Kuliah di India

Kuliah di India? “Nehi, Nehi” …

KEDUA orangtua Dodo, kini 26 tahun, setengah tidak percaya saat ia memutuskan akan meneruskan kuliah di India. Dosen-dosennya tidak mendukung. Kawan-kawannya di kampus juga dibuatnya heran. “Sekolah di India? Nehi, nehi…!” kata kawan-kawannya berkomentar.

SEMULA jika ditanya keberadaan Dodo, orangtuanya pun hanya menjawab bahwa Dodo tengah belajar di luar negeri. Nama India tidak pernah disebut-sebut.

“Hampir tidak ada yang memberikan dukungan saya kuliah di India,” kata Sotar Dodo, alumnus Jurusan Akuntansi Universitas Trisakti, Jakarta.

Lulus dari Trisakti tahun 2001, Dodo semula bermaksud meneruskan kuliah di Filipina. Akan tetapi, gara-gara krisis, biaya untuk kuliah ke Filipina jadi membengkak. Apabila tetap ke Filipina, ia harus menunda keinginannya melanjutkan studi.

Saat itulah ia diberi tahu seorang kawannya, anak diplomat Indonesia di New Delhi, tentang perguruan tinggi di India yang tidak kalah bagus dengan perguruan tinggi di Australia, Inggris, maupun Amerika Serikat. Uang kuliah dan biaya hidupnya pun relatif murah. Dodo tertarik dan nekat memutuskan berangkat ke India.

Saat memulai kuliah di India, ia sempat terkaget-kaget. Boro-boro seperti Kampus Trisakti yang metropolis. Kuliah ber-AC, restoran cepat saji, dan tempat fitness di kampus, mau nonton film atau mencari barang-barang bermerek tinggal menyeberang ke depan kampus. Kemewahan seperti itu tidak akan ditemui di sebagian besar kampus di India. Apalagi di kota kecil Agra, kota tempat Dodo kuliah.

“Di Trisakti saya kuliah ber-AC, dosen mengajar pakai slide atau power point, semua ruang kelas pakai whiteboard. Begitu ke sini, kayak kembali ke SD inpres! Kembali ke kapur dan papan tulis. Bangku pun harus dibersihkan dulu sebelum duduk,” ujarnya.

Dodo baru lega ketika masa kuliah dimulai. Pendidikan di India memang lebih mementingkan isi daripada kulitnya. Meski gedung-gedungnya kusam, hampir seluruh dosen yang mengajar di kampusnya bergelar doktor.

Mereka benar-benar mengajar, tidak pernah mewakilkan tugas mengajar kepada asistennya. Dosen-dosen itu juga begitu gampang ditemui. Dodo yang berangkat ke India atas biaya sendiri saat ini telah menyelesaikan studi master di bidang perdagangan dan berniat melanjutkan ke tingkat doktor.

Penampilan fisik kampus-kampus perguruan tinggi di India memang tidak menjanjikan.

“Perguruan tinggi di India memang tidak sibuk dengan urusan lipstik. Bagi mereka yang penting substansi pendidikannya. Kecantikan dari dalam,” kata Wisnu Setiawan, dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta yang tengah menempuh studi master bidang arsitektur di New Delhi.

Kampus Indian Institute of Technology Delhi yang berada di peringkat keempat sebagai universitas terbaik versi Asiaweek pada tahun 2000 juga sangat bersahaja. Dinding-dindingnya kusam, sebagian lapisan semen pada tangga menuju ke lantai atas ambrol, dan tidak ada mesin pendingin sekalipun panas di New Delhi bisa ekstrem.

Penampilan fisik yang sangat sederhana itu jamak dijumpai di kampus-kampus perguruan tinggi di India. Tetapi akses memperoleh ilmu berlimpah. Perpustakaan lengkap dengan koleksi buku dan jurnal terbaru, komputer terkoneksi internet dapat diakses gratis oleh mahasiswa, buku mudah dicari dan murah.

“Dosen-dosen di sini sangat memerhatikan mahasiswa. Mereka mudah ditemui. Semua pengajar saya bergelar doktor. Kalau di Indonesia sulit ditemui doktor datang sendiri mengajar mahasiswa S1,” kata Zamashari (24), yang baru saja menyelesaikan studi Islam di Universitas Jamia Millia Islamia, New Delhi.

INDIA tidak diragukan lagi reputasinya dalam mengelola pendidikan tinggi. Di bidang kedokteran, manajemen, sains dan teknologi, keberhasilan pendidikan tinggi di India telah diakui secara internasional. Sekolah-sekolah kedokteran di India dikelola dengan standar internasional sehingga lulusannya laku bekerja ke luar negeri. Sekitar 30 persen dokter yang bekerja di Amerika Serikat berasal dari India.

Di bidang teknik dan teknologi informasi, India adalah tempatnya. Tiap tahun perguruan tinggi di India menghasilkan 200.000 ahli peranti lunak. Keahlian mereka juga diakui secara internasional. Di Microsoft, raksasa perusahaan peranti lunak di Amerika Serikat, tidak kurang 30 persen pekerjanya berasal dari India meski Bill Gates hanya menyebut angka sekitar 20 persen.

India memiliki tujuh institut teknologi yang telah ditetapkan parlemen sebagai pusat unggulan nasional. Tujuh institut teknik itu merupakan bagian dari 13 perguruan tinggi yang ditetapkan sebagai pusat unggulan nasional yang disokong dananya oleh pemerintah pusat.

Dalam penyelenggaraan pendidikannya, Indian Institute of Technology (IIT) telah mencapai kelas dunia. Untuk warga India, biaya kuliahnya hanya sekitar 30.000 rupee, atau sekitar Rp 6 juta per tahun dan sebagian besar mahasiswanya tinggal di asrama. Itu pun sekitar 80 persen mahasiswanya memperoleh beasiswa.

“Sebagian besar mahasiswa kami tidak perlu merogoh kantong sendiri untuk kuliah,” kata Prof Khusal Sen, pengajar jurusan tekstil IIT Delhi.

