya pengalaman kerja selama 3 1/2 th di salah satu NGO’s. saya ingin sekali melanjutkan S2 di pune univ, jurusan social work. kira2x klo perkuliahan di pune univ dimulai bulan apa ya? dan bagaimana tentang biaya hidup di kota pune apabila dibandingkan dengan kota2x yg lainnya di India? kira2x berapa minimal IPK yg dapat mendaftar disana? selain pune univ apakah ada alternatif univ yg lain yg ada social work untuk S2? thx bgt ya

    ruth…di Delhi university school of social work-nya lumayan terkenal lho. banyak temen2 foreign student dari berbagai negara sedang kuliah di sana, kalo rajin browsing nanti ketemu website resmi Delhi University…lengkap kok di situ, dan kalo kurang info silakan menghubungi Kedutaan India di Jakarta…informasi beasiswa harusnya cukup jelas di sana.

  44. nama saya ruth, saya kebetulan punya pengalaman kerja selama 3 1/2 th di salah satu NGO’s. saya ingin sekali melanjutkan S2 di pune univ, jurusan social work. kira2x klo perkuliahan di pune univ dimulai bulan apa ya? dan bagaimana tentang biaya hidup di kota pune apabila dibandingkan dengan kota2x yg lainnya di India? syaratnya nilai IPK minimal berapa ya? selain pune univ apakah ada alternatif univ yg lain yg ada social work untuk S2? thx bgt ya

  45. kalao pendidikan dokter spesialis jantung ada gak?di universitas apa?saya dokter dri aceh ni

  46. yunis mau tau info info lebih banyak tentang pendidikan dokter spesialis di india jadi tolong dong yunis mau tau situs situs fakultas kedokteran di india yang membuka program pendidikan dokter spesialis

  47. hai.saya sebentar lg bakal lulus s1 jurusan IT. maunya sih ngelanjutin s2 di india. kira2 syaratnya apa aja ya?n dimana aja tempat kuliah yg bagus?klo bs yg beasiswanya full ampe luluz gituh. hehehe..

  48. sekolah hukum buat S2 di India yang bagus apa yah? saya mau coba lanjut disana …. thx bos

    boss, sekarang ada yang lagi mencoba menyelesaikan pendidikan LLM di Pune University di Pune…coba deh hubungi orangnya (mr. Rio) di
    rio_putranto@yahoo.com , dapatkan infonya lebih lengkap dari dia…okeh??

  49. saya mau tanya nih..
    kalau di India ada gak Orang Indonesia yang nerima kursus bahasa Inggris untuk persiapan masuk collage…
    trus, saya kan mau ambil FK, kira2 berapa yah biayanya dan universitas mana saya yang bagus2…
    tengkyu…

    biasanya ada mahasiswa2 atau mantan2 mahasiswa yang mau part-time ngasih kursus bahasa inggris buat orang2 indonesia…wah soal jurusan kedokteran kita sedang mengusahakan untuk mengumpulkan informasi sebanyak2nya soal kemungkinan admission di sana…soalnya banyak yang minat ya…

  50. Saya kuliah S1 dibidang pertanian jurusan Ilmu tanah tapi setelah lulus saya bekerja sebagai customer service di perusahaan IT. Saya Ingin sekali kuliah S2 tapi bukan dipertanian melainkan di bagian psikologi or komunikasi bisa tidak?

    Roli…yang penting itu, nilai ipk kamu mencukupi…biasanya master degree di sini itu terbuka untuk semua lulusan setingkat Bachelor. hubungi iccr melalui kedutaan india untuk info detil.

  51. saya ingin meneruskan kuliah saya di bidang manajemen atau sosiologi, saya sudah bekerja dan saya sangat senang bila mengajar…nah apa bisa memberikan info studi untuk jenjang s3? s1 saya ekonomi pertanian, s2 saya manajemen sdm, sukur kalo ada beasiswa…tambah senang saya…tq

  52. Assalamu’alaikum…
    saya senang dgn info ini,untuk biaya kuliah sih OK 5 jt per tahun, tapi yg berat itu biaya hidup yg 1,5-2 jt per bulan.Apa ada solusi lain bagi mhswa yg biaya hidup itu,misal kan katanya klo di jerman itu bisa kul sambil kerja, klo disana gmn?Oya saya kul di pertanian semester 3 pingin juga S2 di india, apakah ada juga S2 pertanian,klo ngambil jur lain S2-nya bisa nggak? apa?univ-nya dmn?makasih tas jawabannya.

  53. Assalamualaikum…
    kaka2 ppi india yang terhormat!!! aku ingin tanya donk, kalo mo ambil jurusan journalist atau perhotelan yang bagus dimana yah kak, coz aku susah nyari university yg bergabung di ICCR yang ada jurusan journalist sama hotelnya…!aku minta tolong dibales yah kak!aku pengen>>>>bgt sekolah ke india, apalagi lihat profil indianya!!!makasih banget sebelumnya..God bless You all, WAss…(n_n)

    >>>Embun<<<

  54. saya sedang mengambil biologi dan sekarang tahun terakhir saya…

    saya berencana untuk melanjutkan ke kedokteran di India serta mencari beasiswa untuk jurusan yang dituju..
    bolehkah saya meminta informasi tentang universitas yang memiliki fakultas tersebut,, beasiswa yang ada,, serta waktu bila ada ujian saringan masuk..

    atau kalaupun saya tidak mendapat beasiswa,, apakah ada Univ selain AMU yang memiliki FK??
    dan kira2 berapa uang kuliahnya??

    terima kasih sebelumnya…

  55. Assalamu’alaikum…
    Sebelumnya Saya ingin memperkenalkan diri saya karena nie kali pertama Saya gabung bersama Kk2 di india.
    nama Saya MUSA asal Saya Lombok, Saya baru lulus dari SMA tahun ini tepatnya sebagai alumni AL-ZAYTUN INDONESIA, sekilas tentang id Saya.
    ketika duduk di kelas 2 sma Saya mendapat info tentang studi di India dari majalah HAI, majalah itu sedikit mengimformasikan tentang 3 perguruan tinggi yaitu IIT, AMU n JNU. dengan biaya yang relatif murah dan kualitas yang bagus membuat hati Saya terketuk untuk melanjutkan studi Saya di India. “India adalah pilihan tepat bagimu untuk melanjutkan jenjang selanjutnya n jangan sia-siakan kesempatan itu” hati kecil saya berkata.
    hingga saat ini Saya belum melanjutkan studi(kuliah) Saya tp untuk bisa sampai di India kini Saya sedang memperlancar bahasa inggris tepatnya di Pare-Kediri-Jatim yang dikenal dengan sebutan kampung inggris.
    Kk’ pasti tahu kan?? Saya punya tekat dan keinginan yang besar supaya Saya dapat melanjutkan studi Saya di india dengan tidak membebankan biaya2 itu kepada Ibu Saya karena Ibu Saya sudah bertahun2 sebagai SINGLE PARENT sejak Saya masih didalam kandungan. sedikit gambar tentang keadaan Saya dengan Ibu Saya sampai saat ini, tentunya Kk2 pahamkan!!! yang pastinya Saya ingin mendapatkan uluran tangan dalam bentuk beasiswa dari pihak yang baik hati atau lembaga2 yang menyediakan beasiswa, AMIN..!!
    Kk’ yang terhormat bisakan Kk’ memberikan informasi tentang IIT or AMU ?? gambaran system pendidikannya dan keadaan lingkungan di india dan lain yang sekiranya penting sebagai informasi..???
    oya Kk’..Saya punya dua target sebagai jurusan pilihan Saya nanti kalo g’ TEKNIK MESIN or TEKNO. INFORMASI.
    Sebelumnya terimakasih buat Kk2 N salam kenal dari Saya.
    the Indonesian young generation.

  56. buat musa
    wassalamualaikum..
    wah jadi inget sama al-zaytun dulu saya pernah maen ksana.,,
    pare juga, dulu saya sblum ke india smpet brtapa di pare slama 2 minggu..
    young generation,, saya juga, saya juga lulusan SMA thun ini..

    wah banyak ksamaan gini..hehe

    kalo mau ke india dengan beasiswa, mungkin beasiswa ICCR yang dibuka tahun ini bisa di coba, kalo dari lombok, daftar di ICCR yang ada di bali saja, tapi klo dari kediri, daftar ke embassy of india di Jakarta.. infonya bisa dilihat di http://www.embassyofindiajakarta.org

    AMU kualitasnya cukup bagus dan diakui di india, lingkungannya tidak begitu jauh berbeda dengan pare..
    lebih lanjutnya bisa dilihat di websitenya
    http://www.amu.ac.in

    kalo buat IIT itu termasuk institut terbaik se india,
    merka punya beberapa cabang di kota-kota besar seperti delhi, mumbay, bangalore, madras, kharagpur, roorke, guwahati dan beberapa kota lainnya…
    tapi persaingan masuk ke sini juga lebih sulit karena hampir smua orang india bercita2 masuk ke iit..hehe

    yasudah sukses yah…
    c u in india..
    ^_^

  57. buat mas evan

    Wassalamu’alaikum…

    sip sip,, buat biaya hidup tidak mutlak segitu, tergantung dari dmana kita tinggal dan bagaimana gaya hidup kita.
    Kalo tinggal di kota sperti Aligarh atau Agra biaya hidup bisa sama dengan kota kecil sperti jogja/solo.

    atau kita bisa tinggal di hostel(bisa lebih murah)/dekat kampus, kmudian masak sendiri/ikut canteen hostel,

    bwat kerja sbenernya sbgai mahasiswa asing kita dilarang kerja, tapi mulai tahun depan ada univ. sperti delhi university yang memperbolehkan mahasiswa kerja di kampus.

    selain itu kita juga bisa nyari peluang pa saja yang bisa dikerjain di India. seperti jualan tempe, ikutan lomba2, ngajar anak2 diplomat, jadi panitia di kegiatan2 embassy, nulis di koran, ikut acara2 seminar, tampil dlam ajang kesenian, bikin buku, jadi penyiar radio Antara u/ indonesia, ngisi acara di masjid, ikut tenaga musim haji, bikin kalender, buku, kaos, jaket dan sbagainya..

    smuanya kembali ke diri kita masing-masing bagaimana cara memanage our self and financial. banyak dari mahasiswa kita yang tidak mendapat asupan uang dari tanah air, dan sampe skarang mereka juga masih hidup..hehe

    kalo buat jurusan, di india pertanian memang mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Hal itu dikarenakan sector agricultural menyumbangkan 27 % dari India’s Gross Domestic Products.
    buat univnya anda bisa langsung konsultasi sama Prof. Google di sana insya allah data-data universitas cukup lengkap.. okay

    =)

  58. buat aaron

    untuk beasiswa bisa ngambil dari ICCR http://www.iccrindia.org

    tapi untuk jurusan kedokteran sepertinya tidak bisa, karena jurusan kedokteran termasuk jurusan elite di India (30% dokter di Amerika berasal dari India), jadi tidak ada jatah beasiswa buat jurusan ini. No candidate should be nominated for MBBS/BDS and courses related to medicine. (bisa dilihat di guidelinenya..)

    tapi mungkin aaron bisa nyari sponsor dari orang-orang berduit/institusi di negeri kita tercinta.. (biasanya dengan kesepakatan/kontrak2 tertentu)

    buat masalah harga bisa di check di tuition fee tiap-tiap universitas.. tapi kemungkinan besar memang hal, sbagai perbandingan di Aligarh Muslim University biayanya skitar 500 juta satu program buat S1 nya..

    hope the best…!!

    >_<

  59. buat eki..

    kalo yang bagus IIT adalah pilihan nomor 1. kalo urutan ke2,3, dst.. urutannya bisa di check di http://www.indiaedu.com

    beasiswa full bisa didapatkan di ICCR, kebetulan tahun ini ada kawan kita juga yang dapet beasiswa IT di annamalay university,, kisaran uang yang didapat sangatlah lumayan. kalo dibeliin krupuk bisa buat renang..hehe

  60. buat embun prayoga

    smua jurusan yang anda cari bisa di cari di http://www.indiaedu.com
    setelah nemu universitas yang dirasa cocok kemudian bisa diselaraskan dengan universitas-universitas yang ada di dalam list ICCR scholarship.. thikhei

    *_*

  61. salam kenal ini dari ali mahasiswa iain imam bonjol padang meminta kepada seluruh elemen yang bertugas dalam dunia pendidikan s2 khususnya dalam hal pendidikan melalui beasiswa tolong kabari dan hubungi saya di 085863696769 atau di http://www.m_ali_404480@yahoo.com, terima kasih dan saya selalu menunggu informasinya

  62. buat pak ahsan

    kalau tertarik beasiswa S3, boleh dicoba beasiswa yang ditawarkan ICCR, formulir bisa didownload dari iccrindia.org
    dan seluruh berkasnya dikumpulkan sblum tanggal 31 Januari 2008 ke embassy of India in Jakarta.. setelah itu ada test tertulis tentang Bahasa Inggris pada tanggal 7 Februari 2008. Kemudian Pak Ahsan tinggal menunggu pengumumannya..hehe

    smoga berhasil…

  63. Bos, ane lulusan SP UI 07 mau nanya nich tentang program MA in Economics di DU dunk soalnya di website krng jelas.
    1. Kalo toefl ane 563 dan Ielts ane 6 kira-kira bisa masuk ke program itu gak?
    2. Selain itu persyaratan apalagi yang harus dipenuhi pada program tersebut?
    3. Kira-kira apa materi tes yang diujikan pada entry test di program tsb?
    4. Berapa biaya kuliah dan hidup di delhi?
    5. Bisa g ane daftar program tsb lewat embassy india di Jakarta or directly application ke India?

    (1) bisa. (2) ijazah dan transkrip nilai akhir (3) silabus SP UI (4) biaya hidup sekitar 1.5 juta per bulan dan biaya kuliah di DU 400 dollar amerika untuk 2 tahun plus 250 dollar amerika per tahun yang dibayarkan ke kolej kita. (5) kalo mau dftar lgsg dg biaya sendiri, silakan kirimkan lamaran anda ke tmn2 di india ini. tp kalo mau jalur beasiswa ya kedutaan india aja. ayo datangi segera kedutaan india di jkt. hmm… (echakucing)

  64. salam hormat…
    kawan-2 ayng ada di india
    saya seorang mahasiswa kampus seni yang belom lulus…dan terancam
    yang ingin segera kabur…menuju india
    sekarang saya aktif di jnicc untuk membantu edukasi culture india ke khalayak..
    kemarin saya dapet kabar untuk mengajukan beasiswa ke kedutaan..
    tapi saya juga agak 50% alias ngga pede..
    nah kalo seandainya saya jadi kabur keasana tepatnya ke daerah chatigrash..
    apakah untuk urusan mendaftar kuliah sulit atau tidak.. dan berapa standar ongkos kuliah disana per semester.. makasih kawan-2 sukses semua.
    hatur nuhun

    kalo anda berhasil menerima beasiswa, maka semua biaya pendidikan dan living cost anda akan dibayar oleh ICCR india, kecuali tiket pesat menuju india. sy kira anda sdh tyerbiasa dg birokrasi india di jnicc tsb. ya begitulah, hehehe… (echakucing)

  65. aslkm, kaifa halukum sahabat/i di India.., kenalkan saya ashdiq, sekarang sedang ngambil S1 di jurusan sejarah islam tingkat akhir Universitas Al Azhar, Kairo Mesir. mohon bantuan PPI India, info mengenai Studi S2 di India, terutama spesialisasi jurusan sejarah islam atau politik islam.. kalau ada situs-situs universitas di India yang bisa di akses juga ahlan wa sahlan saya menerimanya (terutama Aligarh Muslim University). info S2 tsb, mengenai Silabus Kuliah, Waktu Studi, Biaya, n Beasiswa ;-).. jazakumullahu khair sebelumnya… mohon doa sahabat2 di India, kita di Mesir sekarang ini sedang ujian .. doakan bisa sukses n berkah ilmunya…. Wassalamu’alaikum wr wb
    Khairul Ashdiq

    w’slm, biiznillah ahwaluna tamam kulluha. silakan buka http://jmi.nic.in, department of islamic studies, trus telusuri silabusnya. sdgkan beasiswa, lgsg lamar aja ke kedutaan india d jkt. formulir beasiswa ini jg disediakan oleh kedutaan india di jkt. hope ur exams done successfully. hmm… (echakucing)

  66. saya mau nanya bagaimana caranya mendapatkan beasiswa ini…………..dan jurusan nya apa saja/ terserah bidang minat masing2

    masukkan lamaran lgkp anda ke kedutaan india d jkt. kami sarankan anda membaca postingan yang berkaitan dg belajar di india yang sdh banyak kami posting di blog ini. liat di pojok kiri atas ya mas muhajir, hmmm… (echakucing)

  67. Saya Lulusan D3 Akuntansi tahun 2007. Saya berencana melanjutkan studi ke luar ( bisa jadi India ), untuk mengejar bachelor degree dengan biaya sendiri. Saya tertarik untuk mengambil Finance Major atau management Major.
    Karena itu ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan :
    1. Mohon maaf bila pertanyaan saya menyinggung SARA atau tidak tepat, Saya adalah muslim, saya mendengar bahwa sering terjadi konflik antara muslim dengan Hindustan. Apakah tidak masalah ( aman ) bila saya mengambil studi ke India, mengingat sering terjadi konflik??
    2. Bisakah memberikan gambaran rata-rata Tuition Fee per tahun bila saya studi ke India mengambil Finance atau Accounting atau Management. ( Diploma leading to Bachelor Degree )??
    3. Bisakah saya tahu alamat perwakilan Education India ( Konsulat India ) di Indonesia ( jakarta )??
    Atas informasinya terima kasih dan mohon maaf bila pertanyaan say kurang tepat

    (1) selama ini kita aman-aman aja. gak pernah ada masalah. (2) sekitar 500 dolar amerika per tahunnya. (3) lgsg aja ke kedutaan india di jkt, jl. hr. rasuna said. alamat lgkpnya ada di postingan paling atas di pojok kiri blog ini. hmm… (echakucing)

  68. Hello, sorry td salah ruangan..

    Saya Mahasiswi semester8 S1 kedokteran dan saya sangat ingin mengambil spesialis di India. Tentang spesialis kedokteran bidang apa, saya belum memutuskan, tapi saya ingin prepare dari sekarang. Karena itu saya mau meminta info2 dari kakak2 sekalian.

    1. Apa ada contact person yang bisa saya hubungi untuk saya tanya jawab lewat e-mail? (alumni Spesialis kedokteran apa aja dari india)

    2. Univ dan di kota mana biasanya para dokter Indonesia mengambil spesialisasi di India?

    3. Kira2 berapa biaya hidup, biaya kuliah di sana?

    Thank you for your help, really appreciate it.

    untuk menjawab semua pertanyaan saudara, sy persilakan anda untuk mengontak langsung “fritz sumantri” di email fsumantri_md@yahoo.com. beliau adalah lulusan india baru-baru ini. (echakucing)

  69. Halo. Saya sekarang di bangku SMA kelas XII dan sangat tertarik untuk melanjutkan S1 melalui beasiswa yang diberikan ICCR. Kalau ingin mengambil accounting / management yang bagus di universitas mana ya? Karena universitas di India yang pernah saya dengar cuma University of Delhi

    Selain di Delhi University, and bisa mencobanya di Pune University. Kawan-kawan S1 jurusan ekonomi dari Indonesia juga berkuliah di san. Terima kasih. (pmf)

  70. gimana applay di delhi

    applay apa mas?? apply beasiswa yah…coba liat diatas lagii..informasinya sudah cukup jelas…

  71. Hii
    Saya Rika, pelajar kls XII. Saya berencana kuliah di India di IIT Delhi abl jurussan IT/ Com engineering.
    P’tanyaan yg mau sy tanyakan:
    1. Syarat2 apa saja yg dibthkan???
    2. Kapan mli pendftaran??
    3 Berapa biaya kuliah per tahun??
    4. Apa ada email yg dapat dihubungi??
    5 Apa nilai uan dan raport b’pengaruh??

    Thx

  72. KOnnichiwa…
    saya citra, dari SMA ISlamic Village, saya mau melamar beasiswa untuk program S1, jurusan ekonomi manajemen. Ada tidak jurusan itu di daftar beasiswa? kalau iya, persyaratannya pa saja? terima kasih.

  73. Ass…

    Mo nanya nih, ada g’ pre univ di india (khususnya di delhi)??
    Biayanya brapaan ya??

  74. Dear Citra,
    Untuk jurusan manajemen ada dalam skema ICCR , persyaratannya bisa dilihat di web ppi india atau menghubungi kedutaan besar india, ok

  75. Dear Rika,
    Wah utk pre univ saya kurang tahu, saran saya langsung saja kuliah beneran, engga rugi waktu dan biaya, ok

  76. Salam kakak2 semua, dimana ya saya bisa belajar S1 sinematografi di India? thanks.

  77. Ass kakak2 yg di PPi..

    Blh minta saran g’???
    Saya Juli ini tamat smu, n rencananya mau ngambil IT di India. Mengingat kuliah yg pd umumnya bisa saya ikuti thn depan di india, kira2 apa yg bisa saya lakuin sambil menunggu??? (saya belum cukup pengetahuan bhs inggris)
    Apa saya sebaiknya ngambil kursus yg di sana (spt yg di omsania univ)?? Atau ada kursus dsn yg bagus??
    Mohon bantuannya….
    Terima kasih..

