Rekomendasi Konferensi International Pelajar Indonesia 2007

HASIL DAN REKOMENDASI

KONFERENSI INTERNASIONAL PELAJAR INDONESIA (KIPI) 2007

Sydney, 8-9 September 2007 

Setelah melakukan konferensi selama dua hari, kami peserta Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) 2007  bersepakat untuk membuat jejaring PPI se-dunia melalui pembentukan media interaksi dan komunikasi, di antaranya dengan pembuatan situs (website) dan senarai surat elektronik (mailing list) dalam rangka membentuk Jejaring Organisasi Pelajar Indonesia di Luar Negeri (Overseas Indonesian Students Associations Alliance) yang terbuka untuk seluruh organisasi pelajar Indonesia di luar negeri. 

 

Setelah mencermati kondisi bangsa Indonesia dalam membangun kemampuan dan daya saing, maka kami merekomendasikan kepada pemerintah Republik Indonesia hal-hal sebagai berikut:

1.      Memetakan dan mendayagunakan aset intelektual, profesional, dan komunitas Indonesia di luar negeri melalui pembentukan Global Networking Indonesia sebagaimana yang telah dilakukan oleh negara-negara berkembang lainnya seperti Cina dan India.

2.      Mengoptimalkan potensi tenaga professional, terdidik, dan terlatih Indonesia serta mempromosikannya pada pasar kerja luar negeri dengan cara bekerja sama dengan negara lain.

3.      Membebaskan fiskal bagi seluruh pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

4.      Menyediakan skema pinjaman lunak dan beasiswa untuk menunjang partisipasi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri.

5.      Menjamin dan memfasilitasi penyediaan buku pendidikan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

6.      Memperbesar alokasi dana riset dan pengembangan di perguruan tinggi dan instansi   pemerintah secara kompetitif.

7.      Merealisasikan anggaran pendidikan 20% dari APBN melalui pengelolaan yang efektif dan metode perhitungan yang transparan.

8.      Mengintensifkan upaya diplomasi dan membuat kebijakan strategis untuk meningkatkan beasiswa dari negara-negara sahabat dan perusahaan-perusahaan swasta.

9.      Mempermudah proses akreditasi ijazah perguruan tinggi luar negeri yang diakui dengan mendelegasikan prosesnya kepada atase pendidikan atau pejabat yang berwenang di Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.  

Sydney, 9 September 2007

Atas nama peserta Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) 2007 

Ketua Panitia KIPI 2007

Casey Entoma

PPI – India                                           PPI Australia                                        PPI Italia

PPI Malaysia                                        PPMI Mesir                                         PPI Belanda 

Peserta Mahasiswa Jepang 

Keterangan Foto: Delegasi PPI Mancanegara berfoto bersama (ki-ka), M. Iqbal (Malaysia), Angela (Belanda), Berly M. (Italy), Talqis (Mesir), Dian (India), Faiz (India), dan Deddy (LIPI).

Advertisements

One Response

  1. Membebaskan fiskal bagi seluruh pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

    Merealisasikan anggaran pendidikan 20% dari APBN melalui pengelolaan yang efektif dan metode perhitungan yang transparan.

    sedang berandai2 di dua point ini.. andai saja negaraku menyetujuinya. apalagi anggaran 20% untuk pendidikan, sepertinya negara dapat bangkit dari kemiskinan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s