Di IIT Delhi, sekitar 20 persen lulusan program S1-nya memilih meneruskan studi. Sisanya langsung bekerja. Sekitar 80 persen di antaranya menyerbu pasar kerja luar negeri, terutama Amerika Serikat.

Bagi warga India, IIT Delhi bisa membalikkan tangan nasib seseorang, dari golongan bawah menjadi kelas menengah atas. Menurut Arnav Sinha, mahasiswa tahun terakhir di Jurusan Teknik Kimia IIT Delhi, bila langsung bekerja di India setelah lulus ia akan memperoleh gaji sekitar 400.000 rupee (Rp 80 juta per tahun) yang akan menempatkan dia dalam posisi kelas menengah atas di India.

Reputasi yang mendunia itu juga mulai dicapai sekolah-sekolah bisnis di India. Dalam beberapa tahun terakhir enam institut manajemen India melejit reputasinya karena mengadopsi materi dan cara pengajaran yang berkelas internasional. Indian Institute of Management di Ahmedabad, misalnya, hampir disejajarkan sekolah bisnis di Harvard. Lulusan terbaiknya diperebutkan perusahaan-perusahaan top di Amerika Serikat.

Di balik persoalan kemiskinan, buta huruf, dan angka putus sekolah di tingkat pendidikan dasar yang tinggi, India menghasilkan ilmuwan-ilmuwan terbaik di dunia. Sederet pemenang Nobel lahir dari negara berpenduduk sekitar satu miliar itu. Sebutlah Amartya Sen pemenang Nobel bidang ekonomi, Subrawanian dan Cancrashekar Venkantaraman di bidang fisika, serta Hargobind Khorana di bidang kedokteran. Belum lagi Ibu Theresa pemenang Nobel bidang perdamaian dan Rabindranath Tagore di bidang sastra.

REPUTASI gemilang perguruan tinggi di India itu belum diperhitungkan orang-orang Indonesia yang ingin belajar ke luar negeri. Tiap tahun belasan ribu mahasiswa Indonesia lebih memilih perguruan tinggi di Australia, Inggris, atau Amerika Serikat. Tidak jarang pilihan itu asal ke Australia, Inggris, atau Amerika Serikat tanpa ambil pusing dengan reputasi institusi dan kualitas program studi yang dipilih. Mahasiswa Indonesia yang belajar ke India jumlahnya hanya puluhan, itu pun sebagian besar berangkat ke India karena memperoleh beasiswa.

Dalton Sembiring, Konsul Kebudayaan Indonesia di New Delhi, mengatakan pendidikan tinggi di India merupakan alternatif yang baik untuk melanjutkan studi. Sistem pendidikan tinggi di India telah diintegrasikan dengan standar internasional. Sayangnya tidak banyak orang Indonesia yang mau belajar ke India, apalagi untuk bidang teknik dan teknologi informasi. Padahal, kata Suhadi M Salam-diplomat Indonesia di New Delhi- orang-orang India sangat menguasai teknologi. “Di Amerika Serikat atau Australia sekalipun, banyak pengajar teknologi informasinya berasal dari India,” kata Suhadi.

Biaya kuliah dan biaya hidup di India masih tergolong murah untuk ukuran mahasiswa asing. Untuk mahasiswa asing, biaya kuliah S1 rata-rata hanya sekitar 500 dollar AS (kurang dari Rp 5 juta) setahun. Untuk program magister bisnis, biayanya masih berkisar Rp 40 juta per tahun, sudah termasuk biaya hidup di asrama.

Sayangnya, institusi pendidikan tinggi di India kebanyakan masih konservatif dalam menawarkan pendidikannya untuk mahasiswa asing. Tidak seperti perguruan tinggi di Australia, Eropa, dan Amerika Serikat yang telah mengemas pendidikan tingginya menjadi industri didukung dengan petugas pemasaran yang agresif, pendidikan tinggi di India lebih bersikap menunggu.

Prof Khusal Sen dari Departemen Tekstil IIT Delhi mengatakan, lembaganya tidak memberikan perlakuan khusus kepada mahasiswa asing. Mahasiswa asing bisa saja masuk IIT Delhi asal lolos ujian saringan pertama dan ujian esai yang diikuti tidak kurang dari 270.000 peminat.

Akan tetapi, sejumlah perguruan tinggi lainnya seperti IIT Roorkee dan Universitas Jamia Milia Islamia menawarkan prosedur berbeda bagi mahasiswa asing. Menurut Direktur IIT Roorkee Dr Prem Vrat, mahasiswa asing yang ingin masuk IIT Roorkee cukup mengirimkan lamaran tanpa harus mengikuti seleksi masuk bersama ratusan orang India lainnya, meski kualifikasi untuk mengikuti studi di perguruan tinggi itu tetap disyaratkan.

India memang menjanjikan banyak untuk mereka yang ingin mencari ilmu. Akan tetapi, untuk orang-orang muda yang ingin mencari kenikmatan hidup, India bukan tempatnya. Jalanan di New Delhi dan kota-kota lain di India tidak lebih beradab dari Jakarta. Lomba bunyi klakson tidak pernah sepi di jalanan. Permukiman kumuh, orang miskin, dan pengemis ada di mana- mana. Mal dan sinepleks hanya ada satu dua di dalam New Delhi. Di luar sejumlah kecil enklaf yang dihuni superkaya, India masih berwajah miskin.

“Jangan harap bisa hidup bermewah-mewah kalau mau belajar ke India,” kata Suhadi.(P BAMBANG WISUDO)
Sumber: Kompas

113 Responses

  1. keren mas,jadi pengen ke sana ngelanjutin S2 sy. kebetulan jg di yk,hidupanya ga jauh beda dengan yg ada disana sepertinya.