    Wassalam

  78. Mau minta info,
    saya S1 Accounting, bekerja, tapi bln juni kami mau pindah & tinggal di islamabad ikut keluarga, apa akses & pengurusan visa dr islamabad ke india cukup mudah ? ( kalau ada informasi )karena saya tertarik untuk study di India, apakah di india ada program belajar IT Accounting yg 1 th ? mohon infonya dimana dan berapa biaya yang diperlukan ?
    Terimakasih….

  79. mau minta info biaya study unutk program LL.m di New delhi uNiv dong, trus kalo disana sehari-hari pake english ato bhasa india…sama living cost,makan,sama nge-kos totally berapa…saya buth banget infonya, mau di-compare sama Malaysia untuk biaya, karena mau nglanjutin S2 tapi biayany terbatas….terimakasih…

  80. Mohon infonya,
    univ mana aja yg bagus IT/ com eng nya.

    Terimakasih…

  81. Assalamu’alaikum teman-teman ppi,
    saya mohon bantuan informasinya. Saya sedang mencari informasi short course untuk kelas yoga india( antara 2 minggu – 1 bulan). Apakah ada teman yang punya informasi tempat yang baik berikut perkiraan biaya tinggal dan coursenya.
    Apakah ada teman ppi yang sedang belaajr yoga di sana? jika ada bolehkah saya berkenalan via email?
    Terima kasih informasinya.

    Wass,

    Vera

  82. Dari dulu saya pengen kuliah s2 tp biaya tidak ada dan kemudian saya mencari beasiswa tapi kebnaykan untuk pns or para pekerja. sementara saya blm bekerja. akhirnya baru saya dapatkan info mengenai beasiswa india tp terlambat pendaftaran tutup. nah ada kesempatan lg untuk dpt beasiswa dr pemerintahan daerah saya tp harus mendapatkan kampus dulu sementara saya tdk punya biaya tuk ke india. yg saya tanyakan adakah kampus or dosen disana yg mau merekomendasinkan saya tuk diterima sebagai siswa disana tanpa hrs tes di india? mungkin tes nya memalui keduataan india yg ada diindonesia. tlg info lengkapnya…kalo bisa balas ke email saya. terimakasih banyak.

  83. mo nanya2 ne…
    beda university ama college pa aja sih????

  84. Dari dulu saya pengen bahagiakan orang tua saya terutama lewat dunia pendidikan tp rasanya tidak bisa karena kurangnnya dana .maklum orang tua saya petani.saya sudah lulus smu tahun 2006,tidak kuliah karena tidak ada biaya dari orang tua.nilai saya rata2nya 7.adakah beasiswa yang cocok untuk saya terutama ke luar negeri seperti singapura dan adakah donatur yang bisa saya mintai membiayai saya kuliah dengan catan saya akan mengganti rugi dana yang saya pake setelah selesai kuliah.kalau bisa donatur untuk kul ke luar negeri yakni malaysia dan singapura.informasinya sangat saya harapkan dan secepatnya.thank’s

  85. saya ingin mendalami ekonomi isalm kira-kira bagaimana opiniekonomiislam dialigarh university

  86. Assalammualaikum,
    saya khoirul, saya skrg kls 2 sma jurusan IPA. Saya ingin sekali mengambil Kedokteran di perguruan tinggi nanti. Kira2 universitas mana yg bisa saya dapatkan dg mudah ? bahkan klo bisa tanpa tes dan yang biaya nya murah ? Trus disana kira2 ada beasiswa pendukung belajar ga ?
    Syukron

  87. Assalammualaikum,
    saya khoirul, saya skrg kls 2 sma jurusan IPA. Saya ingin sekali mengambil Kedokteran di perguruan tinggi nanti. Kira2 universitas mana yg bisa saya dapatkan dg mudah ? bahkan klo bisa tanpa tes dan yang biaya nya murah ? Trus disana kira2 ada beasiswa pendukung belajar ga ? N bagaimana prosedurnya ? Thanx
    Wassalammmualaikum

  88. Hai..saya Raihana. Rencananya tahun 2010 saya ingin melanjutkan studi S2 ke india dengan mengikuti tes di teritorial medan.Saya berminat mengambil jurusan psikologi pendidikan. Di universitas apa ya yg sebaiknya saya pilih karena saya tidak tau realita kualitas masing2 univ yg ada di india?

  89. Asslmkm….
    Saya afnan, mau tanya di mana aja universitas di India yang menawarkan beasiswa untuk jurusan islamic finance?bagaimana prosedur&syarat yang harus di penuhi?. saya berminat untuk melanjutkan studi master kesana.Atas jawaban&bantuannya saya ucapkan terimakasih..
    Wasslmkm…..

    waalaikumsalam, buat afnan, wlopun ada kemungkinan, tapi jarang sekali universitas di India yang memberikan beasiswa ke mahasiswa luar negeri, salah satu alternatif yang bisa diambil adalah mengikuti beasiswa dari pemerintah india melalui ICCR yang akan diadakan skitar bulan Februari 2009.. okey.. wish u all d best
    satia pradana

  90. saya mahasiswa smester VI Hukum.. mau tanya nih, kalau ngambil S2 Managemen SDM memungkinkan ga ya? trus, MSDM yang terbaik di kampus mana ya?? thx b4.. God Bless

  91. Assalammualaikum,
    saya Nanda, saya skrg kls 3 sma jurusan IPS. Saya ingin sekali mengambil komunikasi di perguruan tinggi nanti. Kira2 universitas mana yg bisa saya dapatkan dg mudah ? bahkan klo bisa tanpa tes dan yang biaya nya murah ? Trus disana kira2 ada beasiswa pendukung belajar ga ? N bagaimana prosedurnya ? Thanx
    Wassalammmualaikum

    kalau mudah, tanpa test dan murah saya menyarankan untuk mengambil delhi university (walaupun standard murah pasti beda2) Kalau mau ngambil beasiswa, nanda coba ikut program beasiswa dari pemerintah india melalui ICCR saja. pembukaannya sekitar bulan januari 2009..
    salam kenal.. satia pradana

  92. Mau nanya saya ingin melanjutkan S3 di bidang Human Ekologi atau Sosial Perikanan..Apakah ada di India? Utk biaya PhD apakah sama dgn S1. Apakah bisa tes tanpa datang langsung?
    terimakasih

  93. halo kawan, sy alumni sosiologi UGM 08. ada rencana untuk lanjutin studi S2 di India ttg women and ecology.. hehehe.. tadinya pengen ke ISS-Belanda, tapi guru terbaik tentang ecofeminism ada di India.. jadi sepertinya S2 di India adalah pilihan yang lebih baik… boleh bertukar email dengan kawan2 yang concern ke isu sosial, perempuan dan lingkungan hidup di India? pengen ngbrol2 banyak niy..

    thanks and have a niceday!

    ayo mbak yopina, duma, ditanggapin ada yang mau ngobrol2 nieh..hehehe,,
    makhlu hyderabad (SP)

  94. Dear Satia (evan) dan teman-teman PPI India

    Saya Duma, alumni Fisipol USU dan baru saja memegang Admission Letter dari Universitas Delhi untuk Social Work Department, dengan self financing. Berkat surat (Admission) yang dikirimkan oleh PPI dan komunikasi dengan Sdr Evan, saya memutuskan untuk segera mengurus keberangkatan saya ke New Delhi. Saya usahakan berada di India sebelum atau pada tanggal 18 Juli 2008. Namun, apabila saya telat 2 atau 3 hari, apakah PPI bersedia membantu saya mengantisipasi registrasi ulang atau menjelaskan hal ini kepada pihak universitas?
    Saya meminta bantuan dan dampingan teman-teman setibanya saya di New Delhi. Untuk ini, saya akan tetap mengirimkan kabar dari Indonesia.
    Saat ini saya belum memegang sertifikat TOEFL apapun, apakah ini akan menjadi masalah nantinya?
    Terimakasih atas perhatiannya.
    Salam saya,

    Duma

    ya selamat deh udah keterima di Jurusan bergengsi, lanjutkan saja komunikasi dengan saudara Evan. kalo mba udah sampe ke Delhi, pasti kita semua bantu deh…udah jadi kewajiban moral kami.

    banyak dari kami yg ga ditanyain TOEFL-nya, tapi untuk amannya coba siapin aja deh…

    sampai ketemu,

    webmaster

  95. Baru saja saya baca, bahwa foreigner student yg tdk mengikuti tes alias mendapat jatah quota akan membayar biaya studi yang jauh lebih besar.
    Dalam booklet yang dikeluarkan Univ.Delhi utk foreign student, biayanya adalah 6000-6500 per annum, 400US utk registration, dan 100 us per year for Faculty (di luar biaya hidup). Apakah ini berarti saya harus membayar lebih daripada jumlah di atas?

    Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    Salam,

    Duma

    udah di sini kan neh tante duma, tapi skalian dijawab aja, biar ga muncul pertanyaan yang sama.. maksudnya pembayaran beda itu adalah seandainya kita dapat lulus melalui test yang diadakan oleh universitas maka kita boleh membayar sama dengan penduduk india (yang sangat jauh lebih murah), tapi ingat, tidak smua universitas melaksanakan sistem ini, harus dikonfirmasi lagi ke tiap2 universitas, sedangkan kalau melalui jalur biasa (foreign quota), ya yang ada di booklet itu yang jadi panduan.. bgitu tante..hehehe
    satia pradana

  96. ass..
    nAMA SAYA : HUSNI MUBAAROK.
    aLUMNUS ilmu Politik Universitas andalas.Padang- Sumatera Barat..Saya ingin lanjutin ke India ..Kira-kira jurusan dan fakultasnya yang bagus apa ya.. dan perguruan tingginya?
    Kalau bisa tolong dikirimkan persyaratan dan gambaran biaya sekaligus kalau ada informasi beasiswa tolong ya.kirimkan ke email saya..

    TErima kasih

    lah, husni mau kuliah jursan apa dulu? baru nanti universitasnya menyesuaikan..hehe..sp

  97. Hi untuk semuanya,
    Saya ingin mendapatkan informasi biaya yg sekiranya dikeluarkan untuk 3mg di India. Saya akan mengikuti minimal invasive surgery course di Tilak Nagar. Selain itu,apabila ada informasi mengenai adanya financial aid untuk mahasiswa yang ingin mengikuti kursus semacam ini mohon informasinya. Saya sendiri akn berangkat dr Amsterdam krn skrg saya sdg study biomedical sc. master di nethlerands. Terima kasih.

    Henny (hmarputri@gmail.com)

    kalau untuk biaya hidupnya tidaklah jauh berbeda dengan jakarta.. tergantung gaya hidup masing masing individu.. satia

  98. double degree untuk pegawai negeri ada ga ya?

  99. untuk program beasiswa double degree S2 – hukum buat pegawai negeri ada ga ya? mohon info-nya

    hal ini bisa langsung ditanyakan ke embassy of india in jakarta..SP

  100. slamat sore,

    saya mau tanya. Untuk program S2 MBA di India itu ada universitas international nya tidak. Karena saya ada rencana untuk mengambil S2 MBA dia India.

    Trima kasih

    ada koq randhy, salah satu yang lagi ngeboom dengan kualitas internationalnya untuk MBA di India adalah IIPM (Indian Institute of Planning and Management) para dosen terbangnya seperti Robert T Kiyosaki, Zig Ziglar, Steven R Covey, Jack Welch, etc..
    (satia)

  101. Selamat malam.

    Saya mau tanya. skrg saya kelas3, rencananya oktober nanti saya mau ambl diploma(jurusan ICT) di Malaysia.
    Stlh Diploma bisa ambl jurusan ICT di IIT?

    Thank’s a Lot…

    slamat pagi, bisa koq, bahkan edwin juga bisa langsung ngapply ke IIT selepas SMA, syaratnya cuma satu, yaitu lulus entrance test yang diadakan oleh IIT..hehe
    sukses ya
    satia

  102. Maap ada yang ketinggalan.
    Sayakan ga dapat ijazah dr Indonesia. Bsa msk ga? klo untuk manajemen univ yang bagus apa y?
    Thxxxxx…………
    Nite……

    sante aja, bisa koq win.. bahkan lulus SMA pun bisa langsung masuk IIT di India., syaratnya cuma 1, yaitu lulus test ujian masuk (JEE-IIT) yang diadakan stiap tahunnya sekitar bulan maret.. so,, prepare for d entrance exam!! dah da yg berhasil msuk loh orang indonesia.. =)

    (satia pradana)

  103. permisi..
    mau numpang nanya.. saya sebentar lagi lulus S1 di bidang hukum, saya baru2 ini datang ke pameran pendidikan luar negri. Disitu saya bertanya apabila saya ingin melanjutkan studi s2 tentang bisnis di australia apakah dimungkinkan, ternyata dimungkinkan walaupun tidak ada kaitannya dengan background pendidikan saya sebelumnya yaitu hukum. Yang ingin saya tanyakan, bila saya ingin mengambil pendidikan tentang IT di india, apakah saya langsung bisa mengambil S2 atau harus mengulang belajar dari S1 lagi? (karena juga tidak ada hubungannya langsung dengan hukum)
    Terimakasih banyak.

    hal ini tergantung universitasnya, tapi kalau kamu siap untuk menjalani dan berhasil lulus test masuknya, for sure they will accept u.. best of luck.. satia

  104. Saya adalah wanita 30 th dengan profesi sebagai penulis amatir. Saya mau melanjutkan kuliah master bidang jurnalis di India dengan biaya sendiri. Kira2 universitas mana yang tepat untuk saya, berapa biayanya, dan kapan saya bisa mulai mendaftar. Thx

    mbak mahda, pendaftaran di india rata-rata dimulai sejak bulan januari-mei. tapi ada juga beberapa universitas yang membuka gelombang pendaftaran 2 kali satu tahun. kalau untuk universitas akan sangat variatif, tapi kebanyakan kami mengarahkan ke Delhi University, alasannya cukup simple, kualitas DU termasuk teratas di India, biaya yang ditawarkan pun tidak mahal, dan juga berada di Ibukota dimana komunitas masyarakat Indonesia di sana sudah terbentuk.. warm regard… satia pradana

  105. assalamalaikum wr wb
    kakakku yang sedang menuntut ilmu di India sana

    bagaiaman rasaynag menuntut ilmu jauh dari tanah kelahiran???
    intermezzo tok..hehe

    saya mau bertanay tentang satu dua hala ataupun lebih boleh yahh.. ( saya sudah bertannya di tags ALUMNI tapi belum ada balasan, maaf ya bila dianggap memaksa he…)

    perkenlkan nama saya Panji Arum Bismantoko , dan saya lahir di jakarta.. loh mlah g jelas,…. begini , saat ini saya sedang menuntu ilmu di FTUI depok jurusan teknik mesin sedang berada di semsetr 5.. kakak ku sebangsa dan setanah air, saya membutuhkan info tentang kuliah di india.. karena saya bertujuan untuk menuntut ilmu S2 di luar untuk memperluas wawasan. dan INDIA menjadi satu dari sekian negeri yang saya incar( mang mw jajah)… walaupun saya masih berasa di semester5 tapi saya mau mempersiapkan sematang2nya kelanjutan studi saya nantinya,..
    Pertayaan2 nya :
    1. rencananya saya mau melanjutkan studi saya di MBA program , apakah salah satu univ di india membukanya , bolehkan saya yang bukan dari bidang ekonomi melanjutkan MBA tanapa ada work experience??

    boleh sekali, banyak mahasiswa MBA yang bukan berasal dari bidangnya, hampir smua univ di india memberlakukan foreign quota buat mahasiswa asing, jika memang background anda menjadi masalah maka, entrance test bisa jadi second option..

    2. apabila target saya untuk mengambil MBA tidak bisa, saya mau melanjutkan ke bidang management industri ataupun ke arah ekonomi tapi yang masih related to engineering, bisa kasih advice??

    3. target terakhir saya kalo tidak bisa untuk kuliah S2 di luar field saya sebagai engineer, saya mau mengambil manufacturing atau energy conversion , adakah di India?? dan apakah kualitas lulusan engineering di India di akuai oleh dunia (parameternya terserah kakak2 deh)? dan bagaimana faculty of engineering di India bagus tak??
    adakah mahasiswa asal Indonesia yang sudah berkuliah di bidang engineering di India sana?? ada
    4. saya bisa minta lebih rinci nan lengkap ga tentang kuliah disana dengan biaya sendiri dan di biaya i , bisa minta tolong estimasi dananya ga??maaf ya kakak2ku kalo ngerpotin.

    hal itu akan sangat variatif tergantung di universitas dan di kota mana anda kuliah, karena itu sangat berpengaruh bagaikan bumi dan langit.

    5.terus terakhir bisa minta cerita hidup dari salah satu kakak2ku yang sedang kuliah disana, dari sebelum , selama, setelah misalkan yang sudah alumni..

    di bagian bawah homepage website ini, terdapat blog link dimana anda bisa menemukan tidak hanya satu, tapi banyak crita hidup dari teman-teman di India dari masih imut-imut sampai amit-amit.. =)

    6. o yah terakhir bagaiman syrata akademis untuk S2 di Idia, IPK minimum berapa katanya di Indi pake presentase yah ada konversinya ga,, misalh target untuk IPK saya pas lulus insya allah agustus 2010 adalah 3.18(maklum d FTUI mesin lagi susah 3.5 keatsa,hehehe ngeles) qualified ga??
    n kalo di india bahasa yang dipke apa yah inggris or hindi, kalo dkul inggris kan??

    hal ini depend ke universitasnya juga, dan untuk medium of teaching, hampir smua univ di india menggunakan bahasa Inggris
    maaf yah bila pertanyaan2nya banyak dan ngeropotin m tapi ini semua demi mematangkan rencana hidup yang sudah saya buat… dan maaf sekali lagi apabila ada menyinggung hati kakak2ku sekalian.
    bial jawabannya tidak muat untuk di RE disini bisa dikirim ke email ku : panjiarumb@yahoo.co.id atau x_meraih_impian@yahoo.co.id atau nicebrownies@hotmail.com
    selamat dan semoga sukses untuk kakak2 yang sedang menuntut ilmu di India ,semoga terus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional..

    terima kasih

    hormat saya

    panji arum bismantoko

    demi orang tua, sahabat, Indonesia, dan Islam agamaku akau bermimpi….

    sama-sama
    hormat saya,
    satia Pradana

  106. Kak Satia dan Kawan2 saya mau brtanya

    Saya sangat Percaya PAda PPI, maka dari itu saya ingin melakukan Pendaftaran melalui PPI dengan mengirimkan dokumen n Uang pendaftaran US$50

    1. Apakah semua dokumen hanya cukup di cap translator n asal sekolah atau harus cap kedubes India di jakarta?

    2. Universitas apa yang murah dan Baik tanpa test tanpa harus test masuk untuk jurusan Business, Technology or Communication…

    3. Adakah No yang bisa dihubungi saya ke INdia untuk memastikan Pendaftaran Saya??

    4. Kapan saya bisa mulai belajar, saya tamatan SMA tahun ini??

    Bisakah lebih cepat…
    Terima kasih Untuk Ka SAtia n Kawan2 PPI
    Love u all n GBU

    1. ijazah cukup di cap oleh sworn translator tapi kalau bisa dapet plus dari skul lbih bagus.
    2.slama ini kita cendereng ke delhi university, slain mudah masuknya, kualitas scara overalnya (rank 250 dunia) juga cukup bagus.
    3. itu bisa dilihat di contact person
    4. di India, pembukaan pendaftaran dimulai skitar bulan februari-mei., dan kuliah mulai bulan juli..
    jabat erat…
    satia pradana

  107. Mau tanya ada g s2 bidang farmasi d india,makasih

    ada koq

  108. saya tertarik bgt nih kul di india..

    1.untuk MBA ada refrensi di uni mana tdk??

    2.syarat nya apa aja ya? apakah umur dan ipk dan asal universitas ada kritertia nya??

    3.kira2 br lama ya?

    4.estimasi biaya setiap semester & living cost brp??

    5.insya allah klo semua nya berjalan sesuai rencana, disana orang indonesia solid tdk?? i cant imaging became a stranger

    thx a lot.