    Yah, teman-teman yang lulusan YK juga bercerita bahwa di sini lingkungan kehidupannya mirip-mirip dengan S1-nya. Makin tertarik?🙂 (pmf)

  2. Buat PNS yang gagal dapat beasiswa, bisa jadi alternatif, cuman selain IT dan teknik, bidang studi lainnya misal ekonomi, accaountingnya gimana??? buat s2 dan sekalian kalo mau ngabil les bahasa inggrisnya…

    Untuk ekonomi ada juga, bisa dari yg level paling berat yaitu di IIM (Indian Institute of Management), atau di Universitas seperti JNU atau Delhi School of Economics. Untuk bahasa Inggris, di sini langsung wajib pakai bahasa Inggris tanpa ada trainingnya dulu, jadi persiapakan diri sebelum berangkat.(pmf)

  3. mas gimana, ada S2 untuk Ekonomi Akuntansi nggak?
    Tolong infonya ya…!!!

    Thank

    GBU

    Ada juga kok, silahkan dilihat di katalog universitasnya. GBU. (pmf)

  4. india… *bingung* ?
    nggg… kuliahnya dalam bahasa inggris? trus teman-teman kuliahnya gimana?😀

    Mau jawab *bingung juga* ??
    Kuliahnya wajib pakai bahasa Inggris, temen2 kuliahnya yah dari India dan dari negara-negara lainnya. Sekian. (pmf)

  5. klo cari beasiswa s1 ke india gimana caranya????
    klo jurusan pshycology ato sastra inggris di india bagus ga????
    4 juta pertahun teh dah ma living cost blm???
    replay…thx

    Caranya dengan membaca dan membuka halaman web ini dengan cermat dan seksama. Jurusan pshycology dan sastra inggris lumayan bagus, tetap bahasa inggris anda harus bagus juga, kalau tidak pasti bisa “keteteran”… 4 Juta pertahun yah belum sama living cost atuh.. Gmn itu?? (pmf)

  6. salam,

    @kim: untuk jurusan ekonomi, sebaiknya ngambil di delhi univesity aja. (www.du.ac.in)

    @dean: ekonomi akutansi nggak ada, yg ada cuma economi atau commerce aja.

    @heny: kalaou awal-awalnya bingung juga bah. tp lama-lama kelamaan nggak bingung lagi. trus, kalo bingung juga, kita jumpai ayahanda amitab bhachan.: hehehehe

    @prahita: silakan anda baca dulu “belajar di perguruan tinggi di india”. semuanya sdh kami jelaskan disitu. jurusan psikologi atau sastra inggris ada kok neng di india. 4 juta per program itu cuma biaya kuliah di DU aja. kalo di universitas lain, 5 juta per tahun.

  7. nama saya stevan tahun ini saya lulus sma, saya ingin melanjutkan kuliah di india saya tertarik pada teknik, saya ingin mendaftar yang non tes , tolong informasinya…. sekalian syarat2nya

    makasih sebelumnya

    Steven, kamu sekarang sudah sampai di Delhi, malah sudah mulai kuliah di Jamia Hamdard, dan sekarang (Juni 2008), sudah diterima di Delhi University, jurusan Computer Science pula.. Hebatt..!! Sekarang gantian kamu yang memberi informasi kepada calom mahasiswa lainnya yah. Awas kalau nggak, hehehe..

    Kawan-kawan, ini emailnya Steven (stevanchondro@yahoo.co.id) kalau ada yang mau minta pengalaman dia berangkat dari Indonesia ke India berbekal website ini..🙂 (pmf)

  8. saya mau tanya klo jurussan perfilmman d india ada gak?
    klo ada nama univnnya apa(web univnnya)?
    terima kasih?

    So far belum ada kawan yang ambil kuliah Perfilman di Universitas yang khusus. Sedangkan kalau penyedia kursus-kursus perfilman di Mumbai ada banyak. Bisa di cek melalui websitenya. Thanks. (pmf)

  9. gimana nich cara kuliah disana
    saya seorang guru honorer s1 sistem informasi
    ingin kuliah S2 teknik informasi atau informatika murah tapi berkualitas apalagi guru
    yang pendapatannya kecil tolong bantu gimana yach
    bantu donk teman-temana

    Kalau ingin murah, atau gratis silahkan mendaftar beasiswa Pak. Jika anda lulus beasiswa berarti anda qualified untuk merasakan pendidikan murah bermutu dan anda pun siap bersaing juga. Silahkan dilihat kembali halaman web ini. Terima kasih. (pmf)

  10. aku pengajar di politeknik negeri ujungpandang, ingin melanjutkan kuliah s2 di India, ada bisa bantu ngak dengan langkah-langkah konkrit, misalnya :
    langkah 1. aplikasinya diambil dimana..?

    langkah 2…..?

    tolong donk teman-teman

    Langkah-langkahnya sudah disampaikan pada artikel khusus, mohon dicek kembali. Terima kasih. (pmf)

  11. saya saat ini bekerja di salah satu perusahaan, dan saya mendapatkan tawaran untuk pindah ke India dan melanjutkan studi di sana…saya ingin menanyakan standard gaji di India apakah sudah ada surveinya…terutama untuk eks patriat sebaiknya pasanga standard harga berapa?

    Kami belum tahu pasti standar gajinya, sepertinya tergantung dengan perusahaan itu sendiri, apakah perusahaan local atau MNC. Jika perusahaan asing biasanya salary.nya cukup tinggi bila dibandingkan dengan India. Namun demikian perlu diperhatikan, dikarenakan biaya hidup di India tidak semahal negara-negara lainnya, artinya standar gajinya pun tidak bisa dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Demikian yang bisa kami sampaikan. Terima kasih. (pmf)

  12. KAMI MENUNGGU HASIL DARI TAMATAN INDIA. CEPAT PULANG YAA..

    Anda menunggu kami di mana? Nanti akan kami datangi bila perlu. Siap kan? (pmf)

  13. Saya ingin menyekolahkan anak di IIT Delhi, bagaimana caranya. Sekarang anak saya masih sekolah di SMA – Bandung ? Ditunggu

    Untuk sementara, IIT Delhi hanya bisa memasukan mahasiswa yang berhasil lolos ujian masuk. Untuk ujian masuk itu sendiri harus datang ke Delhi. Menurut pengalaman salah seorang rekan kami, bobot ujiannya sangat berat (3 kali bobot Indonesia), untuk itu persiapkan diri dengan matang apabila benar-benar ingin terdaftar sebagai mahasiswa IIT Delhi. Kami akan bantu sebisa mungkin. Terima kasih. (pmf)

  14. hai gw mo nanya nih masalah biaya kuliah di india khususnya IIT berapa ya ? and untuk jurusan it.