    1. Delhi University, Indian Institute of Management, Amity University, Indian Institute of Planning and Management
    2. ada yang mengharuskan lulus test masuk, ada yang foreign quota, untuk keduanya IPK akan menjadi bahan pertimbangan.
    3. 2 tahun
    4. tergantung universitas dan kotanya, akan sangat bervariasi
    5. Jangan khawatir, asal bawa indomie pasti aman koq..hehhee

    mpe ktmu di india… =)
    (SP)

  109. hello para informan yang budiman
    bagi-bagi info studi ke luar negeri donnnnk…….
    saya pengen bangat untuk kuliah disana
    atau dimana ajalah kalau memang ga ada yang keluar negeri di negara kita juga ga apa2
    tapi maunya yang beasiswa ya……….
    tlong hubungi saya di 085263696769
    atau di :
    http://www.m_ali_404480@yahoo.com

    please ya…………………….
    thatnk enough for your attention
    and i will be right here waiting for your replay ok…………….

    milis beasiswa indonesia bisa dijadikan acuan untuk ini..

    • Based on my last mail, i want to get more information of getting study to India with English program especially in education of language learning strategy program……………………………………………………….
      if you get information, please tell me all about it………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      right now u can call me at 087891038989
      or mail http://www.m_ali_404480@yahoo.com

      thanks so much yeah…………………………..

  110. Dear Mas2 dan Mbak2 calon kakak kelasku.
    Saya sangat tertarik untuk melanjutkan kuliah saya di India, terutama karena biayanya yang murah. Sekarang saya sedang bekerja di Papua. Mencari pengalaman sekaligus modal kuliah. Rencananya pada 2010 saya akan melanjutkan kuliah saya di India di bidang Teknik Elektro. Setelah saya hitung2 untuk dapat kuliah S2 di India biayanya adalah sekitar Rp. 50 juta, dengan mengasumsikan bahwa biaya hidup adalah $100. Pertanyaan saya adalah :
    1. apa perhitungan biaya saya sudah benar?
    2. apa yang sebaiknya saya persiapkan?
    3. universitas apa yang sebaiknya saya masuki? Selama ini saya menganggap bahwa pilihan yang paling masuk akal adalah New Delhi University.

    Mohon maaf karena saya banyak tanya.

    1. Untuk biaya hidup 100$ per bulan itu bisa dicapai asal sesuai dengan gaya hidupnya, karena standar hidup masing-masing individu pastilah berbeda-beda. Jika focus anda belajar tanpa ada unsur lainnya maka uang itu dirasa cukup.
    2. Bahasa inggris dan juga ilmu dasar tentang jurusan yang dikehendaki.
    3. Delhi university termasuk pilihan yang tepat.

  111. Mau tanya apakah ada berita dengan University yang membuka jalur fellowship untuk dokter dari Indo?
    Thanx

  112. saya pria yang berprofesi sebagai wiraswasta,S1 fakultas kedokteran hewan prodi perikanan.tertarik untuk kuliah di india dengan biaya sendiri.yang ingin saya tanyakan pada teman2 PPI
    1.universitas apa yang membuka studi S2 perikanan di india?
    2.apakah ada batas IPK minimum dalam melanjutkan studi di S2 pada universitas tsb?
    3.berapa total keseluruhan biaya (hidup dan pendidikan) sampai dengan selesainya studi?
    trims

  113. dear Teman – teman PPi India,
    saya Reza
    Sekarang saya Bekerja pada salah satu Universitas di Pulau Batam sebagai Kepala Divisi Public Relations sekaligus pengajar. saya berniat melanjutkan pendidikan S2 saya di bidang Public Relations atau Corporate Communications di India,
    saya berharap teman – teman PPI dapat membantu saya dalam mencarikan Universitas yang ada jurusan tersebut, biaya pendidikannya (standart), biaya hidup, biaya transport dari Indonesia / Singapore ke India, dan kalau boleh kontak personal teman – teman PPI,
    sehingga saya dapat insten berkomunikasi.
    atas bantuan teman – teman saya ucapkan terimakasih.

    salam, bapak reza bisa menghubungi sapradana@yahoo.com atau zul_khan86@yahoo.com

    wasalam

    Syailendra Reza Silalahi

  114. Saya Riyanto, saat ini saya baru saja lulus s1 jurusan sains Fisika, saya ingin melanjutkan studi s2 saya. kira-kira di india yang s2 fisika nya bagus dan biayanya terjangkau di mana ya? trus bisa gak setelah masuk dapat beasiswa
    terima kasih atas bantuan dan informasinya ya….

    wassalam

    riyanto
    untuk beasiswa, tidak bisa didapat(susah sekali) jika anda sudah menjadi pelajar suatu universitas, lebih baik apply dari sekarang, kedutaan india di jakarta sedang membuka program beasiswa.

  115. Salam..

    Saya intan, lulus S1 Teknik Arsitektur. Saya ingin melanjutkan S2 bidang arsitektur atau urban design/management. Yang ingin saya tanyakan a.l :
    1. Universitas mana yang memungkinkan untuk jurusan tersebut
    2. Apakah ada quota buat mahasiswa asing
    3. Persyaratan dan cara pendaftaran
    4. Biaya pendidikan
    Terimakasih atas bantuan dan informasinya…

    Wassalam
    _intan_

    school of Planning and Architecture, New Delhi bisa dijadikan acuan, untuk info lebih lanjut silahkan buka websitenya

  116. hi intan i think your major is same with me,my major is urban design, saya alumni master dari undip,saya ada pengalaman, kalo saran saya mending kamu daftar beasiswa dulu yang sedang dibuka pendaftarannya dikedutaan india jakarta dari desember sampai januari ini, karena jika kamu mau biaya sendiri>> mahal, mending uban design di indo saja dulu ntar doktoral baru cari diluar, saratnya ya beasiswa,ini siy saran aja, kalo ingin sekolah di india kamu bisa pilih : school of planning and architecture delhi (ini kampus negeri) dosennya lumayan bagus dan open mind, tapi itu tadi saran saya mending tes beasiswa dulu kalo lulus khan lumayan…kamu ngga perlu keluar uang banyak,kontak dulu kedutaan india dijakarta atau kunjungi websitenya.

    sekian dulu share infonya semoga bermanfaat

    Budi Jambi

    PhD Architecture Scholar

  117. Slm kawan2 d ppi india..
    PBNU sekarang lagi buka beasiswa s1 s2 dan s3 k india, yang mungkin kerjasama ICCR. Ada 181 universitas yang ditawarkan.
    Saya ingin mengikuti beasiswa untuk s2 jurusan tafsir atau hadis atau al-quran. Saya mohon informasi dari teman2 PPI kira2 universitas apa saja di antara 181 it yang bisa saya ambil?
    Informasinya bisa dikirim ke email saya (azizah_gf@yahoo.com)
    syukriya..

    Jamia Milia Islamia dan Aligarh Muslim University

  118. excuse me…..

    mo nanya nech….
    klo buat jurusan IT yang bagus demana ya????
    N cara masuk n pendaftaran na kapan n gemna nech….
    masalah na q kelas 3 SMA n ntar ge lulus……
    pengen na sech ngelanjutin k India ambil jurusan IT, tapi minim info nech….. mohon bantuan na….

    1. Untuk pilihan universitas tujuan beasiswa, Sdri. Athirah bisa merujuk universitas berikut: Delhi University, Jamia Millia Islamia, Osmania Univ., Bangalore Univ., dan Pune Univ.
    2. Jikalau berminat terjun bebas, silakan kirim email ke humas.ppiindia@yahoo.co.in.
    ZIP

  119. assalamualaikum….akang,teteh,mas,mba….mau tanya nehh…ada ga beasiswa dari D3 mesin ke S1 mesin?.. trims b4

  120. salam namaste…
    kaka yang sedang belajar sukses selalu ya…..
    saya Rakinda ingin menanyakan sedikit dan banyak tentang kuliah di India

    1. Universitas/institut mana yang terjangkau biayanya dan alhamdulillah kalo ada beasiswa , kebetulan saya minat di Art, Design and Media (Desain, Animasi, Grafis)?
    2.mohon di balas ya? baik buat jenjang S!/S2

    Mas yanuar rakinda, silakan hubungi email ini zul_khan86@yahoo.com
    ZIP

  121. Salam…

    perkenalkan nama saya Indria, sy ingin melanjutkan S2 di India jurusan IT. Saya ingin menanyakan bagaimana langkah awal hingga di terima di universitas tsb?apakah sudah ada study guidenya?Treimakasih banyak…

  122. saya ingin belajar S2 dengan jurusan management pemerintahan atau politik pemerintahan di India tapi apakah saya bisa karena educational background saya Bahasa inggris. saya memilih jurusan ini karena saya berkerja di departemen dalam negeri indonesia mohon saran untuk saya

  123. salam,

    mau tanya nih mbak/mas,

    Apakah ada kuota per daerah ntuk penerimaan beasiswa ICCR ini??

    thank..

    regard

    Tidak ada mas/mbak. ZIP

  124. wass….
    numpang nanya nich…….
    klo mo masuk ke univ di India yang tanpa test, univ mana aja yang memberikan option tsb.???
    n gimana prosedur-prosedur na????

    thx 4 ur help…….

    salam. daftarnya sudah tertera disini mbak. mengenai prosedur, kami telah membentuk panitia pendaftaran mahasiswa baru, dan calon mahasiswa baru ini harus mengirimkan dokumen2 yang dibutuhkan untuk pendaftaran seperti ijazah, SKHUN, fotocopy passport, english birth certificate, toefl certificate, photographs, CV, recommendation letter, signature samples, office seal, dan application form (silahkan download dari univ yg dituju lalu diisi dan dikirimkan kesini). atau mbak bisa email ke univadmission.ppiindia@yahoo.com untuk lebih jelasnya. pemberitahuan selanjutnya akan kami posting. terima kasih.
    FM

  125. saya dokter bedah dan ingin melanjutkan pendidikan super spesialis di tata memorial. dimana saya bisa mendapat info ya?

  126. assalamu’alaikum wrwb.
    bung admin yth.
    saya mau tanya tantang pendidikan setingkat SMA/SMK (vocation) di India dan prosedur pendaftarannya dan persyaratannya bagaimana? Anak saya thn 2009 ini baru mau lulus SMP. terima kasih informasinya.jawabannya kami tunggu yah.
    salam

  127. namaste,
    mas or mbak di ppisaya mau tanya, jurusan pendidikan agama hindu di india yg jenjangnya s-1 da gak ya?yg melalui beasiswa iccr.lo da enaknya di uinersitas mna ya yg bagus, kmrn tu saya da ikut melalui ccr,kira kira informasinya berapa lama ya..jawabanya aku tunggu ya.

    pengumuman sekitar bulan juni-agustus

  128. maaf mbak /email ku kok gak di balas2.terimakasih

  129. Assalamualaikum wr.wb

    Saya ingin informasi, apakah ada batasan usia untuk program beasiswa? karena selama ini saya hanya sibuk bekerja dan tidak ada kesempatan untuk kuliah. Namun akhir akhir ini niat untuk kuliah sangatlah besar terutama kuliah di india karena kebetulan saya pernah bekerja di india.
    Terimakasih,

    Wassalamualaikum wr.wb.

    tidak ada

  130. ass wr wb
    apakah saya yang sekarang kelas 3 SMA bisa mendaftar di univeritas di India untuk tahun ini?

    Terima kasih
    setelah anda mendapatkan ijazah SMA, segera hubungi kami untuk melihat apakah masih ada universitas yang masih membuka pendaftaran. Karena tiap tahun waktu penutupan pendaftaran berubah-rubah. Biasanya sampai bulan Juni/Juli anda masih bisa masuk ke universitas reguler

  131. ass wr wb
    Salam kenal untuk semua rekan-rekan ppi. Saya memiliki keinginan untuk meneruskan s2 di bidang bioteknologi. Saya minta tolong di universitas mana sebaiknya mengambil program tersebut.
    terima kasih atas bantuannya
    Wassalam

  132. ass wr wb
    Saya berkeinginan untuk meneruskan pendidikan s2 dalam bidang bioteknologi. Saya ingin meminta bantuan kepada rekan2 di PPI untuk memberikan masukan dimana sebaiknya saya mengambil program tersebut.
    Terima kasih atas bantuannya.
    Wassalam

  133. mas saya mau kuliah perfilman di india tolong kasih infonya tentang nama universitasnya apa dan biayanya.thanks

  134. assalamualaikum…
    saya mahasiswa farmasi yang akan lulus bulan july 2009
    ada gak beasiswa ke india yang pendaftarannya setelah july,,,mohon infonya..terima kasih

    Waalaikumsalam.
    Beasiswa ICCR India hanya dibuka pada bulan Desember. Terima kasih
    ZIP

  135. namaste,
    saya sudah mendaftar ikut program beasiswa ICCR sejak January 2009 dan kemudian mengikuti test bahasa inggris melalui sekolah SPINS di surabaya.
    sampai dengan saat ini, saya belum mendapatkan pemberitahuan lanjut tentang program beasiswa ini.
    yang ingin saya tanyakan, kapan pengumuman hasil test?
    kalopun berhasil apa sajakah yang harus disiapkan selain paspor dan visa, mengingat saya belum sekalipun ke luar negeri?
    yang pernah saya baca ketika mendaftar beasiswa ini, bagi mahasiswa yang menempuh kuliah di bidang pendidikan (agar bisa jadi dosen atau guru) diberikan tiket PP india-indonesia, apakah benar demikian?
    terima kasih atas respon yang diberikan

    1. Pengumuman penerimaan beasiswa biasanya akan diberitahukan sekitar pertengahan bulan Juli-Agustus.
    2. Tentunya mbak Diana harus mempersiapkan berkas2 pendaftaran. Untuk persiapan lainnya, seperti halnya barang2 ketika hendak bepergian.
    3. Untuk pertanyaan ketiga, mbak Diana bisa menanyakan langsung ke perwakilan India di Indonesia. Terima kasih
    Semoga berhasil.
    ZIP

  136. saya sudah mendapat pengumuman iccr, bahwa saya diterima di english and foreign language university, hyderabad. untuk master degree, saya mengambil tesl. bisa tolong di informasikan masalah kehidupan disana?. tapi disisi lain saya masih bimbang dengan tiket yang harus bayar sendiri. dan apa saya di sana nanti bisa nyambi kerja gt. thanks mas mb.

    mas atau mbak bisa menghubungi satia pradana melalui sapradana@yahoo.com

  137. hei…nama saya, saya pengen kuliah di luar nich!!!
    tapi pengennya dapet beasiswa aja soalnya ekonomi juga kurang ok
    saya jurusan pendidikan akuntansi, kira-kira ada gak disitu?

    Ada

  138. kapan pembukaan beasiswa tahun depan?
    apa untuk pertengahan thn ini ada beasiswa yang dapat digunakan bila ingin mengambil S2 bidang komputer? tks

  139. kapan pembukaan beasiswa tahun depan?
    apa untuk pertengahan thn ini ada beasiswa yang dapat digunakan bila ingin mengambil S2 bidang komputer? tks
    mohon infonya

    1. Beasiswa ICCR dibuka bulan desember tiap tahunnya.
    2. Pertengahan tahun ini tidak ada beasiswa ke India.
    ZIP

  140. assalamu’laikum….allow semua…
    nama saya ika sri kusumaningrum, alumni IPB. waktu kuliah kemarin saya ambil major hortikultura…sekarang saya bekerja di kaltim sbg peneliti di lab kultur jaringan. ada beberapa info yang mau tanyakan..mohon bantuan ya…

    insyaalah awal oktober 2009 ini saya akan ikut short course ttg genetika tanaman di MS. Swamanathan Research Foundation, Chennai (5-23 Oktober). Short coursenya kerjasama dengan Wageningen International. short course ini akan dilaksanakan di 2 tempat, term 1 di chenai, term 2 di jeypur…..

    Pertanyaan saya adalah..

    1. kira2 berapa biaya yg harus saya siapkan untuk bisa ke chennai dan jeypur (jakarta-chennai-jeypur-jakarta) dalam dolar us? berapa lama waktu yg diperlukan dlm penerbangan? sebaiknya bagaiman rute yg harus saya ambil?

    2. lalu bagimaan dg airport tax dan fiskalnya? kebetulan ini kali pertama saya ke luar negeri

    3 bagaimana cara pengurusan visa buat short course tsb? siapakah yg bisa saya hubungi di kedubes india di jakarta? saya sudah tlp kesana, biayanya sekitar 1 juta..tapi adakah kemungkinan bisa apply gratis?

    4. bagaimanakah sistem dan biaya transportasi di chennai dan jeypur? andai saya mau jalan2 keluar, baiknya bagaimana ya??

    5. kira2 berapa biaya dibutuhkan untuk akomodasi (sewa hotel) dan makan sehari2 di chennai dan jeypur?

    6. tempat wisata mana saja yg bisa saya kunjungi selama di india? terutama yg dekat dg tempat training?

    7. 1 dolar berapa rupee ya sekarang?

    8. adakah mahasiswa indonesia atau warga indonesia yg berdomisili di chennai dan jeypur? saya akan sangat senang jika bisa bertemu sesama orang indonesia di india….

    sekian pertanyaan saya..mohon maaf sangat banyak…tapi saya sangat memerlukan info tersebut. saya tunggu balasannya
    terima kasih banyak sebelumnya…

    salam,
    ika sri
    ichacxmail@yahoo.com

  141. Om Swastiyastu, Namaste.. ^^

    Saya tertarik untuk uliah di india di bidang “Teknologi Informasi” (Information System) atau komputer. Kiranya adakah universitas yang baik dalam bidang tsb? lalu apakah ada beasiswanya? Thanks…

    Sdr. bisa merujuk ke Delhi Univ., Jamia Millia, Pune Univ., Osmania ato hyerabad univ. utk jurusan yg dimaksud. namun berkaitan dg beasiswa, beasiswa India hanya dikelauarkan pemerintah India tiap tahunnya yg dibuka tipa bulan desember. Trims

  142. Saya adlah mahasiswi lulusan Univ.Syiah Kuala Banda Aceh. Saya sangat tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke S-2. Pilihan saya antara lain jurusan kesehatan ibu & anak (child & maternity health), aviation medicine, atau emergency medicine. Kira2 ada gak jurusan2 spt itu di universitas di India? Kalo ada, di universitas apa aja? Apa ada beasiswa untuk bidang studi tsb? Kalo ada, gimana cara dapetinnya? Trima kasih byk ya…

  143. saya juga tertarik untuk kuliah di India, apa ada S3 jurusan islamic economic , s1 dan s2 saya ekonomi Islam atau s2 manajemen. Bagusnya universitas apa ya,makasih banyak atas infonya..

    Salam, jurusan ekonomi islam belum begitu populer di India. Disini masih banyak di dominasi oleh materi kuliah dengan muatan ekonomi konvensional. ZIP

  144. univ terbaik di india untk IT apa y???
    n bagaimana cara masuk ke sana???

    universitas paling bagus utk IT di IIT Bangalore. Tapi kemungkinan mahasiswa luar bisa masuk kecil sekali. Utk alternatif bisa ambil yg universitas negeri di India yg lainnya; misal Delhi University, Jamia Millia Islamia, Pune Univ., Osmania Univ. n Hyderabad Univ.

  145. Saya lulusan sma 08 mw cari beasiswa S1 India,trus program beasiswa yg ad tiap desmber ntu ad yg bwt S1ny gk?trus gmana mslh bahasa bgi mhsswa Indo. dsna? Trmksh.

    Mas Cheetah, beasiswa ICCR utk semua jenjang dari S1 sampai S3. Di India, mayoritas medium pengajaran menggunakan bahasa inggris. Trims. ZIP

  146. salam kenal, lagi jalan-jalan ketemu web ini dan saya tertarik…
    kalau di india, universitas yang ada s2 untuk perfileman dan acting ada di universitas apa? apa mereka bekerjasama dan memberikan beasiswa? thank’s before

  147. Salam

    Saya Fathia mahasiswa S2 Development Study ITB. Saya tertarik dengan beasiswa untuk program short course, study tour, intership atau workshop selama winter break 2009/2010 mengenai Development Study dgn topik-topik seperti poverty reduction, community development, CSR atau penyediaan air bersih atau topik2 lain yang relevan dengan studi saya. Apakah program2 seperti itu tersedia dan dimana saya bisa mendapatkan informasinya? Terima kasih.

    Regards

  148. salam,
    tanggal 31 Agustus kemarin saya mendapat pemberitahuan ICCR bahwa saya telah diterima di SVNIT surat, bagaimana saya kesana??? apakah ada yang bisa saya hubungi??
    kemungkinan saya akan berangkat dari Jakarta ke Delhi tanggal 9 September ini. Saya belum tahu jalur untuk ke Surat, Gujarat.
    Mohon bantuannya.
    Trims

    Salam,
    Mas Athirah diterima di universitas apa? saat ini sudah tidak ada mahasiswa kita yang kuliah di gujarat. ada pun satu, Asrie, beliau akan pindah ke rajasthan. anda bisa menghubungi nomor ini Asrie Tresnady (mahasiswa musicology, Gujarat): +919726075025.

  149. Mohon info:
    1. Daftar perguruan tinggi negeri di India.
    2. Anak saya berminat untuk mengambil s1 di bidang bioteknologi, mohon masukannya untuk PT yang sesuai.
    3. Apakah ada batasan minimal usia u/ bersekolah di India, mengingat anak saya belum berusia 18 tahun. Jika harus ada guardian di India, bagaimana mengatasinya karena kami sama sekali tidak memilikinya?
    Terimakasih.