    Hi, lo orang bisa cek langsung di website-nya masing-masing, karena IIT itu ada banyak coy, tinggal pilih mau di kota mana. Tapi, selain untuk urusan doku, lo juga kudu siap bersaing saringan masuknya, bandingannya gede. Kita sih siap aja bantu sebisa mungkin. Gmn, udah merasa tertantang nggak? Kita tungguin deh di sini. Okee Boss…!

  15. keren abis. hidup dengan penuh perjuangan. oya tolong kasih tahu tentang informasi apoteker/pun S2 untuk farmasi

    Apanya yang keren Wan?🙂 Betul hidup itu penuh perjuangan dan perencanaan. Untuk farmasi sementara ini kami belum ada info, mungkin bisa ditanyakan langsung ke kedutaan India di jakarta atau ICCR. Jika ada info baru akan kami sampaikan langsung. Demikian dan terima kasih. (pmf)

  16. oya +biaya untuk apoteker/pun lulusan farmasi ( S2nya)…..mksh.

    Jawabannya masih idem a.k.a sda.

  17. Salam Sejahtera, Klo pingin melanjutkan Pendidikan Dokter Spesialis Bedah di India gimana ya?, Thak’s atas infonya

  18. Kawandz… saia smstr 4 pOLTEK ui, jursan T.SIPIL, disANA ada exTEnsi S1 g? spERTina di INDIA memANG u orG bLAjar…
    klo T.SIPL univ mana yg BGUs di INDia…
    klo engLIshna g jagO2x amat gMANA??
    trUZ klo kULyah disANa,tinggALna dmana??

  19. kawan,
    cuma nanya aja, kalo kuliah S2 bidang politik di jamiah islayiah new delhi memang 2 tahun ya lamanya?

    makasih ya

    Bona

    benar kawan,,
    satia

  20. Maaf nih, aq mau tau dong, berapa sih biaya kuliah di India per tahun untuk mahasiswa Indonesia…Jurusan Business atau Communication, n yang bagus dimananya, terima kasih banyak

  21. Saya mau nanya nih, kalo mau masuk S2 finance di ahmedabad atau bangalore susah ga ya???

    kira2 gmn? koq saya baca di wikipedia ngeri banget probabilitas ketrimanya jauh lebih kecil daripada masuk harvard. apa buat foreign students ada kebijakan khusus?

    mohon info lengkapnya coz di sini kebanyakan membahas IIT jarang yg bahas IIM.

    untuk masuk ke IIT atau IIM ada ujian masuknya, jadi syaratnya hanya lulus ujian masuk tersebut. sudah ada mahasiswa indonesia yang berhasil menembusnya koq. sedangkan untuk IIT Roorke ada kebijakan khusus bagi mahasiswa Indonesia, jadi setiap tahun Pemerintah India memberikan scholarship kepada Indonesia (colombo plan) untuk belajar di IIT Roorke, tahun ini saja ada sekitar 18 orang yang berada di sana.

  22. […] Comment on Kuliah di India by daxon Saya mau nanya nih, kalo mau masuk S2 finance di ahmedabad atau bangalore susah ga ya??? kira2 gmn? koq saya baca di wikipedia ngeri banget probabilitas ketrimanya jauh lebih kecil daripada masuk harvard. apa buat foreign students ada kebijakan khusus? mohon info lengkapnya coz di sini kebanyakan membahas IIT jarang yg bahas IIM […]

    untuk masuk ke IIT atau IIM ada ujian masuknya, jadi syaratnya hanya lulus ujian masuk tersebut. sudah ada mahasiswa indonesia yang berhasil menembusnya koq. sedangkan untuk IIT Roorke ada kebijakan khusus bagi mahasiswa Indonesia, jadi setiap tahun Pemerintah India memberikan scholarship kepada Indonesia (colombo plan) untuk belajar di IIT Roorke, tahun ini saja ada sekitar 18 orang yang berada di sana.

  23. Saya masih study S1, tunggu aku Negeri Nehi-Nehi 4 tahun lagi…

  24. Saya ank suraBaya da kLz 3,mw ambil kul IT d india,
    kira2 IIT di india slain deLhi yg skrax ujian msukx ga sesulit delhi dmana ya?kq kyakx susah bgt gt msuk IIT Delhi,
    uang kuliahx untk IT sktar 6juTa rp ato 25 jta rpiah?

    kalau untuk IIT bisa dikatakan seluruh india ujian masuknya cukup berat, karena untuk belajar IT, IIT adalah institusi paling bergengsi di india bahkan di dunia. jadi persiapan untuk ikut test harus benar benar matang.. selamat berjuang

  25. Salam,
    Mas,saya tertarik dengan program Beasiswa dari Nu yang ke India. tapi saya belum banyak tahu ttg univ.di sana. Tp, alhamdulilah, tulisanmu agak menolong. Oya, saya rencananya mo lanjutin ke S1 jurusan sastra Inggris or Ekonomi. Enaknya gmn n dmn tu? Tq…

    Universitas yang biasa dijadikan tujuan mahasiswa Indonesia: Jamia Millia Islamia, Delhi University (New Delhi), Aligarh Muslim University (UP), EFLU, Osmania University (Hyderabad), Pune University (Pune) dll.
    ZIP

    • Mas, saya ingin tanya ad gak jurusan fkip(keguruan)di india?
      Dan dimana saya dapat menjumpainya?
      Bagaimana prosedurnya?