    1. silakan bisa browsing di internet.
    2. tp kami merekomendasikan: jamia millia islamia, delhi university, pune university, osmania university dan hyderabad university.
    3. tidak ada batasan minimal usia. asal memegang ijazah senior high school dapat mengajukan pendaftaran.
    4. Guardian bisa diambil dari teman se-negara jika di district tersebut ada.
    ZIP

  150. selamat pagi saya made mahasiswa d3 akuntasi Ui,saya mw nanya kalo di india bisa lajutin s1 ga?terus biasanya ada beasiswa ga?

    halo Made Umumnya univ2 di India adalah untuk undergraduate,postgraduate dst. Kalau untuk D3 tidak ada. Program ekstensi dari D3 ke S2 juga tidak ada. Jadi kalau mau daftar kuliah di India harus dr awal. Beasiswa dari India hanya melalui ICCR. Bisa ditelusuri di postingan2 sebelumnya tentang ICCR atau ke website ICCR langsung.

  151. Mohon info kepada teman2 di India.
    1. Bila permohonan beasiswa ICCR ditolak, apakah otomatis PT yang ditujupun ditolak? Artinya, mungkinkah ada alternatif bahwa bila beasiswa ditolak maka calon tersebut bisa saja diterima di PT tersebut tetapi harus membiayai sendiri?
    2. Apakah seseorang bisa mengajukan pendaftaran dengan biaya sendiri ke PPI India tetapi juga mengajukan permohonan beasiswa ke IICR dengan mengambil PT yang sama?
    3. Bagaimana dapat memperoleh buku2 soal ujian terdahulu seperti yang disarankan pada pertanyaan sebelumnya diatas?
    4. Kota-kota mana saja yang ada PT bagus namun tidak terlampau dingin.
    Terimakasih.
    1. Ya. Saat beasiswa ditolak, tidak ada jalur self-finance setelahnya.
    2. Bisa. Kami sarankan bukan pada PT yang sama, karena bila sama akan mengalami overlapping pada penyaringan di universitas yang bersangkutan. Hal tersebut malah menutup kesempatan memperoleh beasiswa.
    3. ujian yang dimaksud apa ya?
    4. Delhi, Pune, Hyderabad, Bangalore.
    ZIP

  152. Terimakasih u/ infonya. Bahan ujian yang saya maksud pada no 3 adalah bahan ujian untuk tes masuk perguruan tinggi di India. Ada saran pada pertanyaan2 sebelumnya yang saya baca bahwa sebaiknya para calon pendaftar mencoba latihan dengan bahan2 ujian terdahulu yang banyak dijual disana.

    Ada kemudahan bagi mahasiswa foreign. Pendaftaran masuk bagi mahasiswa foreign tidak melalui tes masuk. Tapi tiap universitas mempunyai proses seleksi yang berbeda2. Tergantung jurusan apa yang mau Lin ambil. ZIP

  153. halo, nama saya firza.
    saya ingin ngambil art and design di india .
    tapi saya gak tau mau ngambil di universitas apa .
    bisa tolong rekomendasikan beberapa universitas yang bagus art and design nya gak ya ?

    thanks before =)

  154. Assalamu ‘alaikum,
    Saya lulusan T.Mesin UNSYIAH. Kebtulan baru aj wisuda Sabtu kemaren. Saya tertarik untuk melanjutkan studi pasca sarjana (S2) saya ke India. Tentunya bidang yg saya mau ambil nantinya tidak jauh dari T.Mesin. Kemungkinan saya mau mempelajari IT nya Mesin seperti microcontroler/ numerical control/konversi energi. Pertanyaan saya ;

    1. Adkah institut teknologi yg bagus yg menyediakan beasiswa untuk bidang yg saya mau ambil?
    2. Sekarangkan november 2009. Awal desember ini akankah dibuka pendaftarannya ?
    3. Apakah saya harus pergi langung ke konsulat india di Medan untuk memperoleh informasi penerimaan pendaftaran beasiswa dan pengurusan berkas2 lainnya ? apakah tidak bisa via email / pos ?

    terimakasih atas penejlasannya.

    wassalam,
    T.Mahfud

  155. saya saat ini bekerja sebagai pegawai negeri sipil di pemerintahan daerah, apakah ada beasiswa untuk PNS di Pune?karena saya berminat sekali untuk bisa mengambil S2 Sosial/Komunikasi di Pune. terima kasih sebelumnya

    beasiswa G to G untuk jurusan tersebut belum tersedia. Anda bisa apply pada beasiswa GCSS ICCR (general). ZIP

  156. Hallo,
    sy hadi, mahasiswa akhir pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. sy ingin menanyakan apakah Pembukaan Beasiswa India Tahun Akademik 2010/2011 sudah dibuka at belum. Jk sudah,dimana kira2 sy dapatkan informasi lebih lanjut.

    Mohon informasinya
    Thanks,

  157. hi.
    saya Dedy, dari politik UGM.
    di India, ada saran Univ mana yang bisa menerima mahasiswa asing, dalam kerangka perukaran pelajar, khusus untuk jurusan ilmu politik dan pemerintahan.

    standar biaya hidup disana bagaimana?

  158. ass.wr.wb
    hi,saya esti , saya baru akan lulus sekolah sma tahun depan,saya mempunyai rencana melanjutkan ke perguruan tinggi di india .yang mau saya tanyakan adalah :
    1.perguruan tinggi manakah yang bagus di india untuk kedokteran ?
    2.apa yang harus dipersipkan untuk kesana ?
    3.bagaimana saya bisa mendaftarkan diri ke peruguruan tinggi disana ?
    4.bagaimana biaya hidup disana ?

    terimakasih , mohon bantuannya

  159. mau nanya kakak2 di PPI, klo ngambil S2 politik di Universtas mana ya???

  160. Saya berusia 33 tahun saat ini dan ingin melanjutkan s-2 di India dibidang akuntansi Apakah ada beasiswa untuk bidang akuntansi? apakah usia saya masih memenuhi persyaratan?

    Ada. beasiswa ini tidak membatasi umur. ZIP

  161. saya ingin melanjutkan pendidikan spesialisasi kebidan dan kandungan di india yaitu pendidikan sub-spesialis onkologi ginekologi. rumah sakit apa di india yg bisa menerima saya? apa saja syaratnya ? berapa biayanya ? bisa gak pendidikan gratis ?

  162. ass wr wb
    hi, saya fe

    saya ingin melanjutkan sekolah ke universitas di India dengan jurusan ilmu komunikasi. ada beberapa hal yang saya masih sedikit bingung. apakah mahasiswa dari luar negeri harus mengikuti kursus bahasa india di sana (seperti yang dilakukan negara lain)? lalu, bahasa apa yang biasanya dipakai oleh para pengajar di sana? apakah mereka memakai bahasa inggris dalam metode pengajarannya? lalu, saya mohon sarannya, kira-kira universitas mana yang cocok dengan pilihan jurusan saya ini.lalu syaratnya bagaimana? terima kasih banyak n_n

    1. Medium perkuliahan di India menggunakan bahasa inggris
    2. memangnya sdr. fae mau ngambil jurusan apa gerangan? ZIP

  163. oh ya, maaf, ada yang lupa, hehehe… n_n
    kira-kira test toefl nya harus punya skor berapa ya?
    lalu, bagi foreign student harus ada test masuknya ga?

    terimakasih banyak.. ^_^
    utk beasiswa batas min. toefl 500 sedangkan untuk self finance belum dibebankan kewajiban mengikuti toefl. keduanya melalui test masuk kecuali beberapa universitas. ZIP

  164. Mas, tolongan bantuannya….saya pengen ngelanjuti S2 agriculture dimana yang bagus ya ? kalau biaya sendiri berapa kira2 termasuk biaya hidup ? berapa tiket pesawat ke india ? bagaimana kiat supaya masuk tanpa test ? . terima kasih ya

    Untuk agriculture universitas dan institut2 di bangalore sangat direkomendasikan,

  165. Hiii, saya ingin melanjukan S2 di India yang linear dengan bidang saya yaitu pendidikan akuntansi atau akuntansi murni, mohon bantuannya untuk mendapatkan informasi beasiswa untuk saya peroleh dan saya dapat kuliah di India,… sekalian universitas yang relevan dengan bidang saya. terima kasih

    Untuk akutansi, jurusannya adalah Master of Commerce, hampir semua universitas besar di India menyediakan jurusan ini.

  166. jika jurusan S-2 untuk “akustik atau suara dan getaran” ada mggak di INDIa ?

    Thanks

  167. saya sudah menyelesaikan s2 profesi psikologi, tetapi saya ingin mengambil s2 lagi yang berkaitan dengan psikologi konseling anak atau keluarga. Bisa tolong rekomendasikan universitas yang bagus dan menyediakan beasiswa untuk program tersebut. terimakasih.

    Jamia Milia Islamia dan Delhi University menjadi rekomendasi kami untuk jurusan psikologi, selamat mencoba.

  168. hy mba, mas……
    dah lama saya niatan buka info beasiswa ke india
    tp saya bingung.saya sekarang sudah diterima di Institut Pertanian Bogor jurusan konservasi sumber daya hutan dan ekowisata.

    saya berminat mempelajari budaya dan tempat wisata di india,
    menurut mba apa saya bisa n ada yg cocok jika saya kuliah di india dg bidang yg saya minati tadi????

    n gmn dg kuliah saya S1 ini????
    apa diselesaikan dulu????
    karna biaya juga ga ringan. apa ada kemudahan yg diberikan pemerintah????
    maksih.

    Ini lebih kepada pilihan ayu sendiri, kalau saran kami sambil melamar beasiswa ke india, kuliah tetap dilanjutkan, kemudian kalau keterima bisa membuat pilihan di kemudian hari, jika tidak diterima, kuliah yang di IPB masih bisa dilanjutkan. Tapi semuanya kembali ke ayu sendiri lagi

  169. Hi,

    Saat ini saya bekerja di salah satu organisasi internasional di jakarta dan saya tertarik untuk mengambil short course di India di bidang Accounting / Finance / Office managament untuk periode 2010.

    Bisa tolong dimana saya bisa dapatkan informasi mengenai kursus tersebut, kapan terakhir pendaftarannya, berapa lama kursusnya dan berapa biaya nya?

    Sebagian besar informasi bisa di cari di google.com, kemudian jika sudah jelas seperti di kota mana anda ingin mengambil course, tipe course dan waktunya kemungkinan besar kami bisa membantu untuk men follow up

  170. maaf sebelumnya, bisa ga saya mendapat informasi tentang jadwal sholat dan arah kiblat di daerah newdelhi india di bulan januari 2010?tolong dikirim ke email saya di wahonot@yahoo.com, jazakallohukhoir.

    salam, ini bisa di check di professor google. atau mampir saja ke KBRI New Delhi saat shalat jum’at.. SP

  171. Assalamualaikum..

    nama saya Difa, saya lulusan D3 Managemen Informasi,,saya tertarik sekali melanjutkan S1 di India (entah kenapa..hehehe) bagaimana saya melanjutkan kuliah S1 disana?apa saya harus mengulang dari awal?seperti baru lulus SMA atau melanjutkan dari D3 langsung S1? karena yang saya tw kuliah S1 di India hanya 3 tahun,,apakah bisa melanjutkan dari D3,dan kira2 berapa lama?

    Terima kasih :D
    Buat difa, untuk melanjutkan saya rasa akan sulit, kemungkinannya adalah mengulang atau bisa juga ditelaah kemungkinan langsung lanjut S2 dengan pertimbangan durasi D3 di Indonesia sama dengan durasi S1 di India. Ini bisa di check di Dikti Indonesia atau langsung di tanyakan ke universitas yang dikehendaki..

    • kira ada referensi ga universitas yang jurusan MI atau SI nya bagus?
      **sangat berharap bisa melanjutkan kuliah dsana :)
      terima kasih..

  172. minta tolong dong… pengen tau cara untuk ambil beasiswa S2 jurusan akuntansi… thx banget sebelumnya…. salam

    caranya sama dengan jurusan s2 lainnya.

  173. Assalamualaikum..
    ana reza,,,,
    boleh tau ga akh????
    akhi kabir yang udah lulus,,,,interview-nya ditanya apa aja sich?????
    soalnya kalo speaking ana kurang lancar,,,
    jadi harus dipersiapkan,,,,
    hehehe,,,,
    syukran!!!
    wassalamu`alaikum,,,

    Waalaikumsalam.,
    dari pengalaman ada beberapa hal yang biasanya ditanyakan yaitu, ceritakan tentang diri anda, kenapa pihak pemberi beasiswa harus memilih anda dibandingkan pelamar yang lain(ap[a kelebihan anda), apa motivasi anda untuk kuliah di india, apa yang akan anda lakukan setelah pulang dari India, kemudian terkadang mereka akan menanyakan ilmu-ilmu dan theory dari jurusan yang anda pilih. Semoga berhasil
    satia

  174. Saya ramdan, yang saya ingin tanyakan tentang beasiswa S3 jurusan finance di india, perguruan tingga apa saja yang di india yang mempuanyai jurusan tersebut, dan kira2 berap biayanya..

  175. assalamualaikum
    met sore kakak2 semua
    aku mau tanya nih
    kalo untuk ambil S2 matematika bagusnya di univ mana ya?
    beasiswa ini kuotanya berapa?
    trus, kalo belum punya pengalaman kerja gimana?
    berlakukah untuk fresh graduate?
    makasih banyak ya atas jawabannya
    wassalamualaikum

    Waalaikumsalam.
    1. s2 matematika bisa merujuk ke: delhi university, jamia millia islamia, pune university atau osmania university.
    2. kuota beasiswa tahun ini meningkat menjadi 30 yang sebelumnya 28
    3. fresh graduates bisa turut serta. ZIP

  176. good afternoon,
    i appreciate to your information about scholarship in india. Actually my back ground is educational management. And i want to look for some information about scholarship in India that can relevant with my back ground. what university u think good for me and how to apply? thank`s a lot.

    u may go to these universities and googling the website for further information: jamia millia islamia, delhi university, pune university or anna university. thanks. ZIP

  177. Saya Alumni S2 ITS. Teknik Informatika.dengan Field Study IT Governace,mohon info terkait dengan Universitas dn persyaratan administrasi pendaftaran perkuliahan di INdia thx

  178. apakah program master dan Phd untuk medical (kedokteran) masih belum ada program scholarshipnya ?

    saat ini masih belum tersedia. ZIP

  179. ass,
    adkahbeasiswa S1 farmasi india??
    krna sy lulusan smk farmasi
    apkh tes tofl diajibkan?

  180. mohon pencerahan,

    sy alumni D3 Tek.Sipil ingin melanjutkan studi,
    kata dosen sy bisa langsung S2 tanpa melalui S1 di univ. Rookie india, apakah benar?

  181. saya dapat panggilan untuk tes bahasa inggris dan interview, untuk yang dipanggil (seleksi) interview dan tes bahasa inggrisnya kira-kira berapa banyak ya (orang) ?

    silakan tanyakan ke kedutaan india di jakarta atau perwakilan di Bali dan Medan. ZIP

  182. hallo,
    saya mahasisiwa semester 2 fakultas ekonomi universitas trisakti jurusan akuntansi,,,
    saya ada rencana mau kuliah ke india….
    tepatnya di university of pune pada bulan juni…

    apakah tamatan dari bussines of commerce dari universitas pune dapat di akui di seluruh perusahaan di dunia…???
    dan kalo boleh saya mau tau tamatan dari pune university khususnya faculty of commerce bekerja dimana saja???
    agar saya dapat meyakinkan orang tua saya untuk dapat berkuliah disana….
    pliz reply…..
    thanks a lot……

    simon.

  183. namaste,
    sya desty. sya ingin kuliah di india jurusan kedokteran, tpi sya ingin mndptkan program beasiswa, bgmna caranya?

    sampai saat ini belum tersedia beasiswa India untuk jurusan kedokteran kecuali mungkin kerjasama antar instansi. ZIP

  184. Saya ingin beasiswa S3 di India, kalau ada informasi tolong email ke mustolih_brs@yahoo.co.id. Terimakasih sebelumnya.

  185. namaste..
    saya lulusan baru s1 manajemen informatika, rencananya ingin mengikuti beasiswa S2 ke india. karena saya sangat tertarik dengan kebudayaan india. bisa kasih saya info2 mengenai beasiswa tsb?
    sukriya

    Seleksi beasiswa ICCR sudah dilaksanakan 5 Februari yang lalu. Bisa dicoba tahun mendatang. ZIP

  186. salam..

    saya sangat ingin bersekolah si india.. apalagi dengan adanya beasiswa ini,, saya harap saya bisa menggapai harapan saya itu..
    yang ingin saya tanyakan adalah
    – adakah universitas di daerah luknow yang dapat menerima siswa indonesia dari beasiswa ini??
    – pada tanggal berapakah tepatnya info penerimaan beasiswa dan segala administrasinya?
    – kepada siapakah saya mencari informasi tentang beasiswa ini?

    sekian pertanyaan dari saya.. saya mengharapkan respon yang positif dari kedutaan india.. terimakasih..

    wassalam

    1. Ada. Lucknow University.
    2. Info penerimaan akan datang pada akhir Juni sampai akhir Juli
    3. Silakan hubungi perwakilan India di Jakarta, Bali dan Medan.
    * jawaban ini bukan berasal dari kedutaan India. melainkan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India. Terima kasih. ZIP

  187. Ass.
    saya kemarin sudah telpon k jakarta.. dsuruh telpon lagi desember .. krn buka pedaftran januari katanya.. krn s1 saya juga baru selesai agustus insya Allah…

    yg mau saya tanya..
    1. syarat2 beasiswa nya apa aja?
    2. Universitas Islam yg tbagus dsana apa? *saya s1 pendidikan bahasa Arab.

    saya mau ambil Islamic Studies.. mungkin juga mau di Arabic nya lagiii.. Trimaksih..

    Salaam

  188. I’m graduated from English literary in October last year…I’d love to learn something new and I hear about scholarship in India I’m glad if I can join with student in there learning together about art, culture and literary in the beauatiful place..which is India….please replay my passion…..thank you…

    • Dear Widia,

      For further information related to scholarship u may visit http://indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html
      download the application, fill it up, complete the documents and send it to the High Commission of India in Jakarta.

      All the best

    • and this december you can come to india embacy to get more information..so many student from indonesia take schollarship. and for English department you can get in university of pune, university of english and foreign language, university of mumbay and so on.better you come to india embacy in jakarta.

  189. I’m graduated from English literary in October last year…I’d love to learn something new (new? but actually I’ve learn about India from Internet & also got cross-culture understanding when I was in collage)
    and I hear about scholarship in India, I’m glad if I can join with student in there; learning about culture, art and literary in the beautiful place..which is India…please replay my passion …thank you so much ..

  190. I’m graduated from English Literary in October last year…..I’d love to learn something new and I hear about the scholarship in India ( new? actually I’ve learn about India from Internet & also got cross-culture understanding when I was in collage). I’m glad if I can join with student in there; learning about the culture, art and the literary itself in the beautiful place….which is India…please replay my passion…or call me up in no 081391241328….thank you…so much…

  191. ini gimana cara nya ngelamar yang beasiswa s1?
    saya murid kelas 3 sma, ingin kuliah di india, itu koq no telp yang bandung g bisa dihubungin ya? kalo diangkat malah langsung ditutup?
    mohon sarannya

    • Dear Rohman,

      Maaf yang di bandung itu siapa? apa dia bisa ngasih beasiswa yang di bandung!!

      Untuk informasi beasiswa langsung menghubungi ke Kedutaan Besar India di Jakarta, atau website PPI India ini juga bisa jadi rujukan, download formulir nya, isi, lengkapi persyaratan dan kirim ke Kedutaan besar india di Jakarta. nama beasiswa tersebut adalah ICCR dan untuk S1 berada dibawah General Cultural Scholarship Scheme.

  192. Untuk Master of Biomedical Engineering (BME) atau Master of Medical/Health Informatics ada program beasiswanya tidak ya? Jika ada tolong kirim ke email saya di ipulyst@yahoo.com saya lihat kemarin ada di New Delhi Technology Institute dan Indian Institute of Technology Roorkee tapi jurusan yang saya cari tidak ada. Padahal di India sangat terkenal dibidang Telemedicine dan BME

    Terima kasih
    Semoga Allah memberkahi anda semua.

  193. hai
    aku background S1 ekonomi accounting
    tapi mau ambil beasiswa s2 di india jurusan pendidikan, apakah ada? kalau ada apakah sama bahan2 yang perlu saya siapkan?
    thanks.

  194. lalu univ mana yg kira2 bagus yah?
    xie2 yah

  195. hai salam kenal,,,,
    aq Topikin dari bandung…..
    ingin bertanya,,,,, saya ingin beasiswa sekolah S2 di India,,,,
    langkah awal saya setelah lulus S1,, bagaimana?
    dan adakah jurusan ilmu ekonomi di India kajiannya koperasi ????