  26. saya mau nanya. klu kuliah biaya sendiri di india gmna prosedurnya and ap aja syarat na

    Sdr. Mirza, kita sudah tulis lengkap di kolom beasiswa. Silakan dibaca. ZIP

  27. salam kenal mas faiz,
    terima kasih atas info dari PPIINDIAnya semoga memberi manfaat bagi putra Indonesia yg mau cari pendidikan di India.
    mohon informasi berkaitan dengan sekolah disain grafis dan multimedia, apa saja persyaratannya dan kampusnya ada di wilayah/kota mana di India?
    salam, selamat Berjoeang sobat

    mumbay university

  28. Mau nanya dong.. saya lulusan S1 akuntansi dan sudah bekerja beberapa tahun.. rencana mau lanjut S2 di India tapi saya mau ambil IT.. kira2 bisa gk ya? karena klo boleh jujur sebenarnya saya salah jurusan pada saat ambil S1 akuntansi.. :p Mohon tanggapannya..

    Biasanya jika untuk jurusan sosial agak susah masuk jurusan teknik. Tapi kalau kamu bisa appear untuk entrance test di universitas yang kamu minati berarti tidak ada masalah. Atau mungkin kamu bisa refer ke universitas yang memberikan kemudahan bagi foreign national dan berbasis course not research

  29. mau nanya donk,,,,!

    ad email org yg ak bs hub ga??

    atau ada emailnya Konsul Kebudayaan Indonesia, Dalton Sembiring ga?
    boleh mnt?

  30. Salam,

    Mas2 or Mba2 PPI India.

    Alhamdulillah hari ini saya dpt pmberitahuan klo saya di trima di University of Delhi – M.A. Linguistics. Saya di minta brangkat tgl 25 or 29 Akhir July ini. Bisa kasih info ga kira2 siapa tmn2 PPI yg bisa saya hubungi di sana?

    Thanks…

    Silakan hubungi nomor ini: Musthafa:+919971185573 (Koordinator Humas PPI-India). Ditunggu kedatangannya. ZIP.

  31. kalo untuk jurusan komunikasi ada gak mas??
    biayanya biasanya berapa?? dan biasanya butuh rek koran 3 bulan terakhir gak yach???

    • Ya ada. Rek koran apa maksudnya? Kalau mendaftar sendiri biasanya syarat mendapat visa harus ada bukti rek bank.

      rekening koran maksudnya adalah bank statement

  32. asslm…
    apakah bisa, pengiriman pendaftaran dan mengirimkan berkas-berkas dengan menggunakan nmedia pos?
    jika bisa, tolong saya minta nomor kode pos yang menerima pendaftaran tersebut…
    terima kasih..
    wasalam..

  33. mas sya mw jg nih kul di india .
    da gk y beasiswa farmasi s1??
    msa lam knal y .
    klau gk kbratan critain kul di india lwat email onna_nee@yahoo.com

  34. mas kalo mau kuliah jurusan accounting di India bagusnya dimana ya?saya lulusan d3 akuntansi keuangan.ths

    Delhi University, Pune University, Osmania University. ZIP

  35. kalian semua hebat bisa bersatu meskipun berada di negeri orang…kami juga sebagai Universitas Swasta yang mulai maju di dunia IT …kini telah menawarkan banyak Beasiswa bagi para siswa2 yang berprestasi dan memang ingin melanjutkan pendidikannya.
    “Semoga kami juga bisa membantu anda, bersama dengan Universitas Gunadarma”
    Sukses bagi Indonesia…

  36. mas saya lulusan tahun 2009-2010
    dan saya mau kuliah di india..
    boleh minta reverensi nggak kampus yang mana aja yang bagus dan kalo kuliah biaya sendiri berapa ya…

    terima kasih

    delhi univ., jamia millia islamia, jawaharlal nehru univ. (new delhi), pune univ. (pune), osmania univ., hyderabad univ., EFLU (hyderabad), aligarh muslim university (uttar pradesh), bangalore univ. (bangalore).
    biaya kuliah tergantung univ. yg akan bersangkutan dan program yg hendak diambil. ZIP

  37. saya lulusan sma 2009/2010
    saya mau kuliah di india
    kira2 informasinya saya bsa dapat dimana ya.
    klo masuk di india, mesti pake ujian ya?
    tolong kabari saya di : libbissujessy@rocketmail.com

    untuk program beasiswa harus melewati ujian. untuk yg non-beasiswa ada universitas yang mewajibkan ujian masuk ada pula yang tidak. ZIP

    • kira-kira kalau kesana harus ngurus apa aja ya?
      syaratnya banyak ga?
      mohon informasi yang lebih banyak ya🙂

  38. saya lulusan PTS bid. S1 TI
    minta tolong informasi kuliah s2 t.informatika di india yg masuknya tanpa tes dan biaya kulnya paling murah, biaya hidup di india per tahun berapa ya?tolog di kabari lewat email saya : wahyoex99@yahoo.com

    tks. sebelumnya

  39. mas ada beasiswa g’ lanjut s1 ke india utk lulusan d3 khususnya jurusan teknik komputer dan jaringan. dimana y saya bs dapatkan infox beserta info kampus2x… trims sebelumx.

  40. informasi mengenai beasiswa bisa dilihat di website ini pada tab Beasiswa, untuk kampus2 nya lihat di http://www.ugc.ac.in/

    G.luck

  41. 40 juta pertahun untuk magister Bisnis, itu beasiswa atau bukan mas?
    saya berniat S2 di India

  42. mas..tolong dong informasinya buat saya…saya mau lanjutin S1 teknik sipil di india ada gak? saya lulusan D3..tolong ya infonya ke ninapermatasari@yahoo.com……sukhriya…

    silakan dibuka universitas2 berikut; Delhi University, Jamia Millia Islamia, Pune University dan Hyderabad University. ZIP

  43. mas, kalo prospek kerja di bidang farmasi di India gimana mas,,!?

  44. saya sangat tertarik ada nggak s2 untuk manajemen kehutanan, atau bidang apapun tentang kehutanan

    http://www.ppiindia.org

    ZIP

  45. saya panca saya ingin kuliah s2 di media and goverment di jamia millia islamia atau kuliah american studies di delhi university, kalau boleh tahu bagaimana cara mendaftarnya? syarat yang saya harus penuhi apa saja? dan biayanya berapa? apakah kakak2 ppi bisa membantu saya? saya berminat sekali….