    Setelah lulus S1, Anda bisa melamar beasiswa ICCR di Indian Embassy di Jakarta. Biasanya beasiswanya buka bulan Januari setiap tahunnya. Jurusan ekonomi di India ada banyak, tapi yang khusus ke koperasi bisa di browsing langsung ke univ yang dituju biar lebih jelas.

    • sebenarnya di India ada universitas yang emang benar-benar bergerak dalam kajian koperasi tidak yah ???
      kalaupun emang ada ?? biasanya di universaitas mana ???
      hatur nuhun…

    • sebenarnya di India ada universitas yang emang benar-benar bergerak dalam kajian koperasi tidak yah ???
      kalaupun emang ada ?? biasanya di universaitas mana ???
      hatur nuhun…

  196. Halo, salam kenal. Nama saya Hary.
    Saya ingin menanyakan apakah ada beasiswa s1 farmasi di India, karena saya berasal dari SMK farmasi.
    Jika ada, universitas apa yang cocok untuk saya.
    Jika ada, apakah tahun kelulusan dibatasi, karena saya lulus tahun 2006.
    Saya juga ingin tahu tentang syarat2nya.
    Atas bantuan kakak-kakak, saya ucapkan terima kasih banyak.

  197. Halo..salam kenal.. sya bagus..saya mau nanya klo mau nerusin kuliah S2 di India, tentang peternakan di UNIV..mana ya??? trus kira2 biayanya berapa??

  198. Selamat pagi…
    Saya mau ambil s2 tentang art jewellery…universitas di india adakah?Selain itu saya bisa mencari dosen pembimbing dahulu..contac person or email yang bisa dihubungi..salam hangat..

  199. Selamat Sore ….
    Kalau ingin mendapatkan beasiswa s2 ataupun kursus singkat di india tentang sistem informasi geografis & remote sensing, bagaimana ya?, saat ini saya bekerja di Departemen Kehutanan pada Balai Penelitian Kehutanan. mahon saran dan pencerahannya.
    Terima Kasih

  200. Assalaamualaikum Wr. Wb.
    Nama saya FITHRI. Saya lulusan S-1 Pend. Fisika UNESA 2009. Bulan Jan 2010 saya daftar dan ikut tes ICCR Sholarships. Alhamdulillah, akhir Februari saya dihubungi pihak embassy india di jakarta dan diberitahu bahwa saya mendapatkan beasiswa ICCR itu. Tapi, sampai sekarang kok tidak ada kabar?apa saya memang benar-benar keterima? saya sudah hubungi lagi embasy india di jakarta,mereka bilang bahwa saya diminta menunggu proses dari india karena sebelumnya saya diminta untuk melengkapi persyaratan.
    BTW, berapa lama urusan di India itu selesai?
    Kapan saya bisa dapat kabar selanjutnya tentang keputusan saya diterima utnuk beasiswa ICCR?
    Berapa besar beasiswa ICCR yang diberikan tiap bulannya?
    Apakah tiket pesawat, visa, dan passport termasuk fasilitas dari beasiswa ICCR?
    Saya juga minta tolong untuk dikirimi info tentang beasiswa ICCR dan bagaimana proses administrasi dan keperluan ketika di india.
    Terima kasih.
    Wassalam

  201. hai..saya Faza mahasiswa S1 jurusan Sistem Informasi ITS. saya pengen nglanjutin S2 di Indian Institute of Technology Bombay di computer science.adakah beasiswa yang kesana tahun 2011-2012?syarat2nya apa saja?sekarang saya masih duduk di semester 6.dan saya ingin setelah lulus sudah langsung disana.

  202. halo pengurus PPI india, saya kemarin apply beasiswa ini untuk tahun 2010. kira kira pengumumannya kapan ya? bulan maret kemarin sudah sempat wawancara di kedutaan india, cuman saya belum tahu jadwal pengumuman berikutnya. mohon infonya,
    thx

    Biasanya pihak yang bersnagkutan akan langsung dihubungi oleh Indian Embassy di Jakarta jika beasiswanya diterima. Silahkan hubungi kedutaan untuk informasi lebih lanjut.

  203. saia mao ambil jurusan IT di india kira-kira universitas mana yach yg bgus disana……..???

  204. kak tlg dong kasih saya masukkan persiapan apa yg harus saya persiapkan utk lanjut ke Ph.D program di IIT Roorke, pada bidang civil eng, apakah ada kakak yg pnah mendapat scholar disana, adapun saya bid terkahir ygsaya ambil yaitu bid struktur teknik sipil UGM, Yogya, mohon kakak klo ada infonya kemana saya email,sy da konform ke embasssy di medan dan jkt tp belum mendapatkan jawaban

  205. hallo, nama saya rifa. apakah tersedia beasiswa s1 ekstensi untuk jurusan periklanan ? terima kasih

  206. hai all,,

    adakah yang tau kalau mau lanjutkan program master untuk jurnalistik ataupun ilmu komunikasi di india bagusnya universitas apa ya?

    adakah anggota ppi yang mengambil jurusan seperti saya?

    tengkiu.

  207. selamat pagi
    salam kenal,,,sy annisa
    kira2 ada program student exchange ga?ato semacam pertukaran budaya dan belajar bahasa india beberapa bulan…..
    mohon informasinya ya??/terima kasih banyak (^,^)

    silakan tanyakan langsung ke kedutaan India di jakarta. setahu kami biasanya ada baik itu govt to govt maupun non govt. ZIP

  208. halo kakak2 semua,
    mau tanya nih
    kalo melihat kualifikasi yang disyaratkan insyaallah saya mememuhi
    sebab TOEFl sudah mencapai 500 dan IPK 2,75
    tapi karena saya pernah sakit beberapa bulan,
    maka kuliah saya tidak tepat 5 tahun (ngaret gitu lulusnya)
    kira2 adakah kesempatan untuk saya daftar beasiswa ICCR ini?
    makasih kak atas jawabannya
    rencananya tahun depan saya daftar beasiswa ini
    doakan ya kakak2 semua

    Kami doakan semoga cepat sembuh. kesempatan untuk daftar masih terbuka lebar. semoga sukses. ZIP

  209. hai, nama saya dani saya mahasiswa d3 teknik elektro politeknik ui, tahun depan insyaallah setelah kuliah saya selesai saya ingin mengambil beasiswa ke IIT india. persyaratannya apa saja ya selain itu, agar saya bisa menyiapkannya untuk tahun depan. dan tolong diberitahu tanggal pendaftaran untuk 2011-2012 ya. makasi

  210. Salam kenal.
    Pada awal tahun saya mengajukan aplikasi beasiswa pada kedutaan India di Jakarta, dan alhamdulillah mendapat kesempatan untuk tes di kedutaan. yang ingin saya tanyakan dan minta tolong adalah dimana saya dapat info calon mahasiswa India yang lolos penjaringan, karena sampai saat ini masih belum ada informasi yang masuk, baik dari situs maupun e-mail. Mohon bantuannya, terima kasih.

  211. Numpang nanya nih, saya berniat mengajukan beasiswa untuk IT/Accounting di DU atau India Institute of Techonology Kanpur..
    Untuk apply, apakah saya harus mengikuti tes dari universitas lagi ?

    rencana mau ambil bachelor ato master ya? ZIP

    • ambil bachelor..

      untuk IIT Kanpur kami belum mempunyai kejelasan informasi. Karena sampai saat ini belum ada mahasiswa Indonesia yang belajar disana. Tapi saudara bisa langsung menghubungi pihak universitas yang bersangkutan. Untuk DU, saudara bisa mengikuti test ICCR tahun depan. trims. ZIP

      • ohh, gitu ya..
        Klo untuk IIT Bombay ?
        Tes ICCR hanya berupa tes bahasa Inggris atau ada tes materi lain yg grs dipersiapkan ?

  212. Assalam,
    Mohon ma’af sebelumnya kalo merepotkan, mau nanya nih. Saya sekarang sedang bekerja di Jakarta sebagai programmer kurang lebih 1,5 tahun. Yang ingin saya tanyakan,

    1. Saya itu alumni D4(setara dengan s1) Teknologi Informasi, apakah bisa ngelanjutin S2 di India? entah itu bea sendiri ataupunt beasiswa? Sebab, menurut aturan Diknas, harusnya saya bisa ngelanjutin langsung ke s2, apakah itu berlaku juga di India?

    2.Jika saya ingin ngelanjutin S2 tek. Informasi, sebaiknya ambil di kampus mana?

    3.Jika saya ingin dapat beasiswa, gimana prosedurnya? jika bea sendiri, gimana prosedurnya & berapa kira2 total biaya semuanya?

    Sekian pertanyaan saya, mohon ma’af jika terlalu banyak. Saya saya berharap informasi dari pak moderator. Terima kasih banyak.
    Wassalam

    • Dear Didi,

      1. Penyetaraan ijazah oleh pemerintah India diatur oleh University Grant Commission (UGC), namun bila ingin melamar melalui beasiswa penyetaraan ijazah tersebut bisa langsung diatur dari kedutaan besar India di Jakarta.
      2. S2 Teknologi IT yang terbaik adalah IIT Ahmedabad, tapi bila ingin ngumpul sama teman-teman Indonesia lainnya, kebanyakan mahasiswa kita ada di IIT- Roorkee.
      3. cara mendaftar beasiswa, silahkan datang langsung ke Kedutaan Besar India di Jakarta, atau bisa mendowload formulir nya di Internet, kemudian mengisi dan melengkapi segala persyaratan serta mengirimkan nya ke kedutaan besar India di Jakarta. jika biaya sendiri, untuk IIT akan sangat mahal sekali, dan tidak terjangkau oleh kita. lebih baik mengambil di universitas central, seperti University of Delhi, University of Hyderabad, Jamia Millia University, Aligarh Muslim University, dll, semua universitas tersebut adalah Central Universities, yang memberikan biaya kuliah jauh lebih murah.
      Lengkap nya silahkan browsing ke website kedutaan besar India di Jakarta: http://www.indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html

      Wassalam

      • Terima kasih atas informasinya,

        Hmm, kalo boleh tahu lagi kira2 kalo bea sendiri berapa ya total biayanya?
        Terus kalo semisal udah dapat beasiswa, kira2 untuk bea hidup(makan,kos,internet,pulsa) berapa ya kira2?
        Dan apakah ketika sudah keterima beasiswa, apakah bisa menyambi kerja?
        Dan kira2 apa aja ya kalo boleh tahu alternatif kerjanya?

        TErima kasih, mohon ma’af jika banyak bertanya.

  213. salam..
    saya ingin melanjutkan sekolah S2 di India. basic pendidikan saya adalah S1 Peternakan. mohon rekomendasinya untuk Universitas apa ya yang cocok dengan saya bidang peternakan, teknologi peternakan atau gizi dan pangan..

    oo ya.. sebelumnya ada tidak teman2 dri aceh atau medan yang sedang sekolah di India??

    Trima kasih untuk informasinya..

    salam
    siti

    • w.salam

      Untuk saran universitas saya kurang begitu bisa memberikan masukan.
      Tapi kalau teman-teman dari aceh dan Medan di India adalah sarang mereka, karena komunitas paling banyak adalah orang medan dan aceh, meski baru-baru ini jumlah orang aceh mulai mengurang.

      wassalam

  214. Assalamu’alaikum… saya mau tanya apakah ada kejuruan mengenai multimedia di Osmania University atau universitas yang lainnya di India. Saya masih kelas 2 SMK dan ingin meneruskan kuliah saya di India (insyaallah) :) . dan jika yang berbeasiswa apa saja persyaratannya. terimakasih. Wassalamu’alaikum…

    • Assalamu’alaikum,namaste pak,mas,mbak,buk,pakde,om,bhai,behan…
      Please,,reply my question…
      Universitas mana saja yang ada kejurusan IT, terus apakah di Mumbai ada universitas tentang tekhnologi,,bukan mesin..
      mohon dijawab,,,please………. :)

  215. Assalamualaikum, wr, wb

    untuk ikut beasiswa ini apakah harus terlebih dahulu diterima di salah satu universitas di India ?

    mohon infonya ya?

    • W.salam wr wb
      tidak perlu harus diterima di universitas India, sistem pelamarannya, cukup mendowload formulir dari website kedutaan besar India di Jakarta, kemudian isi dengan lengkap dan persyaratan nya, setelah itu mengirimkan semua aplikasi ke kedutaan besar India di Jakarta atau ke konsulat India terdekat.

      untuk informasi lengkap silahkan browsing ke website kedutaan besar India di Jakarta : http://indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html

      wassalam

  216. Assalamu’alaikum,,

    Saya mau menanyakan ada full scholarship tuk S2 gk? gmn caranya?

    Makasih

    Wasslm,
    Harun El Sholeh

    • W.salam

      Dear Harun,

      Untuk di India ada beasiswa dari ICCR (Indian Council for Cultural Relations) beasiswa ini semua nya ditanggung kecuali tiket pesawat saja.

      Untuk mendaftar silahkan download formulir nya dari website Kedutaan Besar India di Jakarta http://indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html
      Isi formulir, lengkapi persyaratannya, dan kumpulkan ke Kedutaan Besar India di Jakarta, setelah itu tunggu hasil panggilan dan test.

      Wassalam

  217. dear ppindia, tolong jawab dong pertanyaan lanjutan saya, butuh banget nih. Ini pertanyaan saya kapan hari. Mohon bimbingannya.

    didi, on July 23, 2010 at 4:47 am Said:
    Terima kasih atas informasinya,
    Hmm, kalo boleh tahu lagi kira2 kalo bea sendiri berapa ya total biayanya?
    Terus kalo semisal udah dapat beasiswa, kira2 untuk bea hidup(makan,kos,internet,pulsa) berapa ya kira2?
    Dan apakah ketika sudah keterima beasiswa, apakah bisa menyambi kerja?
    Dan kira2 apa aja ya kalo boleh tahu alternatif kerjanya?
    TErima kasih, mohon ma’af jika banyak bertanya.

    • Dear Didi,

      Beasiswa yang diberikan oleh ICCR itu sangat cukup sekali, biaya hidup di India tergantung diterima di Negara Bagian mana tempat kuliah nya, kalau di Negara Bagian Delhi untuk Makan, kos, internet dan pulsa INR 7000 / USD 150 perbulan sudah cukup.

      Untuk nyambi kerja di India hampir tidak bisa sama sekali, jadi jangan berharap bisa menyambi kerja di India.

      Kalau biaya sendiri pertama harus konfirmasi terlebih dahulu berapa harga tuition fees di kampus yang menerima, biasanya kalau tinggal di hostel harga nya jauh lebih murah untuk Delhi University mereka yang tinggal di international hostel USD 100 / bln sudah cukup, plus makan dan internet dijamin.

      All the best ya.. semoga membantu.

  218. Saya mau minta tolong, minta alamat penduduk india yang bermukim di sekitar jakarta??????????……………..

  219. dear ppi,

    apakah ada batasan umur bagi yang akan mengajukan permohonan beasiswa?

    terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

    salam,
    abmi

  220. Hii..

    Perkenalkan nama saya Tri. saya tertarik untuk study S2 di India, salah satu yang menarik buat saya adalah di Nirma University – Institute of Science. karena ada satu program study yaitu Microbiology yang menjadi minat saya.

    Saya sudah browsing situs universitas tersebut, tetapi tidak ada yang menuliskan tentang biaya kuliah disana.. apakah teman2 disana punya informasi.. kira2 berapakah biaya kuliah dan biaya hidup setahun disana?

    Persyaratan apa saja untuk bisa study di universitas tersebut?

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

  221. Mohon diberitahukan universitas yg menawarkan program master untuk bidang geografi murni,sy berminat untuk kuliah di india…terimakasih..

  222. assalamualaikum,
    beruntung sekali dapat info beasiswa di india. mohon info juga kalau ada mahasiswa indonesia yang kuliah master di india konsentrasi theoretical physics. saya berharap dapat langsung berkomunikasi dengan beliau, meminta saran dan masukan.
    terimakasih sukses selalu untuk PPI india
    wassalamualaikum wr,wb.

  223. hallo all,

    saya mau tanya dong, mungkin dari rekan2 PPI ada yang tahu, adakah program magister manajemen komunikasi/media di India?

    bagi yang mengetahui perihal ini kabari yah.
    trim.

    banyak, hampir semua indian central university menawarkan. salah satu yang populer di Jamia Millia Islamia. Untuk pertanyaan selanjutnya, silakan buka website baru kami: http://www.ppiindia.org. trims. ZIP

  224. Salam… saya ameer hamzah lulusan Lp3i politeknik medan jurusan teknik komputer… saya berniat untuk melanjutkan S-1 ke india.. dengan bekal ijazah Diploma 3 (D-3) apakah bisa ?? kalau bisa di universitas apa…

    thanks…..

  225. namaste,,,
    kaka2 PPI yg nan jauh disana tp slalu dekat d hati
    ne dr iko, asal tasik yg kemarin ke India 1-7 agusts 2010 program dikti. sy berminat kuliah di India tp stelah saya amati seminggu disana JNU. DU dan JMI ga punya jrusan pendidikan sedangkan rekomndasi pemerintah untuk S1-S3 harus linear misalnya saya di pendidika matematika nah S2 dan S3 pun sejurusan. kra2 ada ga univ di India ygpunya jurusan yg saya maksud.
    syukria

  226. Saya adalah mahasiswi tingkat akhir di salah satu universitas negeri di Indonesia, sya sangat tertarik dan ingin sekali melanjutkan S-2 ke perguruan tinggi di mumbai iNDIA, khususnya di jurusan magister administrasi publik atau kebijakan publik, kira-kira ada tidak disana jursan tersebut.
    tlong berikan informasi yang lengkap mengenai biaya, dan lainnya, serta pusat beasiswa yang dapat mengabulkan keinginan saya. Terimakasih

    Ada. Silakan dilanjutkan di http://www.ppiindia.org. ZIP

  227. hi kak
    saya prema dari Bali. saya siswa SMA kelas 3. sebentar lagi lulus nih.. :)
    ortu menyarankan untuk kuliah di india.
    apa saja syarat-syarat masuk universitas di india? kalo bisa dengan beasiswa. universitas apa yang ada jurusan ilmu komunikasinya? kalo mau bertanya lebih lanjut, saya bisa menghubungi siapa?
    ini alamat email saya glorious.vee@gmail.com
    ditunggu balasannya. thanks

    sambung ke http://www.ppiindia.org. ZIP.

  228. tamat sma IPA saya mau lanjut studi langsung untuk S1 di Delhi University. bagaimana prosedur dan biayanya? apa ada program beasiswa untuk memulai kuliah disana.

    Beasiswa ICCR dibuka tiap bulan desember. silakan kunjungi website baru kami; http://www.ppiindia.org. ZIP

  229. saya mahasiswa lulusan fakultas syari’ah, saya ingin melanjutkan study s2 ke india. kira2 ada universitas yang cocok ga buat saya, (dengan biaya yang murah). oh ya saya mampu berbahasa arab dan inggris yang cukup :-). makasih infonya. keep moving forward!

  230. hai
    saya emir,siswa smu kelas 3(binjai sumatra utara). saya ingin melanjutkan studi saya k india,ambil jurusan sastra inggris

    syarat-syarat untuk ke sna gmn y??

    terima kasih

    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  231. hy..
    saya mau minta info nih ttg beasiswa IT di India,,kebetulan adik saya akan lulus SMA tahun depan dan sy sdg mencari info2 beasiswa utk dia…mohon bantuannya…kalau diperkenankan,sy mau minta id ym salah satu pengurus ppi ini biar komunikasi lancar..makasi…

    rozin_muhammad@yahoo.co.id (Delhi University, Sekretaris Umum PPI-India)
    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  232. Selamat siang,
    Saya mau minta info tentang kuliah S3/Beasiswa S3 untuk studi yang berhubungan dengan Hospital Management di Universitas2 yg ada di India.

    Trims

    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  233. hallo…
    saya siswi kelas 9 SMP.saya sangat tertarik untuk kuliah di india.saya mau tanya nih.hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dari sekarang untuk kuliah di india dengan jalur beasiswa?terimakasih…

    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  234. Assalamu’alikum. .. saya irma di yogyakrta.. saya jurusan statistik.. mau nanya kalau mau lanjutkan.. S2 satitistik.. kira2 univ ap yg bgus? t?
    rus persyaratannya apo saja? n kuota beasiswanya brp

    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  235. saya seorang PNS Pemda, bagaimana cara mendapatkan beasiswa di India. Jurusan saya administrasi negara. Terima kasiih sebelumnya.

    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  236. mohon info mengenai studi di india
    dan prosuder secara detail

  237. saya seorang mahasiswa fk negeri di jawatimur. setahun lagi saya akan lulus dg gelar S.Ked. saya berencana kuliah di fk di india dengan beasiswa penuh. Saya berminat mengambil master degree in anatomy. kira universitas apa ya di india yang bisa memberi beasiswa penuh dengan jurusan yang saya minati. terimakasih atas infonya.
    jawaban bisa dikirim ke email saya.

  238. Nama saya Risya. Saya freshgraduate jurusan ekonomi univ.Indonesia. Saya tertarik melanjutkan pendidikan S2 di universitas India dgn beasiswa. Apakah ada jurusan yg sesuai dengan bidang saya? Mohon informasi utk pembukaan program beasiswa yg terbaru yg dapat saya ikuti. Terimakasih.

    economic development di Delhi University atau political economy di jawaharlal nehru university.

  239. saya adalah s1 sastra inggris ingin melanjutkan s2 di jawaharlal nehru, pertanyaanya adalah apakag ada beasiswa untuk studi hubungan internasional,atau jurusan diplomasiatau kajian eropa?mohon bantuan infonya?

    yang ke dua: kalau biaya sendiri kira2 berapa fee untk studi diplomasi atau kajian eropa di universitas jawaharlal nehru?trimakasih … partisipasi anda sangat berharga bagi saya…mohon infonya ya… please atau kirim info itu ke emailsaya: mattew_212@yahoo.com

  240. Saya adalah lulusan S1 Teknik Industri, ingin melanjutkan kuliah S2 di India.Kira-kira universitas apa yang bisa direferensikan dan ada progam beasiswa untuk orang indonesia.
    Kalau biaya kuliah sendiri berapa biayanya…mohon info beasisiwa untuk post graduate teknik industri atau bisnis management.
    terima kasih.

  241. namaste…,dari pengalaman para senior,untuk beasiswa tersebut apakah boleh pilih univnya ?? saya berkeinginan untuk ke DU

    boleh. dalam formulir beasiswa dianjurkan untuk memilih 3 universitas yang akan dituju. ZIP

  242. Assalamu’alaikum..
    sy Nadia, mahasiswa S1 Kedokteran Unpad..
    minta tips & pengalamannya dong mas/mba biar bs lulus seleksi kuliah di India.. ;)
    trus mw nanya jg ni,di India ad jurusan Public Health ga sih??
    klo ad,di univ mana yg bagus y??
    Thx.

    Setahu kami jurusan kedokteran tidak tersedia. ZIP

  243. bagaimana cara mendapatkan formulirny…di internet g bisa2.langsung ke jkrta ya??

    http://www.indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html
    ZIP

  244. Aslkm, nama saya Nurul dr Banjarmasin. saya lulusan S1 pendidikan Bahasa Inggris, tapi saya ingin melanjutkan ke S2 sastra inggris. saya sangat berminat pada beasiswa ke India. apa mungkin beasiswa diberikan dari S1 ke S2 yg berbeda.. kapan tepatnya pendaftaran beasiswa ke India biasa mulai? thanks :)))

    silakan dicoba. http://www.indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html. ZIP

  245. Ass. Wr. Wb.
    nama saya Ubaidillah, Alumni UIN Jakarta 2006 jurusan Pemikiran Politik Islam. kalo saya mau melanjutkan S2 di India kira-kira di kampus apa? dan bagaimana peluang beasiswa untuk tahun 2011. terima kasih
    wassalam.

    Jamia Millia Islamia n Jawaharlal nehru University. ZIP

  246. saya mahasiswa international relation semester 1 di salah satu universitas swasta di yogya , saya mau nanya tentang beasiswa tahun 2011 ini katanta pemerintah dari india memberikan jatah beasiswa dan harus mengirimkan ke keduataan besar insia di jakrta tpi kan saya di ogya apa harus langsung dtng k jkrta lalu tentang aplikasi2 nya sya masih bingung .karena saya ingin kuliah di india di bidang politik atau sejenisnya .. thanks sebelumnya

    Pengumpulan harus ke kedutaan India di Jakarta. Jika positif silakan siapkan perjalanan ke Jakarta atau bisa ditipkan ke family yang mungkin berdomisili di Jakarta. ZIP

  247. hallo, saya tertarik untuk mengambil program master di india, dan berencana untuk mengambil jurusan, sastra, cultural studies, atau hubungan internasional, tapi saya bingung bagaimana cara mengetahui pilihan jurusan dan universitasnya, dapatkah dibantu? saya juga tidak begitu universitas mana yang bagus untuk bidang yang saya minati tersebut.
    thank you in advance..

    Universitas2 berikut bisa jadi pertimbangan: Jawaharlal Nehru Univ., Jamia Millia Islamia, Delhi University, English and Foregin Language University, Anna University, Osmania University, Hyderabad University. ZIP

  248. mohon info lengkap….
    saya jumiati elida yuni….masih terdaftar sebagai mahasiswa pendidikan bahasa inggris di salah satu universitas di malang….untuk beasiswa yang di tawarkan ini, apakah saya bisa transfer ke program pendidikan bahasa inggris di sana, universitas mana yang menyediakan program pendidikan bahasa inggris, syarat apa saja yang harus saya penuhi……terima kasih

    Sayangnya beasiswa ini tidak menyediakan program transfer. Jadi penuh dari awal sampai akhir masa studi. ZIP

  249. Assalamualaikum
    Saya tika, mahasiswa semester 1 psikologi UGM. Saya Tertarik untuk bisa belajar di luar negeri, khususnya di India. dan saya ingin mengambil jurusan matematika. kira2 universitas mana ya yg bagus di sana utk belajar matematika… ?
    kemudian kalo toefl saya hanya sekitar 400an, apakah masih punya kesempatan?
    Terima kasih…
    Mohon dibls di email ya… :)

    1. Delhi University, Jamia Millia Islamia, Hyderabad University, Osmania University.
    2. 400 bisa coba dikumpulkan
    ZIP

  250. saya ingin sekali kuliah dan melanjutkan pendidikan s2 saya di luar negeri,
    apakah tahun ini buka
    mhn bls email
    thnk u somuc

    http://www.indianembassyjakarta.com/edu_scholarship.html

    ZIP

  251. mau tanya nih~
    bisa gag sih jurusan ips masuk fakultas kedokteran (FK) di UGM (?)

    please input :)

  252. assalamualaikum..mau tanya nih.

    saya yosef budiman, guru ekonomi di salah satu MAN di Bogor. Ada program studi economic education tidak ya? Trus, kalau beasiswa living cost yang standar berapa? living cost dari pemerintahindia 4000 rupe sudah cukup atau masih kurang .
    Trims,
    wassalam

    Waalaikumsalam. living cost yang diberikan oleh pihak ICCR sudah standar biaya hidup wajar untuk studi di India. ZIP

  253. Ass.
    Saya sgt interest sekali untuk bisa merasakan kuliah di India. Saya tertarik dengan kondisi pertanian disana. sekarang saya juga masih kuliah di IPB (Institut Pertanian Bogor) smster 3. Saya ingin sekali mencoba exchange program, … Kira-kira apa yg harus saya persiapkan sekarang, terus bagaimana mekanismenya??
    mohon sekali informasinya ….
    Thanks so much for your informations,…
    wass,

  254. Ass….
    mas saya mau nanya, masih bingung nih.
    sy rencana lanjut S2 di India pake biaya sendiri.
    1. biaya kuliah S2 MBA di Delhi University untuk foreign student berapa ya?
    2. apa sama smua (10.500 rupee/tahun) ?
    3. untuk MBA di Delhi University ini apa harus ikut test ya ?
    4. yg gk ada tes nya, ada apa gk ya mas?
    5. truz yg tanpa tes ini berapa biayanya?
    6. biaya hidup skr di India berapa?
    7. kampus laen untuk MBA yg biaya murah tp gk pke tes di universitas mana ya?

    tolong banget ya mas infonya….soalnya di websitenya kurang jelas (http://www.fms.edu? :-(

    thx :-)

  255. haloo… saya tria, mau tanya.,,,
    saya sedang kuliah di s1 FK swasta d jogja.. kira2 bs gag daftar buad dpet beasiswa ? trs beasiswanya yg mn ?
    mohon info nya.,. mksh…

    beasiswa ke India belum menyediakan kuota untuk jurusan kedokteran. mksh. ZIP

  256. nama saya raj!!
    saya ingin kuliah di india mengambil s1 bagian TI!!!
    APA SAJA SYARAT YA!!!!!

  257. Saya ingin melanjutkan kuliah S2 saya nanti ke India dan ingin ikut beasiswa biar gak terlalu makan biaya, rencananya ingin lanjut Manajemen Bisnis, universitas mana ya yg kira2 ada jurusan itu. Pengennya sih di kota Mumbai atau New Delhi, atau di JMI. Ada gak ya??

    Ada. ZIP

  258. salam knl mas…
    saya lulusan d3 kesehatan hewan dari ipb . saya mau tanya apakah ada jurusan kedokteran hewan atau peternakan s1 yg menerima mahasiswa transfer dari d3 indonesia.
    kemudian brapa biaya masuk dan spp serta biaya hidup rata2 mahasiswa disana. mksh sblmnya dan mohon penjelasannya yg sederhana dan tepat. mksh

  259. Saya sangat tertarik sekali kuliah di India mengambil jurusan Jurnalistik/komunikasi, sekarang saya kelas 2 SMA dimana saya dapatkan info lengkap untuk bisa studi kesana?beasiswa/pribadi?

  260. apakah univ of delhi atau IMM yg lebih baik untuk mengambil jurusan akuntansi? dan ada beasiswanya ga yah?
    makasi.. :D

    kedua2nya bagus, namun karena delhi university menduduki predikat central university mungkin lebih preferable. beasiswa India utk tahun ini kebetulan sudah lewat, silakan ikuti program beasiswa utk tahun depan. ZIP

  261. on the ocasion iwanna to say assalamu alaikum wr.wr for all indonesian students in india, especialy PPI familie.
    before i speak thank’s if you have attention for me question.
    i need to get opurtunity S2 beasiswa in India
    i graduated institut agama islam imam ghozali, cilacap region and central java, perdata of islam law faculty.
    can you helpme about S2 information in the several university in india
    thank’s your a lot

  262. salam,
    saya lulus SMA 2009,lalu ikut pendidikan managemen 1 th dan lulus 2010.th ini,saya pengen kuliah lagi…saya minat dg kuliah LN,di India….saya suka jurnalistik,broadcast dan perfilman..kira”universitas apa yg cocok bwt saya????kl info beasiswa th ini kr2 bs diakses dimana???….
    mohon infonya sekali…
    terimakasih sangat…salam…:D

    Top 10 journalism colleges in India: http://www.way2college.com/topjournalismcollegesinindia.htm
    info beasiswa dapat diakses di website kedutaan India Jakarta pada bulan november/desember tiap tahunnya. ZIP

  263. asklm…
    Saya Mahasiswa Diploma IV POLSRI palembang, saya niat S2 di Aligarh Univ. Untuk Teknik sipil.. tolong info pendaftaran,biaya pendaftaran, biaya hidup di india….

    apakah ada beasiswa dari Aligarh??

    Untuk detailnya silakan kirim email ke univadmission@yahoo.com. thx. ZIP

  264. Saya dari kecil sudah suka nonton film India dan bercita-cita pengen kuliyah di India,dan sekarang saya sedang menempuh kuliyah di PTN dengan program study kimia S1.Adakah beasiswa untuk jurusan kimia?.
    Semoga dapat membantu

    Ada, silakan coba beasiswa ICCR, dibuka tiap bulan desember. ZIP

  265. salam,

    Mau tanya nih, apakah mahasiswa di Bangalore University asal Indonesia banyak? Apakah ada pengalaman rekan-rekan mahasiswa yang membawa keluarga ke India?
    Terima kasih atas jawabannya

    • saya nisha dari medan, sekarang saya kelas 3 sma dan tinggal menunggu ujian akhir. bulan berapakah universitas2 di india memulai tahun ajaran barunya?
      terima kasih :)

      Tahun ajaran baru dimulai tiap pertengahan Juli. ZIP

  266. ass…
    saya annikma imdawami llusan S1 IAIN SUPEL SURABAYA..
    saya ingin sekolaha ke luar negeri apakah di india S2 kosentrasi pendidikan ada?? dan di universitas apa?? tlng saya dikasi tau info lengkapnya

    sekian terima kasi
    wass..

  267. Nama saya laila sarah. Background pendidikan S1 English Language and Literature dengan major Linguistik.Kira2 universitas apa yang cocok untuk saya.saya ingin sekali kuliah di India apalagi kl ada beasiswanya.mohon info lengkapnya.
    terimakasih..

    Beberapa mahasiswa Indonesia yang mengabil program english linguistic berada di http://www.du.ac.in dan http://www.efluniversity.ac.in.
    Beasiswa dibuka tiap bulan desember. Jika ingin kuliah dengan biaya sendiri, kebetulan pendaftaran saat ini sedang dibuka. thx. ZIP

  268. nameste….
    man eddie hastam, sekarang sedang menempuh pendidikan S1 bahasa arab, namun saya berkehendak untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. saya berkeinginan untuk belajar linguistik. namun hal yang paling significant adalah masalah biaya pendidikan. adakah kampus di india yang mau menerima mahasiswa asing yang mengalami kekurangan biaya namun bersemangat dalam belajar?
    mohon informasi untuk mendapatkan beasiswa di india. motasyakiram

    silakan ikuti program beasiswa ICCR, dibuka bulan desember tiap tahunnya. tasyakkur.
    ZIP

  269. saya intan di Makassar… sekarang masih kuliah s1 di UNiversitas negeri Makassar jurusan teknik informatika dan komputer, apakah di India ada program magister yg sesuai dengan jurursan aku terutama universitas yg memebrikan beasiswa kepada siswa asing,???

    jaza kumullah khoiron…

    mba Intan bisa ikut program beasiswa ICCR, dibuka bulan desember tiap tahunnya. Nantinya dalam formulir beasiswa akan tertera 3 universitas yang akan dituju. Untuk jurusan teknik informatika dan komputer, mungkin universitas berikut bisa jd tujuan: delhi university (www.du.ac.in), pune university (www.unipune.ac.in), hyderabad university (www.uohyd.ernet.in), mysore university (www.uni-mysore.ac.in). afwan.
    ZIP

  270. assalamualaiku..
    saya pengen banget kuliah S2 di India.. jurusan Matematika.. skrg msh di IPB tingkat pertama..
    kira2 universitas mana yg cocok?
    kalo biaya sndiri brpa kira2?
    trima kasih :)

    delhi university (www.du.ac.in)
    ZIP

  271. Asslamu’alaikum…
    Nama saya sabid, saya baru lulus tahun ini dari fakultas syari’ah jurusan studi keislaman..
    Kira2 di india ada gak beasiswa yang sesuai dengan background saya? klo ada, mohon informasinya..
    Thank’s before….

    silakan ikuti beasiswa ICCR, dibuka bulan Januari tiap tahunnya. ZIP

  272. :

    nameste….
    Assalamu’alaikum wr wb to smua syedara2,…… lon dari Aceh….. sekarang uda usai menempuh pendidikan S1 syari’ah, namun saya berkehendak untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. saya berkeinginan untuk belajar. namun hal yang paling significant adalah masalah biaya pendidikan. adakah kampus di india yang mau menerima mahasiswa asing yang mengalami kekurangan biaya namun bersemangat dalam belajar?
    mohon informasi untuk mendapatkan beasiswa di india.

    trim’s

  273. Apakah ada beasiswa untuk spesialis kedokteran bagian anak?

  274. haloo saya ogek , asli dari bali , saya sedang mengambil S1 jurusan hubungan internasional . saya berniat akan meneruskan S2 di india. kira2 universitas mana yang bagus untuk jurusan hubungan internasional ? mohon info’nya

    trims :)

    Jawaharlal Nehru University, Jamia Millia Islamia, Delhi University. ZIP

  275. kalo ingin jadi darma mahasiswa ke india bisa ga ? kpan ada lagi pembukaan beasiswa ke indonesia tahun ini ?

    beasiswa ICCR dibuka tiap bulan desember. ZIP

  276. Saya akan melanjutkan study ke India, tapi saya ingin kursus dulu bahasa India. Mohon saya diberi info di mana tempat (kursus) bahasa India di Jakarta, kalau bisa yang di daerah Jakarta Selatan. Terima kasih.

    medium pengajaran di India mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa langsung kuliah di India tanpa terlebih dahulu belajar bahasa hindi. ZIP

  277. Mau nanyak mas,
    saya alumi S1 teknik informatika.
    saya pengen ngelanjutin S2 bidang IT, kampus yang bagus di india untuk IT apa ya mas ? yang beasiswa kalo bisa mas ?
    Kalo di bidang desain grafis yang bagfus apa mas ?
    terima kasih infonya,

  278. hi all… saya udah apply beasiswa ICCR tahun ini, tp kenapa pengumumannya lamaaaa bgt ya? katanya sekitar akhir juni… tolong difollow up, thanks

    Silakan hubungi kedutaan India untuk konfirmasi. ZIP

  279. hi saya rissa…..saya lulusan S1 jurusan Teknik Komputer..rencananya mau nyambung S2 di IIT Delhi..kira kira bagaimana info test nya? beasiswa yg ada? pendaftaran masuknya dan biaya semester nya? makasih sebelumnya..mohon di balas ya

    Silakan kontak rekan kami, saat ini sdg kuliah di IIT Delhi, via fb: Adlan Bagus Pradana.
    ZIP

  280. Assalamu’alaykum…kk-kk yang saya hormati…
    perkenalkan saya Adisti Prisa Ayu Utami, sekarang saya sedang menjalankan masa studi S1 jurusan pendidikan anak usia dini di Universitas Al-Azhar Indonesia, angkatan 2008..nah, k,,saya tertarik sekali untuk bisa kuliah di india dalam jalur beasiswa..oleh karena itu ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan…

    1.bagaimana prosedur untuk melanjutkan masa studi di india?
    2. bagaimana prosedurnya, kalo saya ingin mendapatkan beasiswa s2 di india?
    3. mohon berikan informasi tentang kampus terbaik di India?/kampus terbaik di india dalam jurusan pendidikan?
    4. o yah…ada kampus yang jurusannya pendidikan anak usia dini g k?
    5. apa saja yang harus dipersiapkan oleh saya untuk mendapatkan beasiswa dan melanjutkan studi di india?
    6. mohon informasi rinci, berkaitan biaya hidup di india…?
    7. situasi dan kondisi mahasiswa indonesia di india?apakah india negara yang aman dan nyaman untuk melanjutkan studi?
    8. kalo kk, nge-kost/atau gimana?makasud saya nanti saat di india, ada asrama khusus pelajar indonesia?atau gimana k…?
    9. apa bahasa yang digunakan selama pembelajaran k?
    10. apa fasilitas, dosen, dan lingkungan universitas di india baik k?
    11. mohon sharingnya tentang kehidupan kk di india..bagaimana perasaannya?

    makasiiiiih banyak yah k…pertanyaannya kebanyakan yah??hhe…
    saya mohon sekali balasannya,,,dan infonya,,,
    saya ingin sekali kuliah di Indiaaaaaaa….
    mohon bimbingannya..

    wassalamu’alaykum…
    ^,^/

  281. Assalamu’alaikum.
    saya murid kelas 2 Sma, saya sedang belajar untuk mendapatkan beasiswa ke india. saya ingin masuk jurusan kimia. kira-kira universitas mana yang bagus ya?? terimakasih, mohon bantuannya :)

  282. assalamualaikum
    sy dyah bagaimana dengan pendaftaran beasiswa ke AMU tahun 2011?makasih jawabannya

  283. ass..
    saya kartika,
    saya ingin bertanya ,bagaimna cra ntuk mndapatkan scholarship di india? saya skarang bru klas 2 smk dan sya ambil jrusan perhotelan, kira-kira bsa g’ bntu saya ntuk mndapatkan beasiswa di sna? tlong bntu sya , sya tlah bnyak mncari beasiswa tapi sngat susah, dan saya fikir mungkin kedutaan besar india bisa mnolong sya untuk mndapatkan beasiswa d sna, mohon bantuannya. terima kasih,

  284. yth PPIINDIA
    saya reza,saya berasal dari indinesia tepatnya di medan sumatra utara saya sedang mencari beasiswa/non beasiswa tapi asalkan murah biayanya dan sekolah nya pun bagus.saya sekarang kelas 3 sma.tolong bantu saya ya tks:)

  285. saya ni luh juliani dari bali, saya ingin kuliah di jurusan ayur weda, gimana cara dapat beasiswa itu? sekarang saya S1 kebidanan, atau minta saran saya baiknya ngelanjutin kemana ya, yang masih seputar kesehatan tp berbasih spiritual?

    • saya ni luh juliani dari bali, saya ingin kuliah di jurusan ayur weda, gimana cara dapat beasiswa itu? sekarang saya d3 kebidanan, 2012 lulus. atau minta saran saya baiknya ngelanjutin kemana ya, yang masih seputar kesehatan tp berbasih spiritual?