  46. Selamat siang,
    aku mau tanya nhi. Aku sedang skripsi sekarang,, Akukuliah ngambil jurusan komunikasi massa di Universitas Indonesia. aku berencana mau nerusin kuliah di India.. kira2 untuk bidang komunikasi atau media,,ada di universitas mana ya?
    thx banget ya untuk infonya.

    • siang mas, aku mau tnya univ di hindi yg pnya jurusan komunikasi yg bagus di mn? aku mau lanjut S2 tertariknya sih di Jawaharlal nehru univ

  47. Pak,,, Persyaratannya apa” yaahh,,,

  48. mas mau tanya untuk ekstensi s1 jurusan administrasi aktuaria ada gak ya? makasih

  49. mas saya mahasiswa tekstil yang mau ngambil S2 textile chemistry di india
    hal apa aja yg harus saya siapkan ?
    terimakasih

  50. punya temen dari india dia kuliah jurusan kedokteran di BVU medical pune,, bgs ga tempat kuliah itu??
    and q heran,,umur 18-19 udh pd jd dokter,,n malah lg lanjutin k pasca sarjana,, emang sistem dsna gmna??koq msh muda udh pd pasca sarjana n udh bs jd dokter,,

  51. selamat siang
    saya sedang dalam proses melengkapi persyaratan beasiswa s2. dari beberapa hari ini coba buka website PPI yang baru kok tidak bisa ya??
    yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah mungkin membawa keluarga serta ke india?
    2. saya mencari s2 ilmu perpustakaan, kira2 di mana yang bisa dekat dengan sekolah indonesia-india (misal bisa bawa keluarga)
    ditunggu balasannya. terima kasih banyak

  52. saya sangat tertarik dengan informasi ini,kebetulan saya pernah training di india tepatnya di NBRI Lucknow, Utar Pradesh. Beberapa hari lalu teman saya dapat tugas belajar ke India cuma univnya srh cari sendiri, tanya ke saya tapi sy ga punya pengalaman dengan univ, apa bisa mas bantu info, teman saya mau ambil jurusan agribisnis..ya bidang pertanian..trims..kalo bisa saya diemail saja jawabannya..

    Silakan buka website Punjab Agricultural University: http://www.pau.edu/
    ZIP

  53. saya mau nanya kalo kedokteran kira2 univ d india bagus dmana yah?
    lebih mahal kah dari d indonesia?
    makasi..😀

    Top 10 medical colleges in India: http://www.indiaedu.com/top-educational-institutes/top-medical-colleges/
    Tuition fee-nya tentunya variatif. ZIP

  54. ass.. sya mau tnya univrts untk s2 pendidikan ad g??? ( konsentrasi pendidikan)

  55. salam,
    saya dinda.saya lulusan diploma manajemen 2010.
    2011 ini saya kepengen sekali bisa kuliah lagi..dan saya sangat berminat utk studi di india di jamia millia islamia,mass communication.saya sangat suka jurnalistik.mohon informasi mengenai beasiswa studi jurnalistik dikampus mana saja yg ada di india.lalu,bagaimana utk prosedur register online ke jamia millia islamia?adakah?bagaimana syarat”nya?
    mohon sekali bantuannya…
    salam

  56. Aku sekarang belajar di Universitas Negeri Makassar, jurusan teknik informatika dan komputer,.. aku tuh tertarik banget dengan india, pengen rasanya belajar kesana, tapi masalah financial kurang mendukung. kira2 ada beasiswa belajar gratis gak kak??? terus bisa sambil keja juga gak di India??

  57. saya Arief, sy tertarik dengan kuliah di India
    bagaimana untuk melanjutkan S2 di India? apa saja tes di iccr?

    saya tertarik dengan HPCC yang ada di JNU.

    Silakan dicoba beasiswa ICCR, dibuka tiap bulan desember. ZIP

  58. mas terimakasih atas infonya
    saya Candra Permana masih kuliah jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia. mau tanya universitas yang prodi sejarahnya bagus di universitas apa.minta referensinya mas.terima kasih

    Jawaharlal Nehru University & Delhi University. ZIP

    • terima kasih mas atas balasannya. kalau mas berkenan, saya minta info tentang persyaratan, biaya studi di University Of Delhi dan biaya hidup sehari2 disana include makan,tempat tinggal dan kebutuhan kuliah selama 2 tahun untuk dikirim ke alamat email saya di ghaoch_04@yahoo.com. syukur2 saya bisa dapat beasiswa dari ICCR,karena saya sangat berhasrat untuk kuliah s2 disana,semoga mimpi saya untuk kuliah disana terwuud,aamin. terima kasih.

      untuk berinteraksi langsung dgn temen2 PPI-India silakan masuk “chat group ppi-india” via facebook. thx.

  59. mas nama saya wiswa saya mau ngelanjut s2 saya di india di bagian teknologi informstiks, tu syarat2nya bagai mana ya mas
    thks

  60. salam kenal kk

    saya mau tanya kalau jurusan animasi, game atau desain yang bagus di India, universitas apa ya??

    Saya sekarang kuliah di indonesia tapi ngambil d3 dan masih jalan setahun. Ilmu yang saya dapat di bangku kuliah tidak lebih banyak dari yang saya dapat di internet….

    mohon dijawab ya kk…terimakasih

  61. terimaksih ats infonya.

    saya sangat tertarik untuk kuliah di India
    saya rencananya tahun ini mo ngambil beasiswa bpps, dan belum tau kampus mana yang mo di tuju,
    klo bisa saya mo minta info gimna caranya supaya bisa kuliag di IIM.

    thks sp much mas….!

  62. Perkenalkan, saya nadya.23 thn, Saya baru saja lulus dari magister ilmu hukum Universitas Indonesia, saya tertarik utk melanjutkan kuliah doktoral d india. Apa saya bs lgs apply? Atau saya harus ngambil LLM dsana? Univeristas apa yg fakultas hukumnya bagus di India, terimakasih

  63. saya pegawai negeri, umur 37 apakah ada beasiswa untuk melanjutkan s2 teknik, gimana cara mendapatkan beasiswa tersebut, matur suwun, aji surabaya

  64. saya pegawai negeri, umur 37 thn apakah ada beasiswa untuk melanjutkan s2 teknik, gimana cara mendapatkan beasiswa tersebut, matur suwun, aji surabaya
    Reply

  65. salam, mohon masukannya…rekan2 yang baik…
    nama saya Yunada, sedang mau applied untuk ambil course di India. saya bekerja di pemerintahan, kebetulan barusan baca pengumumannya dan masalahnya formulir besok mesti diserahkan. Nah yang mau saya tanyakan, setelah mempelajari dari sekitar 48 pilihan studi yang ditawarkan, ada 2 yang ingin saya ambil :
    (1) Certificate of Proficiency in Graphic & Web Designing @ APTECH LIMITED NEW DELHI, 12 weeks.
    (2) Advanced Course in Multimedia & Web Design Technology @ C-DAC MOHALI,12 weeks.
    Nah, masukan dari rekan-rekan, kira-kira kalau jadi saya mending applied yang mana ya? secara overall aja, mana yang benefitnya lebih besar ya dengan sekitar 3 bulan waktu yang kita habiskan disana.
    trims banget kalo langsung ditanggapin, supaya bisa bantu saya dapat pilihan terbaik. tenkyu

  66. Salam, mohon masukannya…rekan2 yang baik…
    nama saya Yunada, sedang mau applied untuk ambil course di India. saya bekerja di pemerintahan, kebetulan barusan baca pengumumannya dan masalahnya formulir besok mesti diserahkan. Nah yang mau saya tanyakan, setelah mempelajari dari sekitar 48 pilihan studi yang ditawarkan, ada 2 yang ingin saya ambil :
    (1) Certificate of Proficiency in Graphic & Web Designing @ APTECH LIMITED NEW DELHI, 12 weeks.
    (2) Advanced Course in Multimedia & Web Design Technology @ C-DAC MOHALI,12 weeks.
    Nah, masukan dari rekan-rekan, kira-kira kalau jadi saya mending applied yang mana ya? secara overall aja, mana yang benefitnya lebih besar ya dengan sekitar 3 bulan waktu yang kita habiskan disana.
    trims banget kalo langsung ditanggapin, supaya bisa bantu saya dapat pilihan terbaik. tenkyu

  67. maaf.. bisa saya minta pendapat kira2 univ mana yg bagus untuk meneruskan S2 jur pendidikan kimia?bisa khusus pendidikan atau ke kimia murninya.. saya dari Univ Sebelas Maret.. saya berniat ambil S2 tahun depan. oh iya kalau boleh saya mnta rincian biayanya..juga sistematika pendaftaran.. mohon sekali balasannya.. krn bnr2 butuh informasi.. trimakasih banyak

  68. assalamualaikum,,,,mau tnya,,,gmn pndapat anda tentang jurusan matematikanya?

  69. kalo universitas yang berjurusan herbal ada nggak? tahun ajaran dimulai kapan?

  70. mau tanya universitas di india mana yang bagus untuk jurusan business, manajemen, dan ekonomi ? di jawarhal nehru univ / dehli univ / AMU ?
    Kemudian, universitas di india yg fasilitasnya lengkap apa ya?

  71. saya lulusan dokter FK di Kalimantan dan tertarik melanjutkan spesialis di India.. ada ga beasiswa untuk spesialis di India..? apa saja syaratnya kira2.. makasih..

  72. tahu tentang beasiswa india tahun 2013..???

  73. […] murah. Dengan biaya kuliah 5 jutaan, anda bisa &#107&#117&#108iah S1 sampe selesai (lihat disini dan disini. Has&#105&#108&#110ya bisa dilihat sendiri, banyak orang india ada di&#32&#106&#97jaran […]

  74. maaf kaka ku semua apakah saya boleh meminta info tentang universitas mana saja yang mempelajari tentang bidang 1. cultural, 2.antropologi, dan 3.filosofi..saya berencana untuk melanjutkan s2 di india dan apakah ada beasiswa untuk bidang antara 3 ini,,,terimakasih banyak…

  75. mas saya mau tanya apa di india ada s2 jurusan peternakan dan uang semesternya atau satu tahun berapa……
    karena saya ingin s2 di india………

  76. mas klo s2 di jurusan islamic finance dimana yah bagusnya ?
    thanks

  77. Assalam.
    Aku mw nanya nich, di india it ada gx sekolah tnggi tknik, namanya Imperial College of Engineering(ICE)?

  78. ass.wr.wb
    mau tanya mas/mbak.. untuk kualitas fakultas hukum program magister gmna ? trus universitas mana yang bagus dg fakultas tsb danbiayanya brapa?

  79. assalamualaikum, sy ingin merefrensikan anak sy untk kuliah diindia. tp yg ingin sy tny kan gmn untk tempat toleransi beragama disana?

  80. Aku ada minat bgt pengen kuliah ke india. Kebetulan aku masih mahasiswi semester 3 di univ swasta dijakarta dgn jurusan psikologi. Untuk lanjut S2 yg ingin saya gapai itu salah satunya diindia. Mohon referensinya mengenai univ. Mana aja yg bagus di india. Thx

  81. Kalau s2 bidang Pertanian yg bagus dimana ya , terus kalau mau dapat beasiswa gmn, kalau ngajuin beasiswa dikti bisa ndk ya

  82. aslm. terimakasih ats infonya yang sangat berharga. saya skrg guru bahasa inggris di sma, saya berencana melanjutkkan s2 di india, saya mendapat info kalau mahasiswa asing untuk kuliah di Jamia Milia Islamia tidak mengikuti seleksi ujian apakah betul?tolong berikan sedikit referensi dan info mengenai fakultas apa saja yang ada disana? dan bagaiman dengan mahasisi perempuan apakaha ada asrama disana? mohon infonya, atau ckup kirim link nya agar saya dapat info lebih lengkap. terimakasih.