  286. saya daniel cahyadi dari indonesia , saya adalah mahasiswa dari indonesia dan saya juga ingin memiliki kesempatan seperti anda2 khususnya yang telah menimba ilmu , saya mahasiswa D3 teknik elektro ( Diploma 3 electrical engineering ) di ITS(institut teknologi sepuluh nopember ) yang saya tanyakan adalah :
    1.apakah ada universitas/institut yang menawarkan program transfer/alih jenis/lintas jalur dari program D3 ke S1 ( bachelor ) ?
    2.apakah tersedia program beasiswa dari mahasiswa program transfer seperti saya ?
    3.jika misal terpaksa program beasiswa tidak ada , kira-kira berapakah biaya yang dibutuhkan untuk biaya fee pendidikan dari D3 ke S1 sampai lulus ?

    sekian dan terimakasih , jawaban dan balasan dari anda , sangat saya harapkan di inbox email saya , salam hormat

  287. Namaste…
    Hi, sy Agus seorang guru mathematics. Sy berkeinginan melanjutkan S2 di jrusan filsafat ato pendidikan. Kira2 dimana dan bagaimana mendapatkan beasiswanya? Di Bali ada Indian foundation, apakah informasi ttg beasiswa jg bs sy dapatkan di sana??

    regards,
    Agus-Bali

  288. namaste,
    halo semuanya.
    nama saya deni. saat ini saya menempuh pendidikan S1 teknik informatika, fakultas teknik UB. kebetulan saat ini saya duduk di tahun ketiga n mungkin tahun depan, saya sudah siap menyusun tugas akhir. kebetulan saat ini saya lagi mencari informasi tentang program postgraduate (dalam hal ini ini magister) di india di bidang electrical engineering, terutama di bidang computer engineering (telematika / networking engineering). yang saya akan tanyakan:

    1. universitas / institut manakah yg menyelenggarakan program magister di bidang rekayasa / engineering, khususnya pada bidang electrical engineering (terutama spesifikasi bidang yg telah saya jelaskan di atas).

    2. apakah ada institusi / lembaga / pihak yg menawarkan beasiswa untuk program master di bidang tsb?
    jika ada, apa saja persyaratannya?

    3. bagaimanakah sistem pendidikan pendidikan di sana? juga bagaimanakah biaya hidupnya selama di india?

    thanks.

  289. Kak, kalau kuliah s1 jurusan kedokteran di india melalui jalur beasiswa kira kira bagusnya di universitas mana ya kak? Terimakasih :)

  290. saya Kurniawan, masih berjuang menyelesaikan TA di jurusan politik&pemerintahan Fisipol UGM. kalo mau lanjut S2 di india bidang sosial politik bagusnya di kampus mana ya? Di Aligarh bisa ga? Thx berat.

    • Di Aligarh Muslim University bisa. Di Delhi juga bisa, misalnya di Jawaharlal Nehru University, Delhi University atau di Jamia Milia Islamia

  291. hiiii
    name saya satya
    saya mau nanyak nih,, college mana yang bagus untuk jurusan it di india,, khusususnya benglore??

  292. Saya ingin menanyakan istri saya ingin melanjutkan studi Spesialis Kedokteran di india (bidang Kandungan dan Kebidanan/Obsgyn), usianya saat ini 35 tahun, Pertanyaan saya :
    1. Universitas apa yang tepat utk spesialis bidang itu di Univ. di New Delhi
    2.apakah ada beasiswa dari Pemerintah India? kalau tidak ada berapa biayanya sampai tamat juga berapa tahun studinya?
    3. apakah ada batasan usia utk spesialis Obsgyn?

    Mohon pencerahannya. Terimakasih.

  293. Assalamu’alaykum…

    perkenalkan saya adisti/ajeng, sekarang saya kuliah di Univ. Al-Azhar Indonesia angkatan 2008, hehehe, insyaAllah bisa lulus di tahun 2012..
    kk-kk semua,,,saya sangat memimpikan untuk bisa melanjutkan kuliah (S2) di India dalam jalur beasiswa….jurusan saya saat ini pendidikan anak usia dini…mohon informasinya universitas yang kualitas jurusan pendidikannya bagus. sementara ini saya sangat tertarik untuk kuliah di AMU, bagaimana menurut kk???o ya, bagaimana sistem beasiswa ini, beasiswa ICCR hanya mencakup biaya kuliah atau juga biaya hidup???bahasa yang dipakai sehari-hari itu apa ya k disana??pendaftaran beasiswa ICCR dibuka dari kapan sampai kapan k???mohon dibalas,,,,makasih yah kk……makash makasih makasih….mohon dibalas ke adisti_prisa@yahoo.com

  294. assallamualaikum warahmatullah wb
    saya Nuna, s-1 jurusan pend. bhs Inggris. saya pengen ngelanjutin kuliah S2. saya sebenernya sudah PNS but however still have a great desire to study in India.. i can’t put it off. apa ada beasiswa untuk PNS ke India from ICCR untuk jurusan saya? atau apa saya bisa milih jurusan S2 yg beda sama S1 saya misalnya sastra Inggris atau manajemen pendidikan? is it still possible for me? saya sdh pernah cari tahu ttg bbrp universitas yg disebutin di atas. pliiiizz….mbak/mas yg di sana help me by reply…. makasih banyak, jazakAllahu khair…

  295. saya faya, saya dari d3 ilmu komunikasi, kalau mau lanjut / transfer s1 ke india bisa ga ya? universitas yg cocok kira kira apa? terimakasih

  296. maf..kenalin nama aku riki afrianto …sekarang ge kuliah di universitas islam riau fakultas psikologi…
    insyaallah bulan mei udah kelar s1.,,,lalu rencana mau lanjutin s2 ke india..dimana universitas yang cocok ya? trimakasih

  297. salam kenal untuk pasukan PPI,,,,
    saya mau tanya tentang universitas al-jamiatus salafiyah,varanasi… apakah ada anak indonesia yang kuliah disana,,, karena rencana saya mau kuliah S-1,,, dan apakah ada beasiswa untuk S-1 disana,,, kalau ada gimana caranya?? minta tolong bantuannya yaa,,, terima kasih atas semuanya,,,

  298. assalamu’alaikum

    saya Sa’iya.S mau kuliah di india, tp saya bingung mau milih universitas yang mana. saya sih mau nya jurusan salafiyyah atau tekhnik.
    sebaiknya saya memilih universitas dimana yang cocok buat saya.? yang harga nya terjangkau, dan pelajarannya yang menunjang..

    terima kasih…

  299. halo..

    saya asrofi..sekarang sedang nyusun thesis s2 di Institute of Education IIU Malaysia. mohon infonya tentang s3 di india untuk jurusan pendidikan. kalau bisa di univ yang islam.

    terimakasih..

  300. misi gan..
    aku tahun depan lulus nih. trus mau ambil FK.
    dgr2 FK di India bagus n harganya terjangkau.
    bener gk sih ? trus, univ apa ya kira2 yg cocok ?

  301. hello nama saya Bachtiar zulkarnaen saya masih kls 10 tapi saya ingin nanti kuliah bisa ke india terutama masuk jurusan IT or computer.

    kira kira ada beasiswa apa nggak????

    mohon kerja samanya…..!!!

  302. hemmm kalau untuk 2012 kapan di mulai penaftaranx?
    saya masih semester 3 lw dpet beasiswa dsana g pa2 ngulang dri awal

  303. Hello ..nm saya martha..saat ne sedang menyusun thesis s2 pertanian ,tp sy ingin sekali melanjutkan kuliah s3 sy dibid,tanaman obat,rempah dn sy ingin sekali kuliah di Inida..tp di univrsitas mn sy blm ,tau..kemudian kl jalur beasiswa bgaiman persyartannya?, ..tlg infonya thanks..

  304. halo, nama saya dimas,,,
    saya sedang mencari informasi beasiswa S2 utk pendidikan matematika,
    ada gak ya di India? bagaimana persaratan untuk periode 2012

  305. apa saja ya.persyaratan untuk mendptkan beasiswa kul ke india????????

  306. assalamualaikum…
    kalau mau ambil hubungan internasional bagusnya di india di universitas mana?
    terimakasih

  307. Hi..saya iqbal, saya punya rencana unutk melanjutkan master (s2) sosiologi atau filsafat, kira2 di India Universtias mana yg bgs ya?

  308. hallo..I’m dodi. I’m from medan.. I’ve downloaded the form from ICCR. I wanna take the scholarship to india. I’ll take english literature. so what university is good for english literature? and how is the way to pass the test?

  309. maaf, kalau situs resmi Universitas Salafiyyah India apa y?

  310. hi salam…saya ingin melanjutkan spesialis kedokteran anti aging di india , apakah ada referensi berapa kisaran biaya yang diperlukan dan lama studi, juga cr mendaftar , tq

  311. hallo..nama saya martha..saya br menyelesaikan s2 pertanian saya dimedan..tp berniat sekali lanjutin ke s3..pertanian .diindia dan sebenarnya ga punya dana…tolong info bgmn mendapatkan beasiswa atau sambil bekerkerja diindia..tolog infonya..trims

  312. I delight in, result in I found just what I used to be taking a look for. You’ve ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

  313. asslmu’alaikm,,nama saya reza dari ambon.saya pada bulan february ini insya Allah telah slsai S1 di UniDar fakultas hukum (Pidana),,wktu SMa dlu sya lulusan ITTC Darussalam 2005…,, saya dari dulu dah pnya keinginan untuk mau kul d luar negri tpi blum smpat so akhirnya sya tertrik tuk kuliah di India brdasarkan cerita dari teman2 yg kul dsna..,,btw yar dapat beasiswa yg mudah n gak bgitu dipersulit thu gmana caranya??n untuk tahun 2012 ini ada beasiswa wat kul dsana gak??mohon masukannya….thanks….

  314. Assalammualaikum..

    Blog yang sangat bermanfaat, terima kasih untuk PPI. Nama saya Nurul Kasyfita, saya dosen FKIP Kimia di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.

    Saya lulusan S2 Pendidikan Universitas Mulawarman, sebenarnya ingin mencari beasiswa doktoral di India untuk Pendidikan. Saya mohon petunjuknya dari PPI, kira-kira kemana saya bisa melamar? Selain itu, saya agak minder sih dengan ijazah S2 yang cuma dalam negeri. Apa mungkin ya bisa diterima?

    Saya ingin sekali mengajukan lamaran ini namun masih bingung harus melamar kemana dan universitas apa…

    Mohon petunjuknya dari PPI, terima kasih…

    NURUL KASYFITA

  315. hi, nama saya yuri
    mau tanya kalau prog.master arsitektur konservasi yg bagus di univ. mana ya?? kira2 kalau di Hyderabad atau Chennai ada ga ya univ. yg menyediakan prog tsb?

    mohon bantuan infonya
    terimakasih

  316. saya ingin sekali melanjutkan s2 saya ke india, apakah ada beasiswa di tahun 2012 ini ? latar belakang saya adalah lulusan keguruan….ada yang bisa bantu apa gak? tolong informasinya di kirim ke email aku
    fitri_yulis@yahoo.com

  317. Hello,
    Saya lulusan S1 Hukum dan ingin melanjutkan S2 di India untuk bidang Studi Sosiologi Hukum. Apakah bisa direkomendasikan di Universitas mana di India yg terbaik untuk bidang studi tsb. Apakah mungkin mendapatkan beasiswa dari pemerintah India atau Univ ybs. Terimakasih banyak. Salam. Retha

  318. mau tanya universitas di india mana yang bagus untuk jurusan business, manajemen, dan ekonomi ? di jawarhal nehru univ / dehli univ / AMU ?
    Kemudian, universitas di india yg fasilitasnya lengkap apa ya?

    • untuk ekonomi, JNU. untuk management, Delhi Univ.

      yang fasilitasnya lengkap?? standar lengkap menurut anda seperti apa? buka saja website universitasnya. Anda bisa melihat dan menilai sendiri fasilitasnya. menuurt saya Delhi Univ dan JNU cukup lengkap.

  319. saya mau tanya apa ada beasiswa untuk mahasiswa d3 kesehatan hewan transfer ke s1 kedokteran hewan

  320. Salam Sejahtra,
    Terimakasih, saya baru lulus S1 Manajemen di salah satu PTS di Bali, Umur 23 thn. saya saat ini sedang persiapan untuk merebut peluang ICCR Scholarship untuk Post Gradute di India. yang menjadi pertanyaan saya :
    1. Bolehkah saya mengambil double degree?? MBA dan IT?
    2. Universitas terkemuka yang pas untuk dua jurusan itu??
    3. Berapa lama waktu untuk study MBA dan Juga IT?
    4. Menurut pengamatanb anda, Relevankah penerapan materi dan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan di India untuk diterapkan di Indonesia, khususnya di Bali?

    Mohon diberikan petunjuk yang pas, Terimakasih, Salam Pendidikan!

    • 1. yang dicover beasiswa ICCR cuma satu jurusan saja.

      kurikulum pendidikan s2 di India itu berat. tidak seperti s2 di Indonesia yang sks nya hanya sedikit. Menurut saya agak sulit ambil untuk double degree.Kecuali, salah satu jurusan anda ambil lewat jalur distance learning (jadi tidak ada attendance dan tugas harian).

      2. Setahu saya, MBA dari universitas yg bekerjasama dengan ICCR, yg bagus adalah Delhi University, Osmania University, dan Hderabad Central University.

      IT Hyderabad central University bagus.

      3.waktu kuliah MBA 2 tahun. IT, ada yang 2 tahun dan ada pula yang 3 tahun.

      4. Relevan

  321. Assalamualaikum? Nama Saya Ari saya berminat melanjutkan master di india tapi beasiswa kira-kira Audit Forensik di India itu bagus gak ya? dan di Universitas mana kira-kira yang cocok dengan minat saya,Trims
    Assalamualaikum Wr.Wb

    • kuliah accounting di india biasanya general mas. Untuk yang spesifik sekali seperti audit forensik, biasanya mahasiswa di sini mencari certification program sebagai tambahan dari kuliah mereka di universitas. Salah satu yang memberi certification program untuk forensic accounting, adalah Institute of Chartered Accountants of India di delhi.

      Nah kalo certification program kayak gitu biasanya ga ada beasiswanya mas.

      kira2 gitu yg saya tau. monggo browsing2 sendiri. semoga dapet banyak informasi lain yg lebih lengkap.

  322. Salam…….saya Titi Mirawaty Asim,, Semester 2 Di PascaSarjana UNM Makassar Prodi Bimbingan dan konseling…ada tidk bantuan beasiswa bagi mahasiswa S2 dalam Negeri? Khususnya kota Makassar?

  323. kampus manakah yg bagus untuk ambil program master mechanical engineering atau power plant engineering ?

  324. Saya Pratisha dari Medan . Saya sangat berminat melanjutkan kuliah S1 saya di India . Kalo bisa sih yang di bagian utara India . Terus cara pendaftarannya gimana ?
    Saya berminat di bidang Arsitektur . Terus ada nggak peluang beasiswanya ? Saya butuh banget nih

  325. salaam…
    nama saya teguh sy mahsswa tingkt 4 jur pend bahasa inggris, berminat banget buat bisa ngelanjutin s2 di bidang sastra inggris di salah satu univ yg ada di india khususnya lewat jalur beasiswa,, tolong di bantu infonya yah kaka kaka

    • beasiswa ke india biasanya dari ICCR. dibuka setiap tahun sekitar bulan januari. uda ada tuh di atas infonya..

      mohon membaca dan mencari infomrasi terlebih dahulu sebelum bertanya -__-“

  326. mas saya lagi mencari info tentang beasiswa untuk bidang seni di india kira-kira ada ga mas buat s2…tolong info y mas,,,sebelumnya terimakasih banyak mas,,,

    • beasiswa ICCR ini untuk jurusan apapun. termasuk seni.

      Sepanjaaang.. jurusan tersebut ada di universitas yang bekerja sama dengan ICCR. universitas mana saja yang bekerjasama dengan ICCR, bisa didapat daftarnya di kedubes india, atau dengan membuka website iccrindia.net

  327. saya satya, mau kuliah s1 di india, mau tanya mengenai surat rekomendasi, itu udah ada format yang ditentukan atau bagaimana ya? apa pendaftar bikin format sendiri? terimakasih sebelumnya..

    • Tidak ada format standar yang ditetapkan oleh ICCR. Biasanya untuk surat rekomendasi, kita bikin sendiri, lalu serahkan ke orang yang akan memberi rekomendasi, jadi dia tinggal mengedit dari situ. Hal ini bisa mempercepat prosesnya. Sebagai gambaran tentang isi dan format surat rekomendasi, mas nya bisa browsing2 aja. bnyk contohnya di internet.

      Yang jelas, surat rekomendasi harus dalam bahasa inggris.

  328. salam,
    nama saya nasha, saya sekarang kelas XI di salah satu SMA di jawa timur. saya ingin sekali kuliah di India akan tetapi biaya tak begitu memihak pada saya. saya mau tanya bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa agar saya bisa kuliah di india terutama di Aligarh Muslim University. mohon dibalas atau kirim email di nashirotulfuadiyah@rocketmail.com terima kasih.

  329. nama saya BAGUS,,
    tahun ini saya lulus smk,,
    saya ingin cari beasiswa ke india,,
    kata guru saya tahun ini ada,,
    oiya kalo dari surabaya ambil formulirnya dimana?
    sekalian tolong dikasih info-info untuk beasiswa ke india

    • Pendaftaran beasiswa ke India dari Indian Council for Cultural Relation (ICCR) dibuka setiap tahun mas. Biasanya mulai bulan JANUARI. Persyaratannya bisa mas baca sendiri di bagian paling atas halaman ini.

      Kalau mas bagus lulusnya tahun ini berarti harus nunggu ijazah keluar dulu mas. Lalu berbagai dokumen (ijazah, nilai ujian akhir, dsb) harus ditranslate dan dilegalisir).

      mumpung waktunya masih lama, nanti begitu lulus, langsung dicicil saja melengkapi persyaratannya. jadi begitu beasiswanya buka, persyaratannya udah siap semua :)

  330. salam…
    nama saya Noval..,, saya lulus S1 tahun 2010 fakultas tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam..,, nah, minggu kemarin saya lihat koran dan ternyata ada lowongan beasiswa di India..,, akhirnya saya ambil formulirnya d SPINS surabaya..,, namun, sekarang saya kebingungan melihat persyaratan administrasi/dokumentasi yang harus dipenuhi…,, haruskah saya ajukan juga proposal penelitian yang akan saya ambil untuk tesis saya? apakah harus dilampirkan juga dengan berkas2 persyaratan yang lain? kan wilayah India serta budayanya saja saya masih belum tahu, jadi saya kebingungan dengan syarat tersebut jika harus dipenuhi jg..
    terus Universitas yang akan saya tuju di India..,, saya inginnya konsentrasi di manajemen pendidikan, atau pengukuran dan penelitian pendidikan, ada ga’? di mana?

    • Untuk mengajukan beasiswa s2 di India lewat program ICCR, tidak perlu mengajukan proposal thesis. dokumen yang diminta sudah cukup jelas. Tinggal dipenuhi saja.

      Untuk manajemen pendidikan, saya kurang tahu. Coba browsing saja mas. mencari data tentang jurusan yang available di India lewat internet informasinya cukup lengkap kok.

      Di sini jurusan manajemen sangat populer. Namun kebanyakan arahnya lebih ke marketing, finance, dan Human Resource (HR). Saya kebetulan ambil manajemen (MBA) di sini. Ada kawan saya dari Panama yang di negaranya jadi kepala sekolah. Di sini dia ambil MBA dengan konsentrasi (HR).

  331. nama saya risa, saya sangat berminat melanjutkn s2 di india, saya sedang mencari beasiswa s2 di india, saya jurusan b.inggris, tlg dibagi info’a ya:)
    thnx

    • kalo kuliah bahasa inggris, bisa ambil di Delhi University dan EFL University Hyderabad. dua2 termasuk yg paling reputable di India.

      bisa lewat beasiswa ICCR. Biasanya pendaftarannya dibuka pada bulan januari.

  332. Ass. Saya Abu Hakim, dosen Bimbingan Konseling Islam di IAIN, berminat meneruskan kuliah S-3 ke India dalam bidang Konseling Islam, Psikologi Konseling atau Bimbingan Konseling. Saya mohon bantuan teman-teman. Di Universiti mana sebaiknya? Apa saja syarat-syarat yang perlu disiapkan? Bagaimana prosedurnya? Terimakasih atas bantuan teman-teman. Jazaakumullah Khairan. Abu Hakim; +6285378044233

    • waalaikum salaam. ada beberapa kawan kita yang ambil kuliah psikologi di Jamia Milia Islamia pak. di sana ada departemen psikologinya.

      Beasiswa ICCR buka setiap tahun, biasanya di bulan Januari.

      Prosedurnya,
      download formulir di website kedubes india -> indianembassyjakarta.com, atau datang langsung untuk ambil formulis di kedubes india jakarta atau konjen india medan.

      isi formulir > lengkapi persyaratan > kirimkan.

      sepanjang proses tersebut, bisa berkonsultasi dengan staf indian embassy via telepon.