  83. saya lulusan d3 teknik kimia ITS saya berencana ikut kakak saya pindah tugas ke KBRI new delhi india,,apakah ada program lintas jalur/ektensi dari D3 TEKNIK ke S1 ekonomi di univ di new delhi india? terima kasih

  84. assalamualaikum mas, saya mahasiswi kedokteran di bandung,saya berencana ambil spesialis disana,
    program dokter spesialis di india yg bagus dimana yah?
    trs biaya kuliah kedokteran spesialis disana berapa?
    makasih mas

  85. assalamualaikum mas, saya mahasiswi kedokteran di bandung,saya berencana ambil spesialis disana,
    program dokter spesialis di india yg bagus dimana yah?
    trs biaya kuliah kedokteran spesialis disana berapa?
    makasih mas

  86. slmt malam ….. anak saya skrg kelas 3 SMA, kebetulan ada teman yang menawarkan untuk kuliah di india, anak sy mau ambil jurusan teknologi, apakah semua universitas disana ada asramanya ? karena sy pikir kalau ada asramanya akan lebih terjamin keamanannya, mohon informasinya mas, terimakasih

  87. hai selamat pagi :)) saya mahasiswi fakultas perikanan dan ilmu kelautan di universitas brawijaya, kebetulan sy masih berada di semester 3. saya sudah membaca informasi tentang study di india,mngkin awalnya sya masih belum ada niatan untuk mengambil master di sana, tetapi stelah sy pikir2 dan mrncari bbrpa informasi tntang study di india ada baiknya saya mencoba mengambil master disana.
    saya ingin mnanyakan apakah sy bisa mengambil jurusan yg bukan dr fakultas sebelumnya. maksut saya ingin mengambil manajement atau ilmu sosial. kira2 bisa diterima atau tidak?
    *terimakasih :))

  88. waaahh kerenn,jadi pengen kuliah d india tapi aku belum lancar berbahasa inggris hmm,,kemampuanku juga gax pinter,keuangan juga huftt,,uhh jdi pngennnnnn kuliah di india,,,,

  89. Mas, saya Prihantoro. Saya berencana melanjutkan kuliah S3 Pendidikan Bahasa Inggris atau Linguistik di India. Mohon informasi kampus yg memiliki jurusan tersebut. terimakasih

  90. mas, saya Taufan. saya berencana kuliyah S1 jurusan kedokteran atau tekhnik sipil di India || nah untuk biaya kuliyah, itu apakah sama apapun jurusannya? dan mengenai kost dsana gmna? biaya ngekostxa berapa?

    • ka aku pernah baca di blog dan untuk kedokteran lumayan mahal gak jauh beda denagn disinidan untuk jalur beasiswanya pun belu, tersedia

  91. kalo jalur beasiswa gmana ka? susahh gak ka univ daerah india selatan bagus mana? calicut kahhh ?

  92. saya yungkul, PNS di Kaltara, mau kuliah S2 ekonomi di India dg biaya sendiri. Pertanyaanx:
    1. Apa universitas yg ada ekonomi yg gak pake tes masuk…?
    2. Apa syarat masukx dan bagaimana prosedurx..??
    3. Tks.

  93. minta bantuan informasi universitas yang ada jurusan pendidikan anak usia dini di india. terima kasih

  94. admin, saya ingin s2 untuk mendalami sanskerta. universitas mana yang bagus? mohoon infonya ya kak…🙂

  95. saya ingin mengambil s1 jurusan manajemen informatika, kira kira apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengambil kuliah di india, universitas mana yg cocok untuk saya. dan bagaimana cara mendaftarnya ?? mohon bantuannya. terimaksih sebelumnya🙂

    please replay🙂

  96. assalammualaikum,maaf sebelumnya.
    admin, saya berencana mau ambil kuliah s1 jurusan kedokteran di universitas di manipal.
    yang mau saya tanyakan…?
    bagaimana cara mendaftar di universitas di india??
    dan apa saja syaratnya
    mohon bantuannya ya kak…
    terimakasih.

  97. Kalau belajar sastra india di sana da gk?

  98. selamat malam..saya ricca dr surabaya..alhamdulillah saya dpt beasiswa dr kedutaan india utk ambil itec course d mohali punjab..yang ingin saya tanyakan kira2 bagaimana sistem course nya disana..krn saya msh agak takut dengan ujian nya.. adakah orang yang bs di hubungi untuk bs sharing2 tpt utk kuliner dan tpt rekreasi dsana..terima kasih

  99. kalau untuk jurusan pembuatan film di jamia mlia islamiyah berapa pembayarannya

  100. Salam kenal kk…mau nanya,akukan lulusan tahun2012 tapi belum lanjut keperguruan tinggi,maunya lanjut ambil jurusan ekonomi akuntansi di india.ada nggak ya jurusannya terus bisa diterima apa nggak ya kak soalnya sudah lama nganggurnya kak..tolong dijawab ya

  101. Assalamualaikum wr.wb

    Maaf ini nama universitas nya apa ya?

  102. salam kenal,,,sya mw s2 di india jurusan tafsir al quran atau hadits di mana yg bagus? krn ini mw biaya mandiri berangkat, sampai di sana ada gak beasiswanya,kemudian tahun berapa ijazah s1 kita?? tks

  103. assalamualaikum , selamat malam mas, saya sangat berminat berkuliah melanjutkan S2 di india , terutama di bidang teknik sipil bagian hydraulic engineeringnya… itu persyaratan IPK brp , toefl/ilts/toeic nya brp ya mas klo boleh tau? dan kampus di India mana saja ya mas yang memiliki reputasi dalam bidang teknik sipilnya? dan apakah benar bahasa pengantarnya kebanyakan berbahasa india dan tulisan sansekerta india mas? makasih

  104. salam
    mohon maaf, saya mau meminta info.
    apakah di india banyak yang dari borneo? (yg satu pulau hehe)
    dan saya sangat intrest dengan peradaban, kira” kalau mau ambil jurusan peradaban utk majesty universitas apa yang menurut senior pantas?
    apakah ada kumpul PPI India di indonesia tiap tahunnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s