      Jika Untuk program beasiswa, syaratnya sudah disebutkan dibagian paling atas halaman ini. Saya copy paste lagi ke sini ya pak:

      A record of high-level academic achievement (with GPA of at least 2.75) in the last qualifying examination of the School or the University

      · Syllabus of the last qualifying examination

      · Certified/sworn copies of all documents such as marks sheets etc with English translations

      · To pass on English Proficiency Test to be conducted by the Embassy

      · For Students applying for doctoral/post-doctoral courses or architecture: Synopsis of the proposed area of research

      · Certificate of Physical Fitness as prescribed in Appendix-2 of the Application Form

      · Medical certificate attesting that the candidate is free from AIDS

      · Curriculum Vitae in English (HP and e-mail required)

      · Certificate in English-language course/TOEFL Score minimum 500

      · Recommendation letter from former School/University

      · Recommendation letter from present work office

  333. ass.nama saya wenny , saya lulusan hukum, saya ingin melanjutin kuliah s2 di india……. kira-kira saya cocok jurusan apa buat lanjutin s2 saya

  334. Beasiswa « PPI-India.Perhimpunan Pelajar Indonesia di India…

    […]klo alamat buat ngirim berkas kita yang mau daftar … saya popy, saya lagi nyari informasi beasiswa nih buat study … kedubes india kan adanya di jakarta, sementara saya …[…]…

  335. saya avidea .. ingin melanjutkan s2 di kashmir jurusan bahasa inggris.. kira-kira ada apa tidak ya dan cocoknya di universitas mana..

    • stahu saya tidak ada mahasiswa yang kuliah di kashmir. daerah konflik mbak. Masuk ke kashmirnya aja perijinannya susah. hehe.
      tapi coba browsing aja.

      kalo kuliah bahasa inggris, bisa ambil di Delhi University dan EFL University Hyderabad. dua2 termasuk yg paling reputable di India.

  336. halo nama saya Rani , saya di Indonesia mengambil kuliah ilmu komunikasi jur.Boadcasting dan sangat sekali belajar di india ,kalau boleh tahu adakah beasiswa untuk kuliah di india. terima kasih :)

    • halo, mbak..
      rencananya di Indianya mau ambil jurusan apa? apakah komunikasi lagi, atau cari jurusan lain?

      untuk komunikasi, yang paling bagus itu IIMC (indian institute of mass communication. MICA (Mudra Institute of Communication) di Ahmedabad juga bagus. coba browsing2 dulu

      Beasiswa ke India yang paling umum adalah dari ICCR > iccrindia.net. untuk tahun tesnya sudah lewat. ditunggu aja mbak yang tahun depan. biasanya bulan januari. Nanti ICCR juga akan merilis universitas mana saja yang bekerja sama dengan program beasiswa mereka. kita tinggal cek, jurusan yg kita mau ada apa ngga di universitas tersebut.
      :)

  337. Salam,
    mau tanya apakah ada mahasiswa Indonesia yang studi S1 Bahasa dan Sastra Arab di Aligarh Muslim University?
    mohon infonya

    terima kasih
    wassalam

    • setahu saya mahasiswa Indonesia di Aligarh cukup banyak. Namun saya tidak tahu pasti, ada atau tidak yang ambil jurusan s1 bahasa arab. silahkan ajukan pertanyaan ke facebook group PPI India, mudah2an ada mahasiswa Aligarh yg merespon

  338. saya ingin melanjutkan ke Alighart university,,, ada yang bisa saya hubungi via email,, aatau info tentang ALIGHART UNIVERSITY??

  339. Assalamualaikum wr.wb
    Dear Ms.A.S Takhi,
    Saat ini Saya sedang menyelesaikan study S2 Kebijakan Kesehatan, kemungkinan lulus akhir tahun 2012,dan berencana melanjutkan S3 di India,Universitas mana yg sesuai dan kualitasnya bagus?Dan kpn dbuka pndaftarannya?Persyaratannya apa saja?
    Terima kasih atas informasinya.
    Wassalam,
    Deepshika

    • Salaam, mbak deepshika

      Pertama, blog ini dikelola perhimpuanan mahasiswa indonesia di India mbak. Bukan dari embassy of India. Kalau mau tanya2 sm Mr. Takhi, (ke kedubes India), bisa telepon atau datang langsung ke sana.

      Kedua, perlu kembali kami ingatkan, mahasiswa di sini tidak serba tahu. Sama lah dengan temen2 yg di Indonesia. Jika ditanya, kampus mana yg paling bagus untuk jurusan yang spesifik, bisa jadi kita tidak bisa memberi jawaban pasti.Tetapi, kalo ditanya universitas mana yang SECARA UMUM termasuk unggulan, kami masih bisa menjawab.

      Kalau mbak mau sekolah di sini lewat jalur beasiswa, biasanya pembukaannya bulan Januari mbak. Coba dibaca lagi deh, di atas sudah berkali-kali dijelaskan :)

      Kalau dengan biaya sendiri, pembukaan pendaftaran berbeda-beda tergantung universitasnya. Tetapi biasanya sekitar bulan Februari – April.

      JNU (jawaharlal nehru university) adalah salah satu universitas yang paling bagus untuk ilmu sosial, dan dia punya center of social medicine and community health. Mbak bisa pelajari lebih lanjut di situs resmi universitas tersebut.

      Tetapi jawaban pasti tentang universitas mana yang paling bagus untuk jurusan mbak, kami tidak tahu. Mbak bisa pelajari sendiri lewat internet. Informasi dari internet lumayan banyak. oke, semoga penjelasannya cukup membantu ya mbak. sukses untuk s2 nya, dan ditunggu kedatangannya ke India :)

      • Asslkm,
        Saya mau nanya, antara Delhi University dan JNU bagusan mana untuk s3 jurusan kesehatan? mahasiswa Indonesianya lbh banyak dimana?makasih

  340. Mahasiswa Indonesia lebih banyak di Delhi Univeristy mbak. Secara umum, JNU dan DU termasuk universitas paling bagus di India. Mana yang lebih bagus untuk S3 kesehatan, saya kurang tahu, Mungkin mbak bisa tanya ke temen2 yg ada di Delhi (bisa tanya lewat facebook group PPI India), atau browsing via internet. Kadang informasi di internet lebih lengkap dibanding pengetahuan kami. Terutama jika pertanyaanny untuk jurusan dan degree yg spesifik seperti pertanyaan mbak :)

  341. ass.
    mau nanya nih..
    kalo dari jurusan agama bagusnya melanjutkan ke uniersitas mana ya kak ?
    terus biaya kuliah nya berapa ??

  342. waduh,, sorry bagi pertanyaan yg belum di bi balas,, coz kalau mau jujur semua pertanyaannya sama semua,, :) kalau biaya siswa yg kita tahu itu adalah ICCR/ indian council for culture and relation,, ini dr pemerintah india sendiri,, nah ini scheme bukan hanya untuk indonesia student aja tp hampir semua negara,, tiap bulan,, quota pertahunnya sekitar 20 mahasiswa saja,, baik s1, s2 sampai s3 dah termasuk,, info ini bs di lihat dr website embassy india, yg di jakarta, consulate india yg di medan, dan di bali,, pendaftaran biasanya bulan december akhir sampai january akhir,, semua berkas seperti dokument sekolah, tp harus di translatekan ke inggris dan di attasted di embassy atau konsulate india, ini untuk pengesahan supaya mereka percaya,,
    nah pasport juga salah satu yg di requirekan,, jd harus ada pasport dulu abru apply baik scholarshipnya maupun kalau mau biaya sendiri,,
    ngomong2 biaya sendiri ,, bisa bertanya majoritas jurusan apa yg mahasiswa dsni ambil? coz tuk jurusan ma university/kampus itu bs di check di internet,,( the best university in india) ,, :D ya kira kira seperti itulah,,
    tuk ajarn baru sekarang sudah di buka ,, jd kalau mau daftar silakan click tiap tiap website universitasnya,, example seperti pune university,, nah, kalau ada kesulitan baru bs ditanyakan :) ok,,

    tuk basic info,
    study di india cukup menantang,, baik bahasa(inggris), lingkungan( beda dgn indonesia) , musim yg extream ( summer, winter n rainy season) , makanan,, dan pergaulan,, semua harus dgn sabar, keberanian, dan percaya diri,, itu yg harus di bawa dr indonesia :)

    living cost ya tergantung city,, tp di pune dan mumbai,, sebulan bs sekitar 2juta setengah,, termasuk makan, minum, biaya rumah, bensin/transportasi dan jajan ,,

    hmmm tuk sementara sekian dulu,,
    info biaya kul itu bs dilihat di website universitasnya,, :)

    salam,,
    fazri aqsha
    vice ketua PPI india 2011-2012
    advisor PPI Pune-Mumbai 2011-2012

  343. sesuai dengan jawaban atas pertanyaan sebelum2nya bhwa program beasiswa D3 ke S1 belum ada, apakah bisa diartikan bisa menggunakan lulusan SMA untuk mendaftar ICCR? adakah batasan usia maks sejak dari lulus SMA bila menggunakan ijasah SMA? thanks banged buat jawabannya… re2

  344. aslm…
    saya Lia, lulusan S1 Ilmu Pendidikan Agama Islam, saya mencari beasiswa S2 untuk program Islamic Studies atau yang sejenis dengannya, kira-kira universitas mana yang menyediakan program tersebut?
    dan beasiswa apa saja yang bisa diambil?
    jazakallahuntuk infonya ~_~

  345. tuk iccr saya kira tidak ada pembatasan umur dsitu,,
    tuk biaya siswa dr pemerintah india ya cuma iccr td,, tp kalau boleh mau kasih masukan bs minta biaya siswa juga dr kota sendiri,, example aceh,, dengan membawa nama putra daerah,,
    program islamic studies itu kelihatannya di delhi,, hmmm universitas jamiah islamiah ,,

    http://jmi.ac.in/

    itu link campusnya,, bs di check dulu :) ,,

  346. saya bunawanti… saya baru lulus tahun ini… dan saya ingin melanjutkan study saya di india… tapi saya mau di kota srinagar.. kira-kira ada gk ya?? saya mau ngmbil psikolog..

  347. hi,,,saya mela,,tahun depan rencana lulus,,saya dari fakultas bahasa inggris pendidikan,,saya mau ngelanjtin s2 di india jurusan linguistic,,,kira2 dmana ya yg universitasnya bagus? yang di wilayah north india ada gak? terus adakah beasiswanya,,,thanks :)

  348. untuk apply beasiswa s2 di india ipk minimalnya berapa kak mohon dijawab pliiiisss

  349. saya lulusan teknik kimia ugm 2010. Apakah ada beasiswa kimia/tek kimia di india? apa syarat2nya?

  350. asalam..
    saya irfan, mahasiswa jurusan dakwah komunikasi prodi bimbingan konseling islam di STAIN Purwokerto…
    sy memiliki impia utk bisa meanjutkan s2 di india, kira2 kampus mana yg ada prodi bimbingan konseling islam ya? kalo gak psikologi…
    terus kalo kuliah di india bisa sambil kerja part time gak? ini mengantisipasi kalo gak dapet beasiswa dr pemerintah…
    terus kira2 biaya hidup yg dikeluarkan berapa dalam sebulan kalau di rupiahkan…
    sy ada rencana buat biaya sendiri soalnya…
    makasih

  351. Buat PPI India
    salam kenal saya zaki.sekarang bekerja di Kementrian Pertanian Indonesia..kira2 beasiswa pertanian di India ada tidak??mohon informasinya..kapan dimulai buka lowongannya..trimakasih..

  352. Very interesting topic, thankyou for posting. It is very usefull fact, but my advise don’t belive any thing without verifying it.

  353. salam kenal saya tya. saya sudah lulus D3 Kebidanan,rencana mau ngelanjutkan kuliah ke india yang menyediakan bea siswa untuk thn 2014, saya akan ambil jurusan apa saja di universitas tersebut yang penting menyediakan bea siswa.. gmn caranya,mohon infonya ya.. trima ksh

  354. asslm.. nama saya moh. jamal saya sekarang semester7 jurusan sastra ingris di universitas negeri trunojoyo madura. madura-jawa timur.
    saya ingin sekali setelah lulus nanti bisa melanjutkan kuliah di india dengan jurusan yang sama.tentunya dengan beasiswa

    saya minta bantuannya sekiranya saya bisa mempermudah dalam melanjutkann kuliah di sana.

    terimakasih

  355. assalamu’alaikum saya khairul tamatan al azhar kairo jurusan hadist..
    saya mau mlanjutkan studi magister saya ke india..
    krn kt banyak teman madrasah hadist di india terkenal bagus
    tapi setelah browsing di net kebanyakan info studi yg sy dp hanya ttng science..
    ada ga universitas yang cocok untuk studi saya..
    mhn infonya akhuya…
    waffaqakumullah..

  356. assalamualaikum kakak2 PPi India..
    saya mau tanya, adakah program study S2 penerbangan/ aeronautical di India?

    saya butuh sekali info ini..
    trimakasih sebelumnya :)
    wassalamualaikum

  357. assalamualaikum,,,
    senang bisa menemukan halaman ini,,
    saya butuh inffo ,,untuk program s2 administrasi publik dong,,d universitas mana yang ada dan bagus ya?
    terimakasih,,wassalamualaikum

  358. Salam konservasi…
    Saya lulusan Biologi S1 konsentrasi Bioteknologi. Saya berminat mengajukan program beasiswa S2 dengan disiplin ilmu yang relevan. Sekiranya adakah informasi untuk pendaftaran tahun 2012/2013?
    Terima kasih atas bantuan yang diberikan.
    Salam konservasi…

  359. hay, nama aku suardi sahid sekarang aku kuliah di makassar jurusan bahasa inggris aku pengen banget ngelanjutin s2 aku di luar negeri terus aku pengen dapat beasiswa biar aku bisa ngelanjutin study aku lg,terus cara untuk dapat beasiswanya gmn yha,…

  360. cara dapetin beasiswa di india gmn

  361. mohon informasi untuk mengambil master in commerce di india, yang bagus dimana ya? klo ada beasiswa lebih bagus lagi..

  362. I’m sorry..
    My name khoirul muttaqin..
    I’m thrid class of senior high school..
    I will ask some problems about schoolership of india university. And how to get schoolership there.

  363. selamat malam…
    ada ngga rekomendasi untuk S2 jurusan hukum???
    Soalnyaa tertarik pengen nglanjutin di india…terima kasih :)

  364. Assalamu’alaykum… Adakah beasiswa ke India untuk program studi Ekonomi Islam?

  365. Assalamualaikum.. maaf mau bertanya. adakah beasiswa S2 untuk jurusan pendidikan atau budaya di India? saya ingin sekali kuliah meneruskan S2 untuk salah satu jurusan tsb di India.. mohon dibalas ya admin, saya sangat mengharapkannya.. trima kasih :)

  366. Namaste….
    Mera naam hai Abdul Gafur, but every body calls me Baadshah…
    Saya sudah lulus S1 jurusan Sosiologi di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Saya ingin melanjutkan S2 di India dengan jurusan yang sama. Apakah pemerintah India/Indonesia menyediakan beasiswa S2? Di samping itu, saya mohon penjelasan tentang biaya kuliah di India berikut dengan biaya hidup.
    Syukri…

  367. mba.. saya mala, sekrg sy sedang menyusun tugas akhir S1 jurusan hubungan internasional, untuk di india universitas apa yang bagus untuk dijadikan referensi mengambil program master s2 hubungan internasional , dan jika ada peluang untuk beasiswa tolong segera di informasikan ya mbak,, salam kenal. mala.

  368. Surey, i so interest ot get a schoolarship in india, please help me n expalin the step..

  369. is there any newest scholarship? i wish that i can continue studying about art or design there

  370. Assalamualaikum, nama saya sukainah. insya Allah tahun depan saya lulus smu. jurusan ipa. saya ingin melanjutkan kuliah S1 jurusan biologi atau biologi science. yang ingin saya tanyakan. universitas mana yang sesuai untuk rencana kuliah saya. dan kira2 berapa biayanya. karena dari info yang saya dapat bahwa sekolah di universitas di india sangat murah. terima

  371. selamat pagi…
    maaf saya mau tanya.. persyaratannya apa saja ya, untuk mendapatkan beasiswa ke india.??

    by. Subkhi

  372. salam.
    saya Nurmay, saya butuh info beasiswa ke india untuk tahun 2013.
    mohon bantuannya.

  373. selamat pagi.

    salam kenal..maaf mengganggu sebelumnya ya…
    saya mau tanya universitas yang memberikan beasiswa S3 untuk jurusan administrasi publik di India itu dimana ya? syarat2 nya apa saja? terima kasih sebelumnya ^_^

  374. Halo, adakah beasiswa humaniora di universitas India? saya excited sekali sambil mencari informasi untuk ini. Terima kasih :)

    Annisa Rizkiana Rahmasari

  375. Mas Anak saya mau kuliah ..rencananya mau ke kedokteran…di Indonesia kayaknya kedokteran di INdonesia tinggi sekali biaya dan persaingannya… dan juga mutunya juga belum menjamin …untuk kuliah ke dokteran di Indonesia bisa nggak ya Pak untuk kita orang Indonesia..?
    Pls advice…

  376. Saya mau tanya setelah mengikuti proficiency test kpn biasanya daftar aplikan ICCR mendapatkan informasi lg? Saya sedang menunggu informasi daftar para aplikan yg menerima scholarship ICCR periode 2013-2014. Adakah email atau contact person yg bisa saya hubungi untuk sharing personal experience?
    Pls answer. Thank u so much.

  377. asalamualaikum
    nama saya ise bagaimana caranya saya bisa mendapatkan beasiswa kuliah di india? bagaimana dengan biaya nya?

  378. Dear Pengurus PPII..
    bisakah sharing, bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke India.. saya minat di bidang Ilmu Perpustakaan..
    terimakasih ya sebelumnya

  379. mau tanya donk
    pg college rishikesh dan U.s.v.v haridwr dan k.k.w rishikesh
    apakah ada universitas tersebut di India dan bila ada di bidang apa itu universitasnya
    terima kasih atas bantuannya

  380. This website is great 6a0128b7720c7c90fe6a3f503894b225

  381. asslm……………..
    namma ku muliady, aku dri kecil pengen banget kuliah di luar negri tepatnya di india universitas apa yang murah untuk ku nantii? klau bisa biasiswa ?? kalau ada apa ja persyaratannya?

  382. assalamualaikum. nama saya agung, saya ingin melanjutkan kuliah s3 di india, di kota delhi,apa saja persyaratannya dan bagaimana cara mendapat beasiswa, serta kira-kira biaya hidup di delhi berapa perbulan. mohon infonya. terima kasih. wslm

    • salam kenal..saya ratih lulusan fakultas teknik jurusan arsitektur USU…ingin melanjutkan S2 ke india..kira-kira universitas mana yg ada beasiswa untuk jurusan yg sesuai dengan lulusan S1 saya??pastinya pengen yg bagus..mohon infonya ya..tq

  383. assalm alaikum….! untuk S2 AGRA UNIVERSITY ada nggak ya…jurusan sejarah atau hukum islam.. ??? biasanya di india bahasa pengantar kuliahnya apa???
    khairul amri sedang kuliah di uin sunan kalijaga yogyakarta

  384. PPI INDIA PINDAH SITUS BARU!!!!!!
    situs ini sudah tidak ada adminnya!!!!

    ppi-india.org

    ttd
    Divisi IT PPI India 2013/2014

  385. Mat malam..
    saya jimy, PNS peternakan lulusan D4 penyuluhan peternakan
    saya kepingin melanjutkan studi S2 ke india..
    kira2 perguruan tinggi mana yang cocok,
    bagaimana cara mendapat beasiswa, dan kira-kira biaya hidup berapa perbulan. mohon infonya. terima kasih.

  386. Pagi, sy mau nanya. apakah ada beasiswa ke india selain ICCR? apakah ada pertukaran pelajar ke India dalan jangka waktu yg hanya 2-4 bulan? kalau ada apa nama program beasiswanya ya..

  387. Nama Saya lusi,,,,saya lulus sma dan ingin mnybung kuliah d AMU
    dan saya ingin dapat beasiswa disana

    mohon infonya dan untuk jurusan di sana apa aja??makasih

  388. assalamualaikum….
    saya Fitri, mahasiswi akhir S2 UIN jogja. Kebetulan tesis saya mengkaji India dan sumber-sumber India. Kalau saya beli buku terbitan India dan dikirim ke Indonesia bagaimana caranya….
    trmksh

  389. assalamualaikum,nama saya annisa saya skrng kelas 3 sma,saya ingin meneruskan kuliah di india kira kira jurusan apa yang banyak peluangnya di india dan apakah ada universitas di india yang ada program beasiswa? terima kasih mohon bantuannya kak

  390. Hello,, If anyone could could help me, i want to enquire about the majors as i had been graduated from Bachelor of Environmental Engineering (S1). I am willing to continue master in Management field. Does the General Cultural Scholarship (http://indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-04-25/education2/scholarship/general-scholarship-scheme) provide Major in Management?

    could you please figure where i could find for the major lists.
    I’m looking for your information asap :) Thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 85 other